Selain ChatGPT, Inilah 5 Chatbot AI yang Juga Canggih!

Ilustrasi Chatbot AI Selain Chat GPT. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Kehadiran ChatGPT telah mencuri perhatian banyak orang. Hal ini disebabkan karena  disinyalir chatot besutan OpenAI ini berpotensi menggeser posisi Google, mesin pencarian nomor satu di dunia.

ChatGPT sendiri merupakan kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) yang dirancang untuk melakukan interasksi dengan pengguna melalui percakapan. Dengan bantuan demikian, pengguna bisa mengajukan pertanyaan dan chatbot ini akan menjawabnya.

Tak hanya digunakan untuk melakukan percakapan saja, ChatGPT juga berguna untuk membantu para pelajar untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, pekerja kreatif seperti Content Writer, Content Creator, Copywriter, dan sejenisnya juga menjadikannya sebagai sarana yang cukup bisa diandalkan.

Namun, ternyata tak hanya ChatGPT satu-satunya chatbot berbasi AI yang ada saat ini. Terdapat beberapa alternatif chatbot selain ChatGPT yang berguna untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Simak daftarnya berikut ini!

Baca juga: Wow! Google AI Bisa Ubah Teks Jadi Lagu, Saingi OpenAI?

Chatbot AI: ChatSonic

Alternatif Chatbot yang pertama adalah ChatSonic. Pihaknya mengkalaim bahwa chatbot buatannya merupakan AI revolusioner yang dicitakan untuk mengalahkan ChatGPT. 

ChatSonic mampu memberikan informasi terbaru yang faktual yang diambil menggunakan grafik pengetahuan dari Google. Oleh karena itu, hasil jawaban yang diberikannya merupakan isu terkini saat itu.

Tak hanya memberikan jawaban dalam bentuk teks saja, ChatSonic juga akan menjawab dengan suara, layaknya Siri atau Google Assistant.

DeepL Write

Selain itu, DeepL Write juga dapat diandalkan sebagai alat menulis AI yang berguna untuk meningkatkan komunikasi tertulis dalam bahasa Inggris dan Jerman. DeepL Wirte sendiri menyediakan tulisan dengan tata bahasa yang benar, bahkan teknologi ini dapat mengoreksi ungkapan, nada, gaya, dan pilihan kata yang sesuai.

YouChat

YouChat merupakan chatbot yang lebih mirip dengan mesin pencari. Kecerdasan buatan ini dapat merangkum informasi dari internet yang dilengkapi dengan privasi yang tinggi. Kamu dapat memanfaatkannya untuk menemukan hasil jawaban dari pertanyaanmu yang paling relevan.

Jika ingin mencobanya, YouChat dapat diakses melalui web atau dengan men-download aplikasinya secara gratis!

Chatbot AI: Poe

Chatbot berbasis AI yang satu ini memungkinkan kamu untuk bertanya apapun lewat percakapan. Namun, Poe biasanya akan lebih efektif jika ditanya tentang persoalan pengetahuan umum sehingga cocok sekali digunakan oleh pelajar.

Poe sendiri merupakan platform buatan Quora yang dapat dinikmati dalam bentuk aplikasi. Jadi, kamu perlu download Poe terlebih dahulu melalui App Store atau Play Store.

You

Selanjutnya, You bisa jadi pilihan chatbot berbasis AI untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Layaknya search engine pada umumnya, You bisa digunakan untuk mencari informasi yang ingin kamu ketahui.

Selain itu, teknologi menyediakan fitur lainnya mulai dari chat hingga image generator. Dengan demikian, You merupakan chatbot alternatif selain ChatGPT yang patut untuk dijajal.


Itulah 5 chatbotAI yang tak kalah canggih selain ChatGPT. Dari daftar di atas, manakah yang sudah pernah kamu coba? Yuk, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar!

Baca juga: Cara Pakai ChatGPT, Chatbot Pintar Terobosan OpenAI

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments