Pesona Hallyu di Ecommerce Indonesia

efek hallyu terhadap ecommerce - awanapps.com
Isi Tabel

Demam Korea, atau disebut juga dengan istilah hallyu pun mulai berkembang ke seluruh dunia termasuk Indonesia, tak terkecuali bidang ecommerce. Buktinya, hingga saat ini terdapat beberapa artis Korea Selatan yang menjadi brand ambassador sejumlah brand Tanah Air. Di antaranya seperti Choi Siwon dengan produk mi instan, NCT 127 dengan produk teh hijau, dan masih banyak lagi.

Popularitas artis Korea Selatan dalam 10 tahun terakhir benar-benar tidak ada tandingannya. Bermula dari drama Korea (drakor) yang ramai dibicarakan, perlahan tapi pasti industri hiburan Korea lainnya juga mulai mendunia.

Korean pop atau K-pop saat ini bisa dibilang sudah sejajar dengan industri musik barat seperti Amerika dan Eropa. Sebut saja BTS, Super Junior, dan Blackpink yang ketenarannya tak kalah dari One Direction. Semua itu tak lepas dari yang sudah malang melintang turut meramaikan industri musik dunia.

Tak hanya itu, ecommerce pun turut terkena hallyu dengan menggunakan artis Korea Selatan atau idol group Kpop jadi brand ambassador. Berikut adalah sejumlah ecommerce di Indonesia yang memanfaatkan Hallyu dan popularitas artis Korea Selatan sebagai ladang promosi mereka.

Shopee

Shopee menjadi pionir alias ecommerce pertama yang mengikuti arus hallyu dengan mengadakan fanmeeting Bersama Lisa Blackpink pada Agustus 2018. Tak sampai di situ, saat hari belanja online nasional (harbolnas) Shopee mendatangkan sekaligus menunjuk Blackpink sebagai brand ambassador. Girlband yang digawangi Jennie itu bahkan tampil di empat stasiun televisi nasional sekaligus.

Setelah berhasil menggaet Blackpink, setahun berikutnya Shopee kembali menggandeng girlband K-pop lain untuk hadir di hajatannya. Shopee mengadakan fanmeeting dengan Red Velvet pada April 2019. Melalui fitur siaran langsung di aplikasinya, girlband ini menyapa dan menjawab berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh para penggemarnya.

Seolah tak puas hanya dengan fanmeeting, pada event 11.11 Big Sale, Shopee mengundang GFriend untuk meramaikan dan merayakan acara tersebut. Sedangkan untuk tahun 2020, pada harbolnas 12.12, Stray Kids dan GOT7 dipilih sebagai bintang tamu untuk menghibur pelanggan Shopee.

Baca juga: Efek Bisnis Fandom K-pop pada Ecommerce

Dampak Hallyu pada Ecommerce Tokopedia

Kesukesan Shopee dengan idol k-popnya, ecommerce Tokopedia sebagai sang rival pun tak mau kalah dengan maraknya hallyu. Pada tahun 2019, ecommerce asli Indonesia itu membuat sebuah kejutan luar biasa dengan menunjuk boyband yang lagi sangat hit. Bangtan Sonyeondan, atau yang lebih dikenal dengan singkatan BTS jadi brand ambassador.

Pada pertengahan 2020, Tokopedia juga menyelenggarakan campaign Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan menyajikan hiburan penampilan dari deretan bintang K-pop. BTS yang pernah menjadi brand ambassador Tokopedia, menjadi idol group pembuka yang tampil dalam acara WIB pada bulan Juli. Selanjutnya pada Agustus, giliran girlband TWICE dan Secret Number yang didatangkan untuk meramaikan acara tersebut.

Mengingat Agustus sebagai bulan kemerdekaan, Tokopedia mengundang girlgrup yang terdapat orang asli Indonesia, yakni Dita Karang dari Secret Number. Ditemani TWICE, Secret Number tidak hanya tampil menyanyikan single terbarunya saja, tetapi juga diajak bermain games khas lomba 17-an.

Rangkaian Tokopedia WIB terus berlanjut tiap bulannya. Dua idol group Kpop, ITZY dan Treassure terpilih jadi bintang tamu khusus pada September. Sementara bulan Oktober terdapat boy band NCT U dan NCT 127 yang diundang untuk tampil. Girl band yang saat ini sedang naik daun, Blackpink pun tak ketinggalan untuk meramaikan acara tersebut. Mereka dapat jatah untuk tampil pada November lalu.

Lazada

Jika Shopee dan Tokopedia menggunakan idol group K-pop, lain cerita dengan Lazada. Ecommerce satu ini pun terkena hallyu dengan memilih aktor Lee Min Ho sebagai brand ambassador mereka. Siapa yang tak kenal dengan Lee Min Ho? Pria yang sudah malang melintang di dunia perfilman Korea Selatan selama 17 tahun ini tak perlu diragukan lagi popularitasnya.

Baca juga: Wajib Ditonton! Drama Korea Ini Menginspirasi Kamu Untuk Memulai Bisnis

CMO Lazada Group mengatakan, alasan penunjukkan Lee Min Ho karena kepribadian sang aktor dianggap sesuai dengan tipe konsumen Lazada. Sang aktor dinilai memiliki sifat penuh semangat dan optimistis.

Dampak Hallyu pada Ecommerce Blibli

Ecommerce terbaru yang akhirnya mengikuti hallyu dan tergiur oleh pesona artis Korea Selatan adalah Blibli. Ecommerce yang identik dengan warna biru itu menunjuk aktor tampan Park Seo-Joon untuk dijadikan sebagai brand ambassador.

Aktor drama Korea yang sedang hit sepanjang tahun 2020 itu dihadirkan dalam rangka harbolnas dengan tajuk Blibli Histeria 12.12. Campaign tersebut diadakan secara livestream selama dua hari berturut-turut dengan acara Fan Party dan Fan Talkshow bersama Park Seo-Joon.


Pesona aktor drama Korea dan idol group K-pop memang sangatlah menggoda. Tentu saja kehadiran mereka diharapkan dapat meningkatkan keuntungan ecommerce yang mengontraknya. Maka dari itu, tak heran bila saat ini demam Korea semakin berkembang di Indonesia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments