Tips Berjualan Supaya Untung Di Ecommerce

Tips Berjualan Supaya Untung Di Ecommerce - awanapps.com
Isi Tabel

Sekarang banyak orang berlomba-lomba menjual produk mereka melalui e-commerce. Cara ini menjadi primadona karena mereka tidak perlu menyewa kios atau mengatur feed untuk berjualan. Selain itu, pemasaran pun lebih mudah dilakukan karena beberapa e-commerce sedang melesat di tanah air. Namun ada beberapa tips berjualan yang perlu kamu ketahui supaya mendapatkan untung maksimal di ecommerce.

Menurut laporan McKinsey di tahun 2020, masyarakat mulai memiliki kebiasaan baru lewat aktivitas digital dan minim bertemu dengan orang seperti menonton film secara online, belanja bahan baku lewat e-commerce serta membeli makanan dari restoran melalui pemesanan dan pengiriman secara online.

Bahkan Gubernur Bank Indonesia (BI) yaitu Perry Warjiyo mengatakan selama pandemi Covid-19, tren digitalisasi ekonomi dan keuangan berkembang pesat. Hal ini karena berkembangnya platform ecommerce yang meningkat.

Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi XI DPR-RI, Selasa kemarin (9/2), dia mengatakan bahwa BI  mencatat transaksi yang terjadi di e-commerce sepanjang 2020, yaitu mencapai Rp 253 triliun. Besaran transaksi itu akan meningkat di 2021, menjadi Rp 330,7 triliun atau naik 33,2 persen. Selain itu, transaksi penggunaan uang elektronik juga diprediksi naik hingga 32,3 persen menjadi Rp 266 triliun.

Baca juga: Ingin Berbisnis? Kenali Dulu Perbedaan Dropship dan Reseller

Bahkan transaksi digital banking diperkirakan tumbuh sebesar 19,1 persen. Dalam hal ini transaksi yang dimaksud yaitu penggunaan mobile banking, online banking dan jasa perbankan lain.

Kalau dilihat dari fakta dan prediksi diatas, menawarkan barang dagangan Anda di e-commerce berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan. Terlebih jika Anda memahami trik cara berjualan di marketplace. Apa sajakah itu? Berikut tips berjualan yang mendatangkan untung di ecommerce untuk Anda.

Menjual Produk yang Berkualitas

Meski pelanggan menyukai barang dengan harga murah tetapi barang yang berkualitas tetap jadi nomor satu. Jika hendak terjun ke dunia bisnis online, tentukanlah produk apa yang hendak ditawarkan. Pastikan kualitasnya bagus, supaya toko online Anda di e-commerce bisa dipercaya orang-orang.

Bahkan jika harganya sedikit mahal, masih banyak peminatnya. Oleh karena itu, pertimbangkan selalu untuk melakukan cara jualan di marketplace satu ini demi kepuasan pelanggan.

Pilih Nama Toko Online yang Mudah Diingat

Membuat nama toko online seringkali cukup menyita waktu dan pikiran. Penjual tidak bisa begitu saja menggunakan nama untuk online shop secara sembarangan. Beberapa pertimbangan perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah memilih nama toko online yang mudah diingat, dengan cara melakukan riset nama. Kalau bisa nama sesuai dengan barang yang dijual.

Tips Berjualan di Ecommerce: Buat Logo untuk Profil Toko Online

Membuat logo toko online juga penting meskipun toko Anda baru seumur jagung. Hal ini untuk menunjukkan identitas, sekaligus agar masyarakat lebih mengenal toko online Anda di e-commerce.

Kini sudah tersedia situs dan aplikasi pembuat logo gratis di internet. Diantaranya adalah Zyro’s, Canva, dan lain sebagainya. Buatlah logo yang menarik dan simple, usahakan pula agar mudah diingat orang lain.

Perhatikan Proses Pengiriman Barang

Memilih jasa pengiriman barang yang tepat juga tak kalah penting. Hal ini karena kepuasan pembeli terhadap jasa ekspedisi juga berpengaruh ke kredibilitas toko online. Banyak jasa ekspedisi yang bisa Anda pilih sebagai partner. Mulai dari Ninja Xpress, JNT Express, JNE, SiCepat, Tiki, Wahana Logistic, dan lain sebagaoinya.

Baca juga: Shopee Tempati Posisi Pertama E-commerce yang Sering Dikunjungi

Penjual juga dapat terkena sanksi apabila terlalu lama dalam melakukan proses pengiriman hingga sampai kepada kurir ekspedisi terkait. Selain itu, ketidakmampuan penjual dalam menyelesaikan pesanan dalam waktu kurang dari 1×24 jam akan berimbas pada poin limit pesanan atau batas pesanan per hari. Oleh sebab itulah, proses pengiriman ini perlu diperhatikan.

Buat Deskripsi Produk yang Jelas

Dalam membuat deskripsi produk dari barang yang dijual di e-commerca  haruslah jelas. Tips berjualan dengan cara ini untuk mempermudah pembeli mengetahui detail produk di ecommerce. Menuliskan deskripsi produk juga bisa disertai kata-kata promosi yang efektif agar pelanggan semakin tertarik.

Tips Berjualan, Manfaatkan Fitur Ecommerce

Dengan memanfaatkan fitur ongkos kirim, sudah terbukti cukup efektif untuk mendatangkan banyak pembeli. Alasannya karena dengan adanya gratis ongkir, konsumen tidak akan merasa terbebani saat berbelanja di toko online anda di e-commerce, dengan syarat minimal pembelian tertentu.

Tak hanya fitur gratis ongkir, e-commerce juga menyediakan program yaitu flash sale. Cara untuk bisa mengikuti program flash sale ini adalah dengan menjual produk-produk yang termasuk hot list dan tampilkan foto berkualitas untuk menjual produk di program flash sale. Alhasil harga produk lebih murah daripada pesaing atau kompetitor dan performa toko online menjadi di atas rata-rata.

Selain konsumen yang diuntungkan, tentu Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari fitur dan program. Hal ini karena omset penjualan yang semakin meningkat dan toko anda menjadi kredibel.


Nah, tadi ialah tips supaya dapat meraih untung ketika berjualan lewat ecommerce. Semoga tips tadi bisa membantu kegiatan usaha Anda, yang baru atau dirintis sejak lama.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments