Budaya Investasi di Era Digital, Layanan Mudah dan Cepat!

Ilustrasi budaya investasi. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Beberapa waktu belakangan ini, platform investasi digital memang sedang booming di kalangan milenial. Kini, kegiatan investasi bukan lagi menjadi suatu hal yang asing untuk diketahui oleh mereka.

Sebab, platform digital tersebut semakin mudah ditemukan dan diunduh melalui smartphone. Selain itu, platform tersebut juga menyediakan panduan berinvestasi untuk memudahkan para penggunannya.

Proses investasi yang mudah membuat kaum milenial tertarik untuk terjun ke dunia investasi. Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi membuat aktivitas investasi bisa dijangkau secara online, mulai dari registrasi sampai transaksi investasi.

Dengan aplikasi tersebut, kita tidak perlu lagi membeli materai atau mengirim berkas secara offline. Tentunya, investasi online ini memang friendly banget untuk kaum milenial yang identik serba cepat tersebut.

Baca juga: 3 Aplikasi Investasi Emas Online, Mudah dan Tepercaya!

Tips Membangun Budaya Investasi

Reza Sukma Nugraha, S.Hum., mengatakan, pada era digital saat ini memang banyak sekali potensi dan peluang untuk mengelola keuangan. Bukan hanya mengelola, tetapi mengembangkan aset maupun keuangan.

“Dengan begitu, kita bisa mendapatkan keuntungan di masa depan yang dapat menunjang kehidupan menjadi lebih baik,” ujar dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, dikutip dari laman resmi UNS, Minggu (17/04).

Kemajuan di era digital ini, tentunya memudahkan kita untuk menciptakan budaya berinvestasi di masyarakat. Pertama, kita perlu mempelajari instrumen investasi. Caranya dengan berdiskusi bersama teman yang berpengalaman, melihat YouTube, atau mengikuti seminar tentang konten serupa.

Kemudian, memahami informasi investasi dari sumber-sumber yang kredibel. Misalnya, aktif bertanya maupun belajar kepada ahli investasi atau praktisi yang sudah berpengalaman di bidang penanaman modal.

Selanjutnya, mulai dari yang paling mudah, baik secara akses, keamanan terjamin, maupun sistem kerja investasi tersebut. Apalagi sekarang digital banking sangat banyak sekali pilihannya. Bahkan, prosesnya juga bisa dilakukan melalui smartphone sehingga tidak perlu datang ke bank.

Bukan hanya sebagai media penyimpanan uang, digital bank ini juga dilengkapi dengan layanan investasi, seperti deposito. Bahkan, beberapa juga sudah dilengkapi fasilitas tabungan emas untuk memudahkan nasabah membeli logam mulia.

Sementara itu, sebagai calon investor jangan mudah terbawa tren investasi. Misalnya, fenomena bitcoin beberapa waktu lalu yang ramai diperbincangkan. Selain itu, membangun kebiasaan berinvestasi dengan cara menyisihkan sebagian pendapatan dan tidak tergiur lantaran keuntungan saja.

“Intinya, pahami kredibilitas platformnya dengan membaca review dan mendiskusikannya. Kedua, pahami cara kerjanya. Ketiga, sesuaikan dengan kebutuhan kita dan pastikan terjamin keamanannya,” pungkasnya.


Itulah beberapa informasi terkait tips untuk membangun budaya investasi di era digital. Gimana? Tertarik untuk memulai investasi di era digital saat ini? Yuk, berikan komentarmu di bawah ini!

Baca juga: 5 Seleb Hollywood Ini Ternyata Investasi di Startup!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments