Ecommerce Terbaik di Indonesia Tahun 2020

ecommerce terbaik - awanapps.com
Isi Tabel

Hai Fellas! Seperti yang kita tahu kalian pasti sudah familiar dengan kata ini bukan? Ecommerce merupakan tempat suatu kegiatan jual beli sebuah barang maupun jasa melalui jaringan elektronik seperti internet. Tahukah kalian bahwa bisnis di bidang ecommerce ini membuka lebih banyak peluang untuk menarik minat pembeli? Kira-kira ecommerce apa ya yang terbaik saat ini?


Dimasa ini ecommerce tentunya telah menjadi kebutuhan di Indonesia. Menurut Kementrian Kominfo tahun 2019, pertumbuhan ecommerce di Indonesia mencapai 78%, dan termasuk dari 10 negara dengan pertumbuhan ecommerce terbesar. Maka tahun 2020 jumlah pengguna ecommerce di Indonesia akan meningkat sangat pesat, terlebih lagi di masa pandemi. 

Peningkatan ini pun menjadikan ecommerce sebagai alternatif terbaik bagi masyarakat untuk mencari dan membeli kebutuhan mereka. Pada tahun ini pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 80%. Hal ini dapat menjelaskan penggunaan ecommerce di Indonesia meningkat pesat. Berdasarkan riset RedSeer, pengguna ecommerce saat pandemi melonjak hingga 12 juta pengguna. Dan pembelian melalui ecommerce meningkat lebih dari 18%. 

Pengguna Ecommerce

Saat ini jangkauan ecommerce pun semakin luas dan tidak hanya di Pulau Jawa saja. Pada tahun 2017 konsumen dari Pulau Jawa menduduki peringkat terbanyak dengan 70% pengguna. Dan pada tahun 2022 diperkirakan ecommerce sudah menjangkau rata ke seluruh luar Pulau Jawa dan wilayah lain di Indonesia, hal ini dikarenakan banyak ecommerce mulai memperkenalkan perusahaan mereka dan menjangkau wilayah-wilayah tersebut. 

Baca juga: Alasan Bisnis ECommerce di Indonesia Semakin Meningkat

Dengan meningkatnya pengguna ecommerce di Indonesia maka pembayaran secara digital pun juga semakin populer. Jika kita lihat saat pandemi, pembayaran digital semakin banyak menjadi pilihan pengguna sebagai metode pembayaran saat berbelanja online. Dan metode pembayaran menggunakan kartu ataupun tunai sudah semakin berkurang.

Hal ini dikarenakan semakin banyak platform online yang menyediakan layanan pembayaran secara digital. Sehingga dapat memudahkan pihak pengguna dalam melakukan pembayaran. Meningkatnya pengguna ecommerce di Indonesia diperkirakan akan sampai pada tahun 2025 bahkan lebih. Bisnis digital pun harus dapat mengembangkan inovasi dan strategi untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara digital.

Lalu perusahaan ecommerce mana yang menduduki peringkat terbaik dengan pengguna terbanyak? Untuk itu mari kita lihat beberapa daftar ecommerce terbaik di tahun 2020 :

Ecommerce Terbaik, Shopee

Shopee menjadi peringkat pertama yang menduduki ecommerce terbaik di tahun ini. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2015 di Singapura, sejak saat itu shopee semakin melebarkan jangkauannya ke negara Asia termasuk Indonesia. Dilansir dari iPrice tercatat pengguna Shopee rata-rata mencapai 93 juta lebih pengguna per bulan di Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa Shopee menjadi platform online yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Shopee Tempati Posisi Pertama E-commerce yang Sering Dikunjungi

Tokopedia

Pemegang peringkat kedua yang menduduki ecommerce terbaik di tahun ini adalah Tokopedia. Seperti yang kita tahu Tokopedia merupakan ecommerce hasil karya anak bangsa, William Tanuwijaya. Pada tahun 2019 Tokopedia menjadi peringkat pertama, tetapi peringkat pertama pada tahun 2020 sudah direbut oleh Shopee. Rata-rata pengguna platform online ini mencapai 86 juta lebih tiap bulannya. 

Ecommerce Terbaik, Bukalapak

Pada peringkat ketiga diduduki oleh perusahaan ecommerce terbaik yang juga berasal dari Indonesia yaitu Bukalapak. Bukalapak memiliki rata-rata pengguna lebih dari 35 juta tiap bulannya. Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada tahun 2011 dengan tujuan dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Lazada

Perusahaan ecommerce terbaik selanjutnya adalah Lazada, dengan rata-rata pengguna lebih dari 22 juta pengguna tiap bulannya. Lazada merupakan perusahaan ecommerce Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 2012 oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant. Saat ini Lazada dimiliki oleh Alibaba Group.

Ecommerce Terbaik, Blibli

Ecommerce ini menempati peringkat selanjutnya dengan rata-rata pengguna lebih dari 18 juta tiap bulannya. Blibli didirikan 10 tahun lalu pada tahun 2010, dan merupakan anak perusahaan Djarum Group pada bidang digital. Kantor pusat Blibli bermarkas di Jakarta Barat dengan biaya infrastruktur hampir mencapai Rp 100 miliar.

Baca juga: 5 Metode Pembayaran yang Biasa Ditemui Marketplace

JD.ID

Perusahaan ecommerce terbaik selanjutnya yaitu JD ID, dengan rata-rata pengguna lebih dari 9 juta per bulannya. Perusahaan ini merupakan ecommerce dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia pada Oktober 2015. JD ID dikenal juga dengan Jingdong dan bernama 360buy sebelumnya, berpusat di Beijing. Pada tahun 2013 JD ID secara resmi mengumumkan logo dan juga maskot baru mereka.


Berikut merupakan daftar ecommerce terbaik di Indonesia 2020. Peringkat pertama perusahaan ecommerce terbaik dipegang oleh Shopee dan yang terakhir dipegang oleh Zalora. Kira-kira ecommerce favoritmu berada diperingkat berapa ya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments