Microsoft Teams Rilis Fitur Transkrip Terjemahan Real-Time

Ilustrasi Microsoft Teams. 9Sumber: iStock)
Isi Tabel

Microsoft Teams baru saja merilis fitur terbaru, yakni live caption atau transkrip terjemahan ke beberapa bahasa secara real-time. Dengan fitur ini, Microsoft Teams akan menerjemahkan percakapan bahasa asing yang digunakan oleh kolega saat meeting online

Jadi, pengguna tak perlu khawatir akan sulit memahami pembicaraan selama pertemuan daring berlangsung. Sebab, fitur tersebut akan membantu para pengguna untuk melakukan percakapan walaupun mereka saling menggunakan bahasa yang berbeda. 

Untuk memasang transkrip terjemahan real-time, pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut sesaat setelah meeting online dimulai. Selanjutnya, pengguna dapat memilih bahasa terjemahan yang ingin digunakan. Jadi, transkrip terjemahan akan langsung muncul di layar saat pengguna lain menggunakan bahasa asing. 

Microsoft sendiri menyediakan sekitar 34 bahasa yang bisa diterjemahkan oleh fitur terbaru ini. Mulai dari bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Belanda, Jerman, Jepang, Korea, Thailand, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, terjemahan untuk bahasa Indonesia masih belum tersedia di fitur live caption ini. Pihak Microsoft sendiri masih belum memberikan keterangan, apakah akan menambah daftar bahasa di masa mendatang atau tidak.

Baca juga: Mau Cek IMEI iPhone? Simak Caranya Berikut Ini!

Cara Menggunakan Fitur Bahasa Terjemahan

  1. Pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Teams pada perangkatmu.
  2. Kemudian, klik ikon titik tiga di bagian sisi atas tampilan Microsoft Teams.
  3. Ketiga, pilih “Turn on Live Captions” di aplikasi Microsoft Teams.
  4. Setelah diklik, live caption akan muncul selama meeting online berlangsung. Selanjutnya, kamu klik ikon titik tiga lagi di bagian bawah layar.
  5. Langkah berikutnya, klik pilihan “Change spoken language” (ganti bahasa pembicara).
  6. Lalu, pilih bahasa terjemahan yang diinginkan. Jika sudah memilih bahasa terjemahannya, silakan klik “Confirm”. Setelah itu, bahasa terjemahan akan muncul di layar kamu.

Selain itu, fitur transkrip terjemahan ini juga didukung oleh Microsoft Cognitive Service Speech Translation Capabilities Part. Jadi, terjemahan yang ditampilkan dapat muncul dengan cepat.


Microsoft telah mengumumkan fitur transkrip terjemahan real-time ini sejak bulan Agustus lalu. Lewat kehadiran fitur ini, Microsoft berharap dapat mendorong lebih banyak meeting berskala internasional dengan peserta dari berbagai negara.

Dengan begitu, para pengguna bisa berpartisipasi penuh dalam meeting yang bahasa pengantarnya tidak biasa digunakan. Bagaimana tanggapanmu mengenai peluncuran fitur terbaru Microsoft Teams ini? Bagikan jawabanmu di kolom komentar, ya!

Baca juga: Bantuan Subsidi Upah Cair, Simak Cara Ceknya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments