Mengenal Lebih Dalam Kasta-kasta di Dunia Startup

Startup
Isi Tabel

Tidak hanya pengertian startup saja loh yang diketahui, tetapi kasta-kasta di dunia startup pun juga patut kamu ketahui. Apa sih pengertian dari startup? Sebenarnya, startup itu merupakan julukan untuk perusahaan yang baru dirintis dan masih dalam tahap pengembangan. Mayoritas dari startup ini memang bergerak dalam dunia teknologi informatika. Jadi, jangan heran kalau banyak orang yang menyebut startup sebagai perusahaan digital.

Ternyata, di dalam startup ini terdapat istilah yang merujuk kepada tingkatan atau kasta loh. Kasta-kasta di dunia startup ini, ada tiga yaitu unicorn, decacorn, dan hectocorn. Nah, kasta tersebut ditentukan berdasarkan nilai valuasi yang mereka dapatkan per-tahunnya. Sudah tahu belum apa itu angka valuasi? Angka tersebut merupakan nilai ekonomi dari suatu startup yang digunakan untuk menentukan harga jual perusahaan.

Untuk mendapatkan nilai valuasi yang besar, dirasa sangat sulih diraih oleh para perusahaan startup. Sebab itu, perusahaan yang mendapat gelar kasta antara unicorn, decacorn, dan hectocorn pun pasti akan disegani. Akan tetapi, perusahaan yang mempunyai gelar tersebut masih sedikit jumlahnya. Di Asia Tenggara hanya ada 7 perusahaan startup yang mendapat gelar unicorn. Oleh karena itu, para perusahaan startup juga berusaha keras agar bisa mendapatkan gelar tersebut.

Di era sekarang ini, semakin banyak terdapat perusahaan startup dan berusaha mendapatkan gelar tersebut. Mereka saling berlomba-lomba untuk mendapatkan reputasi perusahaan terbaik, melalui peningkatan kualitas kerja. Dengan memiliki reputasi yang baik, maka perusahaan mereka bisa mendapatkan suntikan dana dari lembaga-lembaga maupun perusahaan besar. Alhasil, startup tersebut bisa mendapatkan nilai valuasi yang besar.

Dari pemaparan kasta-kasta di dunia startup seperti yang disebutkan di atas, kira-kira kalian penasaran nggak apa saja perbedaannya? Yuk, kita bahas rangkuman dari Awanapps perhal kasta tersebut!

Unicorn

Ilustrasi dollar Amerika Serikat

Istilah ini pertama kali dipekenalkan oleh Aileen Lee, yang merupakan founder dari Comboy Ventures. Unicorn terdiri dari kata “uni” yang berarti satu. Hal tersebut menggambarkan jika perusahaan startup yang termasuk ke kasta ini, harus memiliki nilai valuasi sebesar USD 1 Miliar. Nah, angka tersebut kalau dirupiahkan bisa mencapai jumlah 14 triliun loh.

Diketahui, unicorn merupakan bagian dari spesies kuda yang keberadaannya bisa dikatakan langka dan bahkan mustahil. Seperti halnya dahulu perusahaan startup yang mendapat nilai valuasi sebesar USD 1 miliar masih sangat langka. Bahkan, dianggap mustahil sehingga kata tersebut dirasa sangat menggambarkan kondisi waktu itu.

Seiring berjalannya waktu, ketidakmungkinan itu berubah menjadi mungkin. Kini, sudah banyak perusahaan startup yang membuktikan bisa mendapatkan nilai valuasi sebesar itu, termasuk Indonesia. Bahkan, perusahaan dari Tanah Air sudah ada yang menyandang gelar unicorn, yaitu Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka.

Decacorn

Kasta urutan kedua ada decacorn, yang berasal dari kata “deca” berarti sepuluh. Apa alasannya menyebut sepuluh? Sebab, syarat suatu perusahaan startup bisa masuk ke dalam tingkat ini harus memiliki nilai valuasi sebesar USD 10 miliar. Angka tersebut merupakan 10 kali lipat dari nilai valuasi unicorn. Bila dollar tersebut dirupiahkan, maka nominalnya bisa mencapai 100 triliun loh.

Ciri khas dari perusahaan startup decacorn adalah mereka selalu menggunakan website sebagai salah cara untuk menjalankan bisnisnya. Contoh startup decacorn, yakni Toutiau, Airbnb, Grab, dan masih banyak lagi. Menariknya, Indonesia juga punya satu perusahaan startup yang menyandang status decacorn, yaitu Gojek.

Perusahaan startup yang berada pada tingkatan unicorn pun bisa loh naik ke tingkatan decacorn. Dengan catatan nilai valuasi yang mereka dapat bisa mencapai jumlah yang disyaratkan, sesuai pernyataan di atas. Ada 15 startup unicorn dari total 300 startup di dunia yang telah naik tingkat ke decacorn loh. Perusahaan startup tersebut mayoritas berasal dari Amerika Serikat.

Baca juga: Apa Itu Decacorn? Lihat Tingkatan Bisnis Startup Lainnya

Hectocorn

Ant Financial

Hectocorn merupakan kasta startup paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Kira-kira, berapa banyak lagi nilai valuasi yang harus didapatkan? Ya, perusahaan dalam kategori ini harus memiliki nilai sebesar USD 100 miliar atau setara dengan Rp 100 miliar. Jumlah yang cukup fantastis tersebut membuat perusahaan startup sangat jarang masuk ke dalam tingkatan ini.

Hebatnya, perusaahaan yang lolos masuk ke tingkat ini hanya ada satu di dunia, yaitu Ant Financial. Sebenarnya, ada banyak perusahaan yang nilai valuasinya mencapai lebih dari 100 miliar. Namun, mereka tidak termasuk ke dalam kategori hectocorn karena bukan termasuk perusahaan startup yang masih merintis dan berkembang.


Dengan penjelasan di atas terkait kasta-kasta di dalam dunia startup, kamu jadi tahu kan kalau gelarnya bukan hanya unicorn saja. Namun, ada perusahaan bergelar decacorn dan hectocorn.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments