Tips Raih Financial Freedom untuk Gen Z dan Milenial

Ilustrasi tips raih financial freedom. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Tahukah kamu apa itu financial freedom? Istilah financial freedom atau kebebasan finansial merupakan situasi di mana seseorang sudah terbebas dari beban finansial dalam hidupnya. Siapa pun ingin berada di posisi ini.

Bebas dari segala tanggungan dan tinggal duduk santai menikmati hidup adalah kehidupan yang jadi idaman semua orang. Namun, pepatah “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” memang ada benarnya.

Tak mungkin seseorang sukses tanpa membutuhkan pengorbanan. Itulah ungkapan yang tepat untuk merepresentasikan kebebasan finansial. 

Bagi kamu para Gen Z dan Milenial, pastinya kalian tergiur untuk raih kebebasan finansial, bukan? Jika jawabannya adalah iya, ayo ikuti tips raih financial freedom berikut ini!

Baca juga: Tips Investasi Pemula, Hanya Butuh Modal Kecil!

Pahami Kondisi Finansialmu Mulai dari Sekarang

Langkah pertama untuk memulai langkahmu menuju financial freedom adalah dengan memahami kondisi finansialmu mulai hari ini. Catatlah pengeluaranmu tiap bulannya dan bandingkan dengan penghasilan bulanan yang kamu dapat.

Kamu harus mulai bisa atur penghasilan bulananmu agar tidak berat sebelah dengan pengeluaranmu. Jika rasanya pengeluaranmu lebih besar daripada penghasilanmu, kamu bisa menghapus beberapa hal untuk potong budget bulanan.

Jika hal itu benar-benar tidak bisa dilakukan, kamu bisa merencanakan untuk menambah penghasilanmu dengan mencari pekerjaan sampingan. Dengan begitu, kamu bisa berusaha untuk menstabilkan kondisi keunganmu agar bisa fokus untuk tujuan finansial di masa depan.

Tips Raih Financial Freedom: Persiapkan Dana Darurat

Selanjutnya, kamu bisa mempersiapkan dana untuk dipakai saat hal darurat terjadi. Perlu diingat, dana tabungan dan dana darurat adalah hal yang berbeda. Walaupun keduanya sama-sama merupakan uang yang disisihkan tiap bulannya, namun tujuan keduanya berbeda.

Dana darurat dipakai untuk pengeluaran saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya saja, saat terkena gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan musibah lainnya. Sementara itu, dana tabungan merupakan dana yang sengaja dikumpulkan untuk tujuan tertentu, seperti tabungan beli rumah, pernikahan, renovasi rumah, dan lainnya.

Banyak orang mengungkapkan bahwa adanya rumus untuk menghitung besarnya dana darurat yang harus disisihkan tiap bulannya, yaitu dengan menerapkan besaran 6 kali dari pengeluaran kamu tiap bulannya. Namun, yang terpenting adalah kamu harus menyisihkannya di rekening tabungan yang berbeda agar tidak tercampur dengan dana lainnya.

Tips Raih Financial Freedom: Mulai Berinvestasi

Investasi adalah cara yang tepat jika kamu ingin mencapai financial freedom. Dengan berinvestasi, kamu bisa mulai untuk atur asetmu demi keuanganmu di masa depan. Namun, sebagai investor pemula kamu bisa mulai dengan mengetahui profil risiko terlebih dahulu.

Biasanya, para pemula mulai berinvestasi dengan risiko yang rendah. Produk investasi risiko rendah diantaranya adalah reksadana dan juga emas. Cobalah untuk berinvestasi sejak dini agar kamu bisa merasakan manfaatnya di beberapa tahun ke depan.

Segera Lunasi Hutang

Boleh saja untuk berhutang, namun jangan lupa untuk melunasinya dengan sesuai dengan tenor waktu pembayaran yang telah ditentukan. Apalagi, kamu mengajukan pinjaman ke pinjaman online (pinjol) dengan bunga dan denda yang tinggi. Bisa-bisa kamu akan gali lobang dan tutup lobang kemudian!

Untuk menghindarinya, segeralah lunasi hutang saat jatuh tempo. Setelah itu, berusahalah untuk tidak mengajukan hutang apapun jika kamu ingin segera mencapai financial freedom di usia muda!

Hidup Sederhana

Tips terakhir yang paling esensial untuk raih financial freedom adalah dengan menerapkan hidup sederhana. Bebas dari masalah keuangan bukan berarti hidupmu penuh dengan kemewahan dan hedonisme. Jauhkan pikiran tersebut dari kepalamu karena itu merupakan pemahaman yang salah besar!

Mulailah terapkan hidup sederhana dengan hanya membeli barang yang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Jangan lupa pula untuk rajin menabung agar tak lagi khawartir tentang masalah keuangan di masa yang akan datang.


Itulah tips untuk raih financial freedom untuk Gen Z dan Milenial! Tips di atas bisa kamu terapkan jika kamu tak lagi resah dengan masalah keuangan di masa depan. Tertarik? Yuk, mulai atur keuanganmu dari sekarang!

Baca juga: Tips Hindari Impulsive Buying Biar Dompet Tidak Boncos

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments