Tak Bisa Upgrade iOS 16, Iphone Rentan Diretas!

Ilustrasi iPhone yang bisa upgrade iOS 16. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Beberapa waktu yang lalu Apple secara resmi memperkenalkan iOS 16 di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022. Dengan hadirnya iOS 16 ini, tentunya ada beberapa pembaharuan yang semakin memudahkan para penggunanya.

Akan tetapi, sistem operasi terbaru ini tidak dapat dimiliki oleh pengguna yang memiliki iPhone 8 ke bawah. Hal ini karena iPhone seri tersebut tidak mendapat jatah update dari Apple.

Baca juga: Apple Siap Rilis iOS 16, Simak Pembaruan Fiturnya!

Seri iPhone yang Tidak Bisa Update

Untuk sistem iOS 16 ini, hanya bisa digunakan oleh iPhone 8 atau di atasnya. Hal ini juga berarti menghentikan produksi untuk iPhone SE generasi pertama, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone 7 plus. 

Sebab, kelima seri ponsel tersebut tidak dapat mendukung pembaruan iOS yang berhenti di iOS 15. Meski begitu, iPhone yang tidak bisa menerima pembaruan iOS 16 masih tetap bisa dipakai. Namun, ponsel tersebut akan rentan dengan peretasan.

Ancaman Bahaya

Eryk Budi Pratama, Praktisi Keamanan Informasi dan Privasi dari Perusahaan Konsultan Global mengungkapkan, bahwa ada bahaya mengancam pengguna iPhone yang tak bisa diupdate ke iOS 16. 

Menurutnya, bila ada kerentanan yang ternyata ditemukan di versi iOS lama tapi tak bisa upgrade, berarti jadi rentan diretas. Jadi, kerentanan bisa dari iOS dan aplikasi yang berjalan di atasnya.

Meski begitu, Eryk tidak lantas menyarankan agar iPhone yang tak bisa upgrade iOS 16 untuk dimatikan. Akan tetapi, pengguna iPhone tersebut perlu berhati-hati dan bijak saat menggunakannya.

“Kalau mau dipakai no problem, cuma memang jangan digunakan untuk melakukan transaksi yang sensitif saja. Misalnya transaksi perbankan (via mobile banking),” ujarnya dikutip dari laman CNN Indonesia, Jumat (10/06). 

Pembaruan Fitur di iOS 16

Sistem terbaru Apple ini sepertinya akan semakin memanjakan para penggunanya. Pasalnya, iOS 16 ini menanamkan sejumlah pembaruan yang cukup signifikan. Salah satunya adalah fitur hapus dan batalkan pesan di iMessages. 

Dengan fitur terbaru ini, nantinya pengguna bisa mengedit dan membatalkan pesan. Hal ini bisa dilakukan 15 menit setelah pesan tersebut dikirim. Sementara itu, penerima pesan belum akan mendapat notifikasinya. Namun, mereka bisa tahu bahwa pesan tersebut telah diedit atau ditarik kembali.

Daftar iPhone yang Bisa Upgrade iOS 16

  • iPhone 8 dan 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro dan Pro Max
  • iPhone 12 dan 12 mini
  • iPhone 12 Pro dan Pro Max
  • iPhone 13 dan 13 mini
  • iPhone 13 Pro dan Pro Max
  • iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3)


Itulah beberapa informasi dampak bila iPhone tidak dapat diupdate ke iOS 16. Menurut kamu, gimana soal bahaya yang mengintai iPhone tersebut? Yuk, berikan komentarmu di bawah ini!

Baca juga: Salacca Soft Candy, Inovasi Permen Antidiabetes Karya UGM

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments