Apa Itu Decacorn? Lihat Tingkatan Bisnis Startup Lainnya

tingkatan bisnis startup - awanapps.com
Isi Tabel

Ternyata tidak hanya manusia saja yang memiliki kasta loh. Kalian sudah tahukah kalau startup atau perusahaan rintisan juga memiliki tingkatan bisnis. 

Sebelumnya kalian sudah tidak asing dengan kata startup bukan? Startup memiliki artian perusahaan rintisan atau perusahaan tersebut baru saja berdiri dan masih dalam tahap merintis. Meskipun begitu, perusahaan startup sangat identik dengan teknologi. Mengingat banyak sekali perusahaan tersebut menggunakan teknologi terkini dalam melayani kebutuhan pasar saat ini.

Di Indonesia sendiri, perusahaan startup sudah banyak berkembang dan sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi orang-orang saat ini. Dengan majunya teknologi makin banyak startup yang terus mengeluarkan ide-ide kreatif. Hal ini tentu saja bertujuan agar produk dari perusahan tersebut dapat digunakan.

Sebagai contoh kalian pasti sudah tidak dengan aplikasi Go-Jek. Yaps! Aplikasi tersebut merupakan karya anak bangsa. Gojek merupakan startup yang melayani dibidang transportasi  (Go-Ride dan Go-Car) tetapi dengan perjalannya waktu Gojek jadi memiliki aneka layanan yang bertujuan mempermudah aktivitas masyarakat, seperti GoFood, GoSend, GoMassage, dan lain sebagainya. Startup Gojek pun sekarang sudah berada di tingkatan bisnis “Decacorn”. 

Baca juga: Mengenal GoJek, Si Decacorn Pertama di Indonesia

Apasih “Decacorn?” Yuk kepo-in kasta-kasta di perusahan startup.

Cockroach

Tahapan pertama dinamakan Cockroach, merupakan tingkatan bisnis untuk perusahaan yang masih kecil atau baru saja dirintis. Nilai valuasinya tentu masih sangat kecil karena pemilik membangun semua dengan dana yang dimiliki sendiri (bootstraping). Jika ada investor kecil yang mau menamkan dana, tentu nilai valuasi perusahaan akan bertambah meski tidak signifikan.

Ponies

Tingkatan bisnis startup selanjutnya ialah Ponies. Ponies merupakan sebutan untuk perusahaan yang memiliki nilai valuasi hingga 10 juta dollar AS atau sekitar 140 miliar Rupiah. Biasanya perusahaan tersebut sukses mengembangkan startup miliknya. Tentunya investor akan makin tertarik untuk berinvestasi dan sudah pasti akan menaikan nilai valuasi perusahaan tersebut.

Tingkatan Bisnis Startup Centaurs 

Tahapan berikutnya yaitu Centaurs. Perusahaan yang menyandang gelar Centaurs ini memiliki nilai valuasi hingga 100 juta dolar AS atau berkisar 14,1 triliun Rupiah. Istilah ini diambil dari nama makhluk dalam kisah mitologi yunani yang memiliki badan kuda namun berkepala manusia. Dalam tahap ini, para investor kelas kakap akan berani untuk menanamkan modal pada perusahaan startup tersebut. 

Tingkatan Bisnis Startup Unicorn 

Tahapan keempat yaitu Unicorn, dalam tahap ini perusahaan startup sudah mulai terkenal. Selain itu, perushaan ini juga memiliki nilai valuasi hingga US$ 1 miliar atau berkisar 14,1 triliun rupiah. Beberapa perusahaan startup seperti Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia berhasil mencapai di tahap ini. Tentunya masih ada investor yang ingin menanamkan dananya ke perusahaan tersebut. Bahkan beberapa nilai valuasi perusahaan Unicorn ini perlahan akan menuju ke tahap berikutnya.

Baca juga: 5 Startup Indonesia yang Menyandang Gelar Unicorn

Decacorn

Nah ini nih. Tahap kelima dalam kasta pada perusahaan startup yaitu decacorn. Startup yang sudah mencapai di tingkatan bisnis ini berarti memiliki nilai valuasi sebesar 10 miliar atau setara dengan kisaran 140 triliun rupiah. Perusahaan startup Indonesia yang sudah mencapai tahap ini adalah Gojek dengan nilai lebih dari US$ 10 miliar. Tentu saja berkat perusahaan besar yang memberikan bantuan pendanaan mulai dari Google, Tencent, hingga JD.com.

Hectocorn

Lalu tahap terakhir dalam kasta perusahaan rintisan atau startup ialah Hectocorn. Startup di tingkatan bisnis ini merupakan perusahaan besar yang memiliki nilai valuasi sebesar US$ 100 miliar atau sekitar 1.400 triliun rupiah. Nilai valuasi yang fantastis ini hanya dimiliki oleh perusahaan yang masuk dalam kategori Hectocorn seperti Google, Microsoft, Facebook, dan Apple.


Sudah tahukan apa saja tingkatan bisnis dalam perusahaan rintisan atau Startup? Semoga Startup mu segera naik ke tingkatan selanjutnya, ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments