Daftar Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Game

Ilustrasi Universitas di Indonesia Jurusan Game. (Sumber: Pixabay)
Isi Tabel

Di era digital saat ini, video game begitu digemari dan bahkan bukan hanya oleh para gamers saja. Apalagi, industri game mengalami kemajuan yang begitu pesat di seluruh dunia. Bahkan, industri game juga perlahan memiliki prospek yang menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi.

Bukan hanya itu, kini ilmu tentang game juga merambah pada dunia pendidikan. Beberapa universitas di Indonesia pun telah memiliki jurusan teknologi game. Buat kamu yang ingin menekuni bidang tersebut, langsung saja simak jurusan game di lima universitas berikut ini.

Baca juga: Aplikasi i-Assessment Bantu Deteksi Kesulitan Belajar

Jurusan Game di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Rekomendasi universitas pertama yang memiliki jurusan game adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan game ini ditawarkan dalam Program Pascasarjana (S2). Melalui jurusan teknologi media digital dan game, kamu bisa mengambil beberapa mata kuliah. Misalnya, Game Engine Design & Development, Intelligent Game Theory, dan lainnya. 

Universitas Negeri Malang (UNM)

Selain ITB, Universitas Negeri Malang (UNM) juga menawarkan jurusan teknologi game. Berbeda dengan kampus sebelumnya, program studi Game Animasi ini berada di jenjang Diploma Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Melalui program studi ini, kamu akan diajarkan bagaimana caranya mengembangkan sebuah game

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Salah satu kampus Negeri di Surabaya ini menawarkan program studi Teknologi Permainan (Games) bagi mahasiswa jenjang S1. Jurusan Games yang berada di naungan Fakultas Teknik tersebut berfokus pada teknologi permainan dan aplikasinya. Selain program S1, ITS juga memiliki program S2 jurusan Teknologi Game buat kamu yang ingin mengembangkan e-sport di Indonesia.  

Jurusan Game di Bina Nusantara (Binus)

Tak hanya kampus Negeri, universitas swasta juga turut menawarkan jurusan kuliah yang berfokus pada game. Binus, kampus swasta bergengsi di Jakarta ini membuka program jenjang sarjana (S1), yakni Game Application and Technology (GAT). Di bawah Fakultas Ilmu Komputer, program studi ini berfokus pada game art, game design, hingga game programming.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Terakhir, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) juga memiliki program studi Informatika dengan peminatan Game Design and Development. Di bawah naungan program studi DKV, kamu akan dibekali dengan ilmu dan kemampuan untuk merancang permainan atau aplikasi pintar berbasis pada artificial intelligence.


Itulah lima universitas di Indonesia yang mempunyai Jurusan Game. Apakah ada salah satu universitas di atas yang jadi incaran kamu? Yuk, berikan komentarnya di bawah ini!

Baca juga: Tebengin.com, Inovasi Bisnis Jasa Buatan Mahasiswa IPB

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments