Harga BBM Naik, Kenali Ciri Mobil yang Boros Bensin!

Ilustrasi harga BBM Naik. (Sumber: iStock)
Isi Tabel

Setiap pengendara mobil pastinya ingin konsumsi bahan bakar irit atau tidak boros bensin. Sebab, mobil yang boros bensin bisa membuat pengeluaran harian menjadi bengkak. Apalagi, kondisi ini akan semakin terasa saat harga BBM seperti Pertalite naik.

Bagi para pemilik mobil, sebaiknya kamu perlu memahami ciri-ciri mobil boros bensin. Hal ini ditujukan agar dapat membantumu mengatasi pemborosan tersebut. Kondisi mobil yang boros ini juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk manusia, perawatan mobil atau service, usia komponen, dan lainnya.

Berikut AwanApps telah merangkum beberapa ciri mobil boros bahan bakar. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Beginilah Alasan Sepeda Listrik Dilarang di Jalan Raya

Sering Isi Bensin

Salah satu ciri mobil boros bahan bakar adalah jangka waktu pengisian bensin yang semakin sering. Kamu bisa membandingkan seberapa sering mengisi bensin berdasarkan cara pakai, rute, dan jarak tempuh yang sama sehari-hari.

Kondisi Suara Mesin Mulai Kasar

Bukan hanya dari intensitas pengisian bensin, kamu juga bisa mencermati suara mesin mobil. Mobil yang rutin service seharusnya memiliki suara mesin halus. Bila suara mesin mulai terdengar kasar dan berisik, ada kemungkinan terdapat masalah pada mobilmu. Bukan hanya berakibat pemborosan bahan bakar, tetapi masalah mesin ini juga akan berdampak pada keseluruhan kinerja mobil.

Muncul Bau Bensin yang Menyengat

Ciri mobil boros selanjutnya adalah munculnya bau bensin yang menyengat. Jika terjadi situasi seperti itu, maka ada potensi kebocoran bensin. Misalnya, di tangki bahan bakar atau selang-selang mengalami kebocoran.

Ketika mengalami permasalahan kebocoran bensin, mobil kamu harus ditangani atau diservis secepatnya. Hal ini karena dampaknya bukan hanya boros saja, tetapi juga bisa berbahaya bagi keselamatan pengemudi.

Mesin Mobil Terasa Berat

Ketika kesulitan menginjak pedal gas, tandanya mobil kamu mengalami pemborosan bensin. Pedal gas yang terasa berat dan terus diinjak akan membuat bahan bakar mobil jadi habis dengan sangat cepat.

Kondisi seperti ini biasanya diakibatkan filter udara tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya. Untuk mengatasinya, semua debu dan kotoran perlu dibersihkan. Hal ini ditujukan agar mobil kembali bertenaga dan siap untuk diajak berkendara.


Demikianlah ciri-ciri mobil yang boros bahan bakar. Bila kendaraan kamu mengalami salah satu atau semua ciri-ciri di atas, sebaiknya langsung bawa mobilmu ke tempat service. Dengan begitu, cara ini bisa menjadi solusi agar tak boros bensin mengingat harga BBM yang naik kini jadi topik hangat masyarakat.

Baca juga: Simak Perbedaan MyPertamina Palsu vs Asli

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments