Berkat Dukungan AI, Kini Google Translate Semakin Cerdas!

Ilustrasi Google Translate semakin cerdas berkat dukungan AI. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Semakin cerdas, Google Translate kini bakal didukung oleh artificial intelligence (AI). Oleh karena itu, kualitas hasil terjemahan yang dihasilkan akan semakin meningkat alias tak lagi asal-asalan.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa janganlah sepenuhnya percaya terhadap hasil terjemahan Google Translate. Hal ini disebabkan karena adanya kekeliruan sehingga hasil terjemahan terasa kurang natural.

Kamu pun sering mengalaminya, bukan? Oleh sebab itu, hasil terjemahan dari Google Translate tak bisa asal disalin dan ditempel begitu saja. Kamu harus menyunting beberapa kata yang sekiranya lebih tepat untuk menjadi padanan sebuah kata atau kalimat tertentu dari bahasa sumber.

Tentu saja hal tersebut dilakukan karena Google Translate menerjemahkan kata dan kalimat hanya secara literal atau harfiah saja. Alat penerjemah daring ini tak serta-merta menyematkan konteks untuk sederet kata pada sebuah kalimat.

Walaupun tidak sepenuhnya salah, akan tetapi makna yang terkandung dalam sebuah kata dari bahasa sumber akan terdengar tak lazim setelah diterjemahkan ke dalam bahasa target.

Namun, seiring perkembangan teknologi Google Translate semakin canggih dan cerdas untuk membantu pekerjaan manusia. Buktinya saja, dilansir dari laman resmi Google, Google Translate akan didukung oleh kecerdasan buatan alias AI yang menghasilkan fitur-fitur baru. 

Memangnya, apa sajakah deretan fitur tersebut?

Baca juga: Wow! Google AI Bisa Ubah Teks Jadi Lagu, Saingi OpenAI?

Google Translate Menghadirkan Terjemahan Sesuai Konteks

Ditenagai teknologi AI, Google Translate tak lagi menerjemahkan kata begitu saja. Kini, tersedia opsi terjemahan yang lebih tepat sesuai dengan konteks kalimatnya.

Google melalui laman resminya pun membeberkan contoh hasil terjemahan dari kata “novel” ke dalam bahasa Prancis. Setelah kata “novel” dimasukkan, akan keluar sejumlah tiga opsi terjemahan dengan konteks yang berbeda.

Pada opsi pertama, kata “novel” diterjemahkan menjadi “roman” yang artinya tulisan fiksi. Lalu pada opsi kedua, “novel” juga bisa diterjemahkan menjadi “nouveau” yang berarti baru atau yang belum pernah ada sebelumnya. Sementara, opsi ketiga memaparkan kalau “novel” diterjemahkan sebagai “original” yang artinya adalah kualitas yang unik.

Terjemahan dalam Gambar Jadi Semakin Natural

Kemampuan menerjemahkan teks melalui gambar juga ditawarkan Google Translate berkat dukungan AI. Dengan menggunakan Google Lense, tulisan apapun dapat diterjemahkan ke dalam bahasa target yang diinginkan.

Biasanya, kemampuan ini dimanfaatkan para pelancong untuk menerjemahkan bahasa asing yang ditemuinya. Berjalan-jalan mengelilingi kota akan terasa lebih mudah dengan bantuan Google Translate untuk menerjemahkan tulisan yang tak dipahami sama sekali.

Dukungan kecerdasan buatan alias AI ini juga membuat hasil terjemahan teks dari sebuah gambar menjadi lebih natural. Dengan demikian, kamu tak akan tersesat atau salah informasi saat sedang berwisata di negri orang.

Kemampuan Google Translate yang satu ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna perangkat yang dibekali RAM 6GB ke atas. Seiring berjalannya pengembangan, pihak Google berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hasil terjemahan demi kemudahan dan kenyamanan penggunanya.

Perluasan Bahasa Hingga 33 Bahasa

Kabar menggembirakan ini dibarengi dengan wajah baru dari tampilan antar muka Google Translate yang hadir di perangkat Android. Kehadiran penampilan terbarunya pun juga menggandeng beberapa kemampuan baru. 

Pembaruan yang paling mengejutkan adalah kini Google Translate telah memperluas kemampuannya untuk menerjemahkan hingga 33 bahasa. Bahasa tambahan tersebut meliputi Bahasa Basque, Korsika, Hawaii, Hmong, Kurdi, Latin, Luksemburg, Sunda, Yiddish, dan Zulu.

Walaupun demikian, pembaruan baru ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Android. Versi iOs akan segera hadir beberapa minggu ke depan.


Perkembangan teknologi semakin memudahkan pekerjaan manusia, apalagi semuanya serba didukung oleh bantuan AI. Berkat dukungan AI pun, kini Google Translate akan semakin cerdas dan canggih untuk menerjemahkan teks dalam berbagai bahasa. Sungguh hebat, bukan?

Yuk, bagikan opinimu di kolom komentar!

Baca juga: Cara Pakai ChatGPT, Chatbot Pintar Terobosan OpenAI

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments