Ini Tips Hemat Bahan Bakar untuk Para Pengendara Mobil

Ilustrasi Tips Hemat Bahan Bakar untuk Para Pengendara Mobil. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Harga bahan bakar kendaraan (BBM) yang semakin mahal membuat masyarakat ketar-ketir, terutama pengendara mobil. Kenaikan harga ini membuat masyarakat memutar otak untuk mengatur kembali alokasi pendanaan bulanan agar tetap hemat.

Tentu memiliki kendaraan yang hemat bahan bakar adalah idaman semua orang. Dengan demikian, pengeluaran bulanan bisa dimaksimalkan untuk keperluan penting lainnya seperti tagihan listrik, air, internet, hingga biaya untuk makan harian.

Namun, jangan dulu terlalu berpikir negatif terlalu jauh dahulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap hemat di saat BBM semakin mahal. Berikut AwanApps bagikan tips hemat bahan bakar untuk para pengendara mobil!

Baca juga: Harga BBM Naik, Kenali Ciri Mobil yang Boros Bensin!

Hindari Gaya Berkendara Stop and Go

Sebenarnya, cara untuk berhemat bahan bakar kendaraan bergantung pada pemakaian kendaraan saat mengemudinya. Jangan salah, informasi ini merupakan fakta yang benar adanya, lho!

Ketika mengemudikan mobil, pastikan agar tidak mengerem secara mendadak. Gaya ini disebut dengan stop and go. Dengan menghindari gaya ini, pengemudi mobil bisa menjadi efisiensi kendaraan dalam mengkonsumsi bahan bakar.

Sebab, kecepatan kendaraan akan menurun drastis apabila pengemudi sering mengerem secara mendadak. Hal ini membuat mobil jadi memerlukan energi yang besar untuk mulai bergerak lagi. Jika gaya ini dilakukan terus menerus, maka mobil akan boros bahan bakar.

Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Ilustrasi Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Saat mengendarai mobil, perhatikan jarak antara kendaraan dengan kendaraan lainnya. Walaupun sedang terjebak macet, namun sebisa mungkin tetaplah jaga jarak.

Cara ini dilakukan agar terhindar dari gaya mengemudi stop and go. Jika kendaraan di depanmu mengerem dengan tiba-tiba, kamu masih memiliki jarak yang cukup untuk mengerem secara perlahan. 

Dengan begitu, kamu bisa tetap hemat bahan bakar kendaraanmu. Selain itu, mengedepankan keselamatan pun juga penting dengan melakukan cara ini.

Jaga Lakukan Kickdown agar Hemat Bahan Bakar

Bagi pengendara mobil matic, istilah kickdown pasti sudah sering kamu dengar. Kickdown sendiri merupakan gerakan yang digunakan pada mobil matic untuk mendapatkan akselerasi dengan cepat. Caranya, pengemudi harus menekan pedal gas secara mendadak.

Gaya berkendara inilah yang perlu dihindari apabila ingin hemat bahan bakar. Gaya ini merupakan gaya yang cukup agresif untuk mengendarai mobil sehingga berbahaya untuk keselamatan penumpang dan pengemudi itu sendiri.


Itulah tips hemat bahan bakar untuk pengendara mobil. Bagi yang sedang berhemat, cara ini dapat kamu lakukan untuk menekan budget bulanan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Kenali 4 Jenis Mobil Listrik yang Ramah Lingkungan!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments