Fitur Rahasia WhatsApp yang Jarang Orang Tahu!

Ilustrasi fitur rahasia Whatsapp. (Sumber: unsplash)
Isi Tabel

Siapa sangka ada fitur rahasia WhatsApp yang ternyata jarang orang ketahui? Aplikasi Whatsapp sudah menjadi aplikasi kirim pesan yang sudah lazim digunakan, baik untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

Namun, ternyata WhatsApp bisa menjadi lebih dari sekedar aplikasi tukar pesan biasa. Selain bisa melakukan panggilan suara, video, ataupun gambar, ternyata ada fitur rahasia WhatsApp yang sangat berguna untuk menunjang aktivitas harianmu. Apa sajakah itu?

Baca juga: Microsoft Teams Rilis Fitur Transkrip Terjemahan Real-Time

Bisa Kustom Chat Wallpaper di WhatsApp

Pasti kamu sudah familiar dengan chat wallpaper berwarna hijau khas WhatsApp, bukan? Mungkin tak sedikit orang yang tahu bahwa ternyata chat wallpaper WhatsApp bisa di-custom menggunakan gambar yang kamu inginkan.

Dengan fitur rahasia ini, kamu bisa atur ruang obrolanmu dengan foto keluarga, hewan peliharaan, bahkan pacarmu! Menarik, bukan?

Bebas Atur Nada Dering di WhatsApp

Tak mau diganggu oleh bunyi notifikasi pesan yang masuk ke WhatsApp? Mengubah bunyi notifikasi menjadi mode senyap bukanlah jawaban yang tepat. Jika seperti itu, kamu tidak akan tahu kalau seseorang yang penting mengirimkanmu sebuah pesan.

Maka dari itu, kamu bisa atur nada dering notifikasi khusus untuk kontak yang kamu anggap penting. Jadi, kamu akan tahu siapa yang mengirimkan pesan tanpa perlu cek ponselmu. Atur nada dering khusus untuk orang-orang tertentu bisa kamu lakukan dengan langkah yang mudah.

Untuk pengguna Android, kamu bisa atur fitur ini dengan memilih ruang obrolan atau kontak yang kamu inginkan. Langkah selanjutnya, silakan pilih Custom Notification (Pemberitahuan Khusus) dan beri centang pada kontak. Pengaturan selesai!

Sedangkan untuk pengguna iOS, kamu hanya perlu membuka ruang obrolan kemudian pilih Nada Khusus. Bagaimana? Cukup mudah, bukan?

Membatasi Privasi

Pasti kamu sering merasa tidak ingin terlihat online saat membuka aplikasi WhatsApp. Tenang saja, ternyata ada fitur rahasia yang bisa menyembunyikan status online, lho! Selain itu, kamu juga bisa tidak menampilkan foto, info akun, bahkan WhatsApp Story. 

Dengan fitur ini, kamu bisa membatasi orang-orang tertentu agar tidak bisa akses pribadimu dengan alasan privasi. Bagi pengguna Android, kamu bisa mengaturnya dengan cara membuka Menu > Setelan > Akun > Privasi > ubah pengaturan visibilitas data pribadi.

Tak jauh berbeda, pengguna ios juga bisa mengaktifkan setelan ini dengan mudah. Caranya adalah dengan mengakses Pengaturan > Privasi > ubah pengaturan sesuai yang kamu inginkan.

Chat Hilang Otomatis

Selain itu, ada fitur rahasia terbaru dari WhatsApp yang membuat kamu bisa kirim pesan teks, foto, atau video yang akan hilang otomatis setelah dilihat sekali oleh penerima. Cari ini dapat dilakukan agar memori WhatsApp tidak penuh.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa klik tombol 1 yang ada di sebelah tombol kirim yang terlihat pada tanda lingkaran saat akan mengirim pesan. Dengan begitu, penerima hanya akan bisa melihat pesan yang telah terkirim satu kali saja.

Face ID dan Touch ID

Jika kamu tidak ingin orang lain sembarangan membuka WhatsaApp-mu, ada fitur keamanan ganda aplikasi yang bisa kamu aktifkan. Fitur ini akan memberikan proteksi ekstra agar pesan dan data yang ada pada aplikasi selalu aman.

Sayangnya, fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna iOS. Mudah saja untuk mengaktifkan fitur ini. Silakan buka Pengaturan > Akun > Privasi > Kunci Layar > Aktifkan Face ID atau Touch ID. Atur pula durasi waktu, seperti Segera, Setelah, Satu Menit, Setelah 15 menit, atau Setelah Satu Jam.


Itulah fitur rahasia WhatsApp yang sering diabaikan. Masih jarang orang yang mengetahuinya, padahal itu sangat berguna untuk dipakai sehari-hari. Kira-kira, adakah yang sudah pernah coba fitur-fitur di atas? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca juga: Adobe Akuisisi Figma, Apakah Masih Gratis?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments