Efek Bisnis Fandom K-pop pada Ecommerce

bisnis fandom k-pop - awanapps.com
Isi Tabel

Berbisnis saat ini sudah menjadi pilihan untuk sebagian besar orang di dunia. Bisnis online salah satunya, bisnis online mulai digemari banyak kalangan baik dari yang muda hingga yang berpengalaman sekalipun. Berbisnis online mulai digemari karena penjual maupun pembeli dapat memproduksi dan membeli dari rumah mereka masing-masing, sangat mudah bukan? Hal ini pun yang menjadi alasan mulai banyaknya kalangan yang membuka bisnis secara online termasuk para fandom artis tertentu.

Saat ini budaya Korea Selatan sudah sangat disukai oleh orang di seluruh dunia dan dari anak muda hingga orang tua. Mulai dari drama korea, k-pop, hingga makanan pun semuanya sudah mulai menjadi kegemaran setiap orang. Bahkan generasi muda Indonesia sudah mulai mencari pekerjaan di negeri gingseng tersebut. Demam korea ini dapat dirasakan pada awal tahun 2012 dimana boygroup dari Super Junior mulai mengadakan konser di Indonesia. Mulai saat itu penggemar k-pop pun bertambah seperti fandom (kelompok penggemar) boygrup BTS atau ARMY dan boygrup EXO atau EXO-L.

Bisnis Fandom Merebak ke Ecommerce

Ecommerce menjadi tempat bisnis yang cocok bagi fandom untuk menyediakan barang official langsung dari Korea Selatan. Biasanya mereka menggunakan sistem PO atau pre-order. Fandom merupakan kumpulan penggemar tiap artis atau grup, fandom ini memiliki nama masing-masing. Tentu tidak hanya berlaku untuk penggemar k-pop saja tapi juga artis luar negeri seperti Taylor Swift dan Maroon 5 sekalipun.

Toko online yang menjual merchandise official tentu memiliki pengikut yang cukup banyak. Toko Online merchandise mulai menjual dari album penyanyi, barang resmi atau official, hingga barang yang dijual oleh fansite atau fans yang mendapat kesempatan mengambil foto atau video idola mereka. Penjualan produk ini biasanya akan meningkat saat peluncuran album, barang official , hingga saat idola mereka mengadakan konser ke negara tertentu.\

Baca juga: Buka Jasa Titip Online? Kamu Harus Tau Airfrov!

Dengan e-commerce, bisnis para fandom dapat dengan mudah mendapatkan barang yang mereka inginkan. Sistem yang digunakan adalah sistem pre-order, dimana penjual akan mendaftar terlebih dahulu berapa barang yang dipesan lalu memesankan langsung ke website resmi agensi idola mereka. Biasanya sebagai jaminan penjual akan meminta DP terlebih dahulu sebagai bentuk perjanjian dan akan dibayarkan sisanya saat barang sudah sampai.

Segala hal yang berhubungan dengan bisnis merchandise pun harus diawasi dengan benar seperti mencari toko yang menangani official merchandise, pengiriman ke luar negeri sampai rumah pelanggan, hingga pengiriman barang ke warehouse di negara tertentu. Tentu bukan bisnis yang mudah bukan, walaupun terlihat hanya menjual barang fandom tetapi yang dikerjakan cukup banyak sebagai penjual.

Persaingan Bisnis

Saat ini pun persaingan menjual merchandise official sudah mulai ketat. Hal ini karena hadirnya e-commerce marketplace yang dapat menjadi wadah berjualan siapa saja. Dahulu sebelum hadir e-commerce marketplace, penjual hanya berjualan melalui facebook, twitter, dan juga Instagram sehingga masih sedikit fandom yang berani membuka bisnis mereka. Tetapi saat ini ketika e-commerce marketplace hadir setiap orang dapat menjual produk sesuai dengan fandom mereka.

Mungkin banyak dari para pelaku bisnis ini mendengarkan ucapan orang yang memandang kecil pekerjaan ini. Tetapi hal itu tidak mereka dengarkan dan terus mengembangkan usahanya hingga saat ini barang yang mereka jual pun menjadi yang paling diminati di situs e-commerce, terutama penggemar k-pop yang saat ini sangat meroket.


Dari sini kita dapat melihat bahwa e-commerce dapat menjadi jalan keluar bagi siapa saja. Ecommerce dapat menjadi pekerjaan sampingan ataupun utama, dengan toko online ini kita dapat menjual berbagai barang bahkan sampai barang koleksi dan kegemaran . Mungkin banyak beberapa orang memandang kecil orang lain yang sangat menyukai suatu penyanyi ataupun idol k-pop. Tetapi jika kita dapat menyalurkan hobi atau ketertarikan kita sebagai fandom kita bahkan dapat meraup keuntungan dari sana. Dan kita dapat mendapat penghasilan sambil tetap menyukai hobi kita.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments