Banyak Ecommerce Tunjuk Artis Korea Jadi Brand Ambassador

brand ambassador ecommerce - awanapps.com
Isi Tabel

Penunjukkan brand ambassador atau duta merk dalam aktivitas promosi produk sudah menjadi hal yang lumrah, khususnya untuk ecommerce. Tujuannya jelas, untuk menarik minat masyarakat atau konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi produk yang disediakan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Maka dari itu, biasanya sosok atau pihak yang dipilih untuk menjadi brand ambassador berasal dari kalangan public figure atau selebriti. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali produk-produk yang memiliki duta merk sendiri, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: Efek Bisnis Fandom K-pop pada Ecommerce

Menariknya, seiring dengan berkembangnya Hallyu, perusahaan di Indonesia pun tak ragu-ragu untuk mengontrak artis Korea Selatan sebagai duta produk mereka. Tak terkecuali dengan beberapa ecommerce yang ternyata juga rela merogoh kocek besar demi memanfaatkan popularitas sang artis.

Namun, beberapa orang mempertanyakan mengapa ecommerce sampai berani menjadikan artis korea sebagai brand ambassador tersebut. Dan apakah langkah ini benar-benar berhasil untuk mendongkrak reputasi dan keuntungan perusahaan?

Sejarah Singkat Demam Korea di Indonesia

Demam Korea atau Hallyu sendiri sebenarnya sudah muncul di Indonesia sejak tahun 2000-an. Mulanya adalah drama Korea yang tayang di televisi nasional. Salah satunya yang masih membekas di ingatan masyarakat hingga saat ini adalah Boys Before Flowers yang dibintangi Lee Min Ho. Memasuki tahun 2009, industri hiburan Korea Selatan kembali menggegerkan dunia. Namun kali bukan dari bidang perfilman, melainkan musik. Lagu Korean pop pertama yang ramai di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia adalah Sorry Sorry dilantunkan oleh Super Junior.

Baca juga: Wajib Ditonton! Drama Korea Ini Menginspirasi Kamu Untuk Memulai Bisnis

Seiring berjalannya waktu, musik K-pop dan serial drama Korea semakin banyak bermunculan dan berkembang sangat pesat. Blackpink, BTS, 2NE1, TWICE, dan lain-lain adalah deretan boyband dan girlband yang saat ini sedang hit. Sementara dari drama Korea, terdapat beberapa judul yang sangat popular karena kualitasnya. Diantaranya seperti Hospital Playlist, The World of The Married, Itaewon Class, dan teranyar adalah Start Up.

Boomingnya drama Korea dan K-pop pun membuat penggemar mereka di Indonesia semakin banyak. Mengutip dari laman idntimes.com, Global Head of Kpop Partnerships Twitter membeberkan Indonesia menempati urutan ketiga dengan tweet terbanyak tentang K-pop. Warganet media sosial burung biru itu mengungguli Filipina dan Amerika Serikat, hanya kalah dari Thailand dan Korea Selatan. Tak heran bila hal ini dimanfaatkan sejumlah ecommerce untuk menjadikan artis korea sebagai brand ambassador.

Artis Korea Jadi Brand Ambassador ecommerce?

Merujuk sejarah singkat tersebut, rasanya tidak mengherankan jika ecommerce di Indonesia memutuskan untuk menunjuk artis Korea Selatan menjadi brand ambassador.

Shopee adalah ecommerce pertama yang melakukan hal tersebut, tepatnya pada tahun 2018. Kala itu, ecommerce ini menggandeng Blackpink jadi duta merk di negara Asia Tenggara dalam rangka hari belanja online nasional (harbolnas). Hasilnya, berdasarkan data dihimpun Katadata.com dari iPrice, Shopee berhasil meraup sedikitnya 12 juta transaksi. Di mana 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Platform Shopee juga mengalami peningkatan luar biasa. Lebih dari 48 juta pengguna mengunjungi platform mereka. Dalam tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah pengunjung. Keberhasilan itu pun diteruskan Shopee dengan mengundang idol group K-pop lainnya seperti Red Velvet, GFriend, GOT7 dan Straykids. Hingga saat ini, Shopee menjadi ecommerce nomor satu di Indonesia.

Ecommerce Lain Mengikuti Jejak Keberhasilan

Tokopedia yang menggaet BTS jadi brand ambassador pada 2019 lalu, jumlah kunjungan platform mereka juga meningkat. Ecommerce inipun turut mengadakan festival Waktu Indonesia Belanja (WIB) pada Juli lalu dengan menghadirkan BTS sebagai bintang tamu. Tokopedia berhasil meraup lebih dari 10 juta views di channel Youtube resmi Tokopedia.

Baca juga: BRI Ventures Luncurkan Serial Soal Startup, Apakah sama dengan Drama Korea ”Start-Up”?

Tak mau kalah, Lazada juga mengikuti tren dengan mendatangkan artis Korea. Bedanya, ecommerce ini justru memilih untuk menunjuk aktor terkemuka, yaitu Lee Min Ho sebagai regional brand ambassador di Asia Tenggara. Bintang Boys Before Flowers itu ditunjuk untuk meramaikan dan mengajak masyarakat berbelanja di Lazada pada event 11.11 dan harbolnas 12.12.

Sementara Blibli jadi ecommerce teranyar yang memanfaatkan artis Korea untuk senjata promosi utama. Blibli menjadikan aktor Park Seo-Joon sebagai brand ambassador. Berdasarkan siaran pers yang dipublikasikan di pressrelease.kontan.co.id, kehadiran aktor drama Korea Itaewon Class itu ternyata meningkatkan penjualan produk. Khususnya produk kategori snack, makanan, dan minuman khas Korea empat kali lipat lebih banyak.


Kini, kamu tahu kalau penunjukkan artis Korea sebagai brand ambassador ternyata cukup ampuh dan berhasil meningkatkan keberhasilan ecommerce. Dengan begini, rasanya tahun 2021 kamu masih akan tetap mendapati deretan artis Negeri Ginseng jadi duta merk ecommerce kesayangan kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments