5 Manfaat Pakai Mobile Banking, Masih Belum Punya?

manfaat mobil banking
Isi Tabel

Di era digital seperti sekarang, tentu tak asing dengan mobile banking. Kamu hanya perlu jaringan internet untuk mengakses berbagai fitur, termasuk cek saldo, transfer, hingga tarik tunai.

Jangan khawatir, layanan mobile banking tergolong aman karena dijamin oleh pihak bank. Lalu, apa saja manfaat dari pemakaian mobile banking? Agar lebih paham, berikut informasi yang sudah AwanApps rangkum!

Baca juga: Suka Bertransaksi lewat E-Banking? Ikutilah Tips Aman Ini!

Manfaat Pakai Mobile Banking yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Manfaat Mobile Banking. (Sumber: Unsplash)

Mobile banking merupakan layanan berbentuk aplikasi yang dibuat oleh pihak bank untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari menggunakan mobile banking, antara lain:

Lebih Mudah

Sebelumnya, seseorang yang ingin melakukan transaksi perbankan harus datang ke bank langsung dengan mempersiapkan beberapa dokumen. Dokumen yang diperlukan, misalnya buku tabungan dan kartu identitas seperti KTP, sebelum kamu bisa bertransaksi.

Tak hanya itu, kamu pun harus mengisi formulir transfer yang disediakan oleh pihak bank. Kegiatan perbankan, berupa transfer kemudian baru bisa terjadi setelah mendatangi layanan kasir atau teller bank.

Berkat kehadiran mobile banking, kamu sudah bisa melakukan berbagai transaksi hanya melalui smartphone. Bahkan, layanan transfer uang lewat mobile banking juga bisa digunakan untuk transfer antar bank.

Bebas Biaya

Umumnya, layanan mobile banking tidak dikenakan biaya saat proses mengunduh, mendaftar, hingga menggunakan aplikasi. Semua kegiatan dapat dilakukan dengan aman dan tanpa biaya langganan.

Untuk itu, kamu tidak perlu takut dan khawatir mengenai biaya saat mengakses mobile banking di smartphone. Biasanya, biaya baru dikenakan ketika melakukan transaksi tertentu, terutama jika berkaitan dengan pihak ketiga.

Praktis dan Cepat

Penggunaan mobile banking akan membuat urusan perbankan menjadi jauh lebih praktis dan cepat–lebih hemat tenaga, energi dan waktu. Teknologi digital satu ini bisa melakukan berbagai transaksi perbankan, seperti cek saldo, transfer, pembukaan rekening, hingga pembelian produk investasi.

Selain transfer uang ke rekening yang sama atau bank lain, kamu juga bisa memantau transaksi keuangan pribadi secara real time. Sebab, layanan mobile banking biasa disertai fitur mutasi guna melihat dana yang keluar dan masuk ke rekening.

Manfaat Mobil Banking yaitu Keamanan Terjamin

Faktor utama yang membuat mobile banking semakin populer dan banyak dipilih masyarakat adalah karena keamanannya. Para pengguna tak perlu khawatir sebab pihak perbankan sudah melengkapi layanan m-banking dengan perangkat keamanan berlapis.

Berbekal password dan PIN, kamu sudah bisa mengakses mobile banking dan melakukan berbagai transaksi. Walau aman, sebisa mungkin hindari penggunaan internet gratis atau free wifi di layanan publik untuk mengamankan akun.

Fitur yang Semakin Lengkap

Sebagian besar transaksi keuangan bisa dilakukan melalui mobile banking yang sudah diunduh di perangkat smartphone. Berbagai fitur yang biasanya tersedia, di antaranya adalah transfer uang, pembayaran tagihan maupun belanja di e-commerce, top up hingga pembayaran langsung menggunakan QRIS.


Itulah beberapa manfaat mobile banking yang wajib untuk diketahui. Meski hanya melalui perangkat smartphone, kamu sudah bisa melakukan berbagai hal sehingga jauh lebih praktis dan cepat.

Baca juga: Cara Top Up e-Money Mandiri via ATM Hingga m-Banking

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments