Cara Pakai ChatGPT, Chatbot Pintar Terobosan OpenAI

Ilustrasi cara pakai ChatGPT OpenAI. (Sumber: techmonitor.ai)
Isi Tabel

Tahukah kamu apa itu ChatGPT? Bagi yang belum tahu, ChatGPT merupakan platform BOT yang diciptakan oleh OpenAI, startup milik Elon Musk. Perangkat lunak ini dilatih untuk mengambil informasi dari lautan teks yang diambil dari internet.

Tak sedikit yang mengatakan kalau ChatGPT bisa mengalahkan kepintaran Google. Hingga saat ini banyak yang membicarakan tentang chatbot ini di berbagai media sosial, seperti Instagram, TikTok, bahkan Linkedin

Pasalnya, kamu bisa menanyakan hal apapun di software chatbot ini. Dibekali kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) model GPT 3.5, kehadirannya menjadi angin segar bagi teknologi generasi masa kini. Bahkan, banyak yang memprediksi jika di masa depan teknologi sejenis akan terus berkembang dan menggantikan beberapa jenis profesi manusia saat ini.

Apakah fakta tersebut benar adanya? Untuk membuktikannya, cek informasi dan cara pakai ChatGPT lebih lanjut. Simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: AIoT, Kombinasi Teknologi AI dan IoT

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT merupakan perangkat lunak berupa chatbot yang dapat menjawab berbagai pertanyaan. Menggunakan kecerdasan buatan, percakapan antara kamu dan robot berjalan dengan baik layaknya sedang melakukan percakapan dua arah.

Tanggapan yang diberikan ChatGPT berasal dari kumpulan informasi yang dimuat di Internet. Software ciptaan OpenAI ini dikembangkan terbuka agar bisa terus mempelajari cara manusia berbicara secara sempurna dan natural.

Seperti yang telah disebutkan, ChatGPT menggunakan model versi GPT-3, teknologi pengembangan terkini yang telah dirancang. Dengan demikian, perangkat lunak ini dapat mempelajari dan memahami tata bahasa yang baik dan benar, bahkan slang atau bahasa gaul sekali pun.

Cara menggunakan

  1. Buka situs https://chat.openai.com di PC/laptop atau smartphone.
  2. Sebelumnya, kamu akan diminta untuk login sebelum menggunakan Chat GPT.
  3. Silakan daftar menggunakan email. Selain itu, kamu juga bisa langsung daftar menggunakan akun Google atau Microsoft.
  4. Setelah berhasil login, masukkan pernyataan pada kolom percakapan yang tersedia di bagian bawah halaman. Tekan kirim.
  5. Lalu Chat GPT akan memberi tanggapan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.


Nah, itulah informasi dan cara pakai ChatGPT yang kini sedang ramai diperbincangkan. Walaupun masih berada di dalam tahap penyempurnaan, teknologi berbekal kecerdasan buatan ini diharapkan menjadi mesin penjawab masa depan yang tak harus mengandalkan orang lain untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Baca juga: Mengenal Kecanggihan Teknologi Augmented Reality

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments