Tips Menghadapi Perasaan Loneliness

Ilustrasi seseorang yang mengalami loneliness. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Apakah kalian pernah merasakan sepi diantara keramaian? Padahal, kalian posisinya sedang berkumpul bersama teman-teman. Hingga muncul perasaan bahwa kalian hanya ‘sendiri’. Bila situasi ini terjadi dalam jangka waktu panjang, kemungkinan kalian sedang mengalami kesepian atau loneliness.

Seperti dikutip dari laman Psychology Today, kesepian ini merujuk pada seseorang yang merasa bahwa tidak seorang pun memahami dengan baik, sehingga tak ada tempat untuk jadi pelarian saat dibutuhkan atau stress. Hal ini membuat mereka merasa terisolasi dari lingkungan sekitar.

Situasi kesepian ini, dikutip dari Verywell Mind, memang kerap ditandai dengan perasaan terisolasi. Hal tersebut sering dianggap sebagai pemisahan yang tidak sengaja, penolakan, atau pengabaian oleh orang lain.

Baca juga: Savior Complex, Sifat Suka Menolong yang Berlebihan

Bentuk-bentuk Kesepian

Sementara itu, ada beberapa jenis kesepian yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang. Pertama, jenis emotional loneliness. Bentuk kesepian ini muncul ketika seseorang tidak memiliki ikatan hubungan yang intim.

Misalnya, orang dewasa yang lajang, bercerai, dan ditinggal mati oleh pasangannya sering mengalami kesepian ini. Mereka pun akan merasakan bagaimana hidupnya sepi, tanpa tempat bersandar untuk bercerita tentang apapun.

Selanjutnya, ada tipe social loneliness. Kesepian ini muncul ketika seseorang tidak memiliki keterlibatan yang terintegrasi dalam dirinya. Artinya, mereka tidak ikut berpartisipasi dalam kelompok atau komunitas yang melibatkan adanya kebersamaan.

Hingga bentuk kesepian seperti ini dapat membuat seseorang merasa diasingkan, bosan, dan cemas. Apabila rasa kesepian secara mendalam dan berkepanjangan ini terus terjadi, tentu tidak berdampak baik bagi kesehatan.

Cara Keluar dari Jerat Kesepian

Bagi seseorang yang mengalami kesepian ini, sebaiknya segera bangkit dari situasi tersebut. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini!

Terlibat Aktif dan Berbaur dengan Masyarakat

Ketika ditinggal pergi selamanya oleh orang yang dekat, tentu memberikan rasa kesedihan dan kesepian mendalam. Meski begitu, bukan berarti kalian harus terus terpuruk. Mulai lah untuk kembali bangkit.

Salah satunya dengan cara terlibat aktif dan berbaur dengan orang-orang di sekitar. Hal tersebut tentu akan membuat kalian tidak merasa kesepian lagi. Sebab, kalian bisa mengalihkan rasa sedih dan sepi itu melalui interaksi dengan orang lain.

Mengadopsi Binatang

Saat perasaan sepi yang dialami sudah parah, tentu bisa mengakibatkan stress. Untuk menghindari situasi seperti itu, dapat mulai mencoba untuk mengadopsi binatang di tempat tinggal kalian.Melalui cara ini, seseorang pun memiliki binatang yang dapat diajak bicara.

Bahkan, binatang ini juga bisa jadi penghibur bagi pemiliknya saat sedang merasa sedih. Sebab itu, keberadaan hewan peliharaan ini dapat mengalihkan rasa kesepian kalian.

Menekuni Hobi

Mengisi waktu kosong dengan menekuni hobi

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa kesepian ini adalah menekuni hobi. Umumnya, rasa sepi ini bisa diusir saat ada sebuah aktivitas yang menyita pikiran. Dengan menekuni hobi yang disukai, tentu fokus dan pikirannya hanya untuk hal tersebut saja.

Selain bisa menghilangkan rasa sepi, cara ini juga bisa membantu kalian untuk meningkatkan skill yang dimiliki. Apalagi dengan cara ini kalian juga bisa memiliki teman atau lingkungan baru. Jadi, rasa sepi berkurang dan skill bertambah.


Sebenarnya, tidak ada yang salah dan normal saja saat seseorang merasa kesepian. Sebab, ada kalanya seseorang merasa kondisi tersebut pada suatu titik kehidupan.

Bila kondisi tersebut terus terjadi dalam waktu yang lama, maka sebaiknya segera atasi dengan langkah di atas. Jika kesepian ini berujung stress yang cukup parah, disarankan langsung berkonsultasi pada ahlinya.

Baca juga: Munchausen Syndrome, Pura-Pura Sakit Demi Curi Perhatian

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments