Tak Sulit, Ini Cara Beli Tiket Kereta Whoosh!

cara beli tiket kereta whoosh
Isi Tabel

Membeli tiket kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai metode. PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC memperpanjang promo harga tiketnya hingga bulan Desember 2023.

Whoosh melayani rute utama: Halim – Padalarang – Tegalluar (PP). Meskipun rutenya cukup populer, tapi masih ada bingung, bagaimana cara membeli tiket kereta cepat, lho! Yuk, simak pembahasan AwanApps berikut!

Baca juga: Bayar Tiket MRT Tak Bisa Pakai 4 E-Wallet Ini, Gopay Juga?

Cara Beli Tiket Kereta Whoosh yang Bisa Diikuti

Ilustrasi Cara Beli Tiket Kereta Whoosh. (Sumber: Bloomberg.com)

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @keretacepat.id, kamu bisa naik Kereta Api Whoosh dengan tarif sebesar Rp300.000 untuk satu kali perjalanan Jakarta-Bandung atau sebaliknya. Adapun cara untuk mendapatkan tiket kereta cepat, antara lain:

Melalui Website

Untuk calon penumpang yang ingin memesan kereta cepat Jakarta – Bandung, maka bisa berkunjung ke laman resmi KCIC. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa mendapatkan tiket, yaitu:

  • Langkah pertama, kamu perlu melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu dengan mengakses laman https://ticket.kcic.co.id/.
  • Kemudian klik menu ‘Daftar’ yang ada di bagian pojok kanan atas kemudian pilih ‘Daftar Akun’ pada laman.
  • Lengkapi data pada kolom formulir yang tersedia dengan mengisi informasi dasar, berupa nama pengguna dan kata sandi, isi alamat email aktif, lalu klik ‘Kirim’.
  • Lalu, masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email. Isilah nomor WhatsApp kemudian klik ‘Kirim’.
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan lewat WhatsApp. Lengkapi juga informasi rinci, berupa nama asli, nomor identitas, dan tanggal lahir.
  • Jangan lupa untuk centang pada kotak persetujuan syarat dan ketentuan. Kemudian, pastikan semua data sudah terisi dengan lengkap dan benar lalu klik ‘Kirim’.

Apabila seluruh informasi identitas yang didaftarkan sudah terverifikasi, kamu bisa memesan tiket kereta cepat lewat web KCIC. Usahakan juga agar membaca peraturan yang berlaku agar bisa memperoleh tiket dengan mudah.

Lewat Aplikasi Whoosh

Ada pula pemesanan tiket kereta cepat via aplikasi Whoosh. Kalau kamu memilih menggunakan aplikasi satu ini, ada beberapa langkah yang perlu diikuti, antara lain sebagai berikut.

  • Pertama-tama, unduh aplikasi Whoosh di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Whoosh dan lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu dengan informasi pribadi yang diperlukan.
  • Jika sudah berhasil membuat akun, kamu bisa segera login dan pilih rute serta jadwal keberangkatan.
  • Pilihlah posisi tempat duduk atau kursi kereta yang ingin ditempati kemudian cari metode pembayaran.

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, kamu akan mendapatkan QR Code. Kode tersebut bisa langsung digunakan untuk boarding tanpa perlu menukarkan tiket fisik terlebih dahulu di stasiun.

Cara Beli Tiket Kereta Whoosh Pakai Aplikasi Access by KAI

Selain lewat aplikasi Whoosh, kamu juga bisa membeli tiket kereta cepat lewat aplikasi Access by KAI. Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk dapat tiket Jakarta – Bandung atau sebaliknya, yaitu:

  • Pertama, buka aplikasi Access by KAI dan pastikan sudah terpasang dan ter-update di smartphone.
  • Pada halaman utama, pilihlah menu ‘KCIC’ dan masukkan stasiun asal serta tujuan.
  • Pilihlah tanggal keberangkatan yang diinginkan kemudian tap ‘Cari Tiket’. Selanjutnya, pilih kereta dan tap ‘Tambah Penumpang’.
  • Lalu, isi data penumpang, mulai dari jenis kelamin, tanggal lahir, tipe penumpang, nomor identitas, nama, email, dan nomor HP, kemudian tap ‘Simpan’.
  • Pilih opsi ‘Tempat Duduk’ dan klik ‘Bayar’ jika data sudah sesuai.
  • Apabila sudah, pilih metode pembayaran, seperti virtual account bank, kartu kredit, minimart, atau QRIS.
  • Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai metode yang sudah dipilih.

Nantinya, kamu akan mendapatkan QR Code yang langsung dapat digunakan untuk boarding tanpa perlu menukar tiket fisik yang ada di stasiun. Cara ini tentunya jauh lebih praktis dan bisa menghemat waktu.

Melalui Livin’ by Mandiri

Dalam penjualan tiket kereta cepat, Mandiri bekerja sama dengan KCIC melalui Livin’ by Mandiri di fitur Sukha. Langkah-langkah yang bisa diikuti untuk membeli tiket kereta cepat melalui Livin’ by Mandiri, antara lain:

  • Pertama-tama, login ke aplikasi Livin’ by Mandiri terlebih dahulu.
  • Jika sudah, pilih menu ‘Sukha’ dan klik opsi kategori ‘Transportasi’.
  • Pada kategori tersebut, kamu bisa pilih menu ‘Whoosh’.
  • Kemudian, pilih ‘Rute dan Keberangkatan’ sesuai dengan rencana perjalanan para penumpang.

Terakhir, kamu hanya perlu memilih jenis tiket dan harganya sesuai keinginan. Selama periode promosi, penumpang bisa menikmati penawaran khusus, berupa tiket one way dengan tarif spesial.


Itulah cara beli tiket kereta cepat Jakarta – Bandung yang cukup mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai metode. Jika ingin tahu lebih dalam mengenai informasi KCIC, terus tunggu artikel terbaru dari AwanApps ya!

Baca juga: 5 Manfaat Pakai Mobile Banking, Masih Belum Punya?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments