Twitter Circle, Fitur yang Mirip “Close Friend” Instagram

Ilustrasi Twitter Circle. (Sumber: https://news.allauction.live/)
Isi Tabel

Twitter dikabarkan akan melakukan uji coba fitur terbarunya, yaitu Circle kepada sejumlah pengguna. Lewat fitur baru ini, pengguna dapat mengirimkan tweet ke sekelompok orang tertentu. Hal ini membuat fitur Circle mirip seperti fitur Close Friend milik Instagram.

Sebenarnya, tidak terlalu jelas seberapa luas pengujian yang dilakukan Twitter. Akan tetapi, beberapa pengguna melaporkan telah menemukan keberadaan fitur tersebut di akun mereka.

Baca juga: Tak Perlu ke Samsat, Cek Plat Nomor Kendaraan Bisa Online!

Uji Coba Fitur Circle

Joseph Nunez, Juru Bicara Twitter mengatakan, bahwa pengujian akan dilakukan secara global kepada sekelompok pengguna. Mulai dari mereka yang menggunakan Twitter dengan perangkat berbasis iOS, Android, ataupun melalui Website.

Kemungkinan uji coba ini akan dilakukan secara bertahap, sebelum fitur Circle tersebut dapat digunakan secara luas oleh semua pengguna. Selama masa uji coba ini diharapkan ada feedback sebagai masukan untuk pengembangan fitur tersebut.

“Fitur Circle ini memang belum diluncurkan secara luas ke semua pengguna. Hal ini karena kami masih terus mengumpulkan umpan balik,” ujar Nunez.

Cara Posting Tweet dengan Circle

Bagi pengguna yang telah mengupdate aplikasi Twitter, ada atau tidaknya fitur Circle tersebut dapat mereka ketahui dengan membuka halaman posting tweet. Di halaman tersebut, klik kolom pilihan kemana tweet tersebut akan ditujukan. 

Sayangnya, tidak semua pengguna dapat menemukan fitur tersebut. Bila terpilih dalam tahap uji coba ini, pengguna akan menemukan opsi Twitter Circle muncul bersama opsi Everyone yang telah ada sejak awal.  

Sebelum menggunakan fitur tersebut, pengguna terlebih dahulu harus menentukan daftar orang yang akan dimasukan sebagai Circle mereka. Klik “edit” dan daftar nama pengguna lain yang ingin dimasukan dalam Circle. 

Untuk batasannya, Circle hanya dapat berisikan maksimal 150 orang. Menariknya, pengguna bisa memilih orang untuk dimasukan ke Circle mereka, baik followers ataupun bukan.

Bila telah membuat daftar orang yang masuk Circle, pengguna cukup memilih opsi Twitter Circle ketika membuat tweet. Seperti fitur Close Friend milik Instagram, di Circle juga akan muncul tanda bahwa tweet tersebut sifatnya terbatas (hanya dapat dilihat orang terpilih).


Dengan kehadiran fitur Circle ini, pengguna Twitter dapat memiliki akun private tanpa perlu membatasi orang-orang yang ingin follow atau sekadar melihat halaman profil saja. Selain itu, Twitter juga memastikan bahwa orang-orang di dalam Circle ini tak dapat melakukan retweet apapun pada postingan pengguna.

Jadi, apakah termasuk ke dalam beberapa pengguna yang terpilih untuk merasakan uji coba fitur Circle ini? Yuk, berikan komentarmu di bawah ini!

Baca juga: AIoT, Kombinasi Teknologi AI dan IoT

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments