Alasan Bekerja di Startup Baik Untukmu

bekerja di startup - awanapps.com
Isi Tabel

Buat kamu yang masih bingung mencari pekerjaan, bekerja di startup bisa menjadi salah satu solusi nih buat kamu. Di era sekarang ini, perusahaan start up di Indonesia memang sangat pesat sekali pertumbuhannya. Sehingga, banyak perusahaan startup yang muncul, dan membuka banyak peluang kerja baru yang bisa kamu cobain. 

Banyak dari anak muda yang hanya terpaku ingin bekerja di perusahaan besar yang bonafide saja. Bekerja di startup hanya dipandang sebelah mata. Mereka menganggap jika bekerja di perusahaan besar akan jauh lebih aman dan menjanjikan untuk karir mereka.

Tak bisa kita pungkiri, setiap tempat kerja pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi sebagai generasi muda, kamu pun harus open minded terhadap semua pilihan dan tidak hanya terpaku pada satu pilihan saja. 

Baca juga: Ini Dia! Fakta Menarik Saat Bekerja di Perusahaan Startup

Bekerja di startup pun juga nggak kalah menjanjikan loh untuk karir kamu. Bahkan ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan nih jika bergabung dengan perusahaan startup. Hal ini tentu saja nggak akan kamu dapatkan di perusahaan besar. 

Penasaran nggak sih, maksud dari kelebihan seperti yang disebutkan di atas? Berikut nih kelebihan-kelebihan yang akan kamu dapatkan jika kerja di perusahaan startup, yang bisa membantu perjalanan karir kamu.

Lingkungan yang penuh inovasi dan kreatifitas

Startup memang terkenal sebagai perusahaan yang kaya akan kreativitasnya. Perusahaan startup kini sudah banyak di Indonesia. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus selalu memiliki ide yang kreatif supaya tidak kalah dari lainnya. 

Image by Free-Photos from Pixabay

Jadi nggak heran nih kalau lingkungan pekerjaan disini selalu dipenuhi oleh ide-ide dan inovasi. Hal itu pun semakin didukung dengan para karyawannya yang biasanya merupakan anak muda dari generasi milenial dan generasi Z. Karena rentang usianya tidak jauh, jadi lingkungan kerjanya pun jadi lebih nyaman nih, untuk dibuat diskusi saling bertukar pikiran. 

Untuk melatih ide kreatifitas, perusahaan startup pun sering memberikan tantangan yang menarik loh untuk karyawannya. Sehingga karyawannya pun jadi bisa lebih menggali potensi yang ada pada dirinya. 

Bekerja di Startup Memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang

Perusahaan startup selalu mengalami perkembangan, dengan selalu memperbarui ide yang mereka punya. Karena hal tersebut, karyawannya pun diberikan kesempatan yang besar untuk berkontribusi dalam berkembangnya perusahaan startup ini. 

Kontribusi karyawan yang dilakukan bisa dalam bentuk menyampaikan ide-ide baru. Dan yang paling penting adalah para karyawannya juga diberi kesempatan untuk bisa terlibat dalam proyek-proyek penting perusahaan. Dari hal-hal itulah, kamu bisa belajar banyak, dan mendapatkan banyak ilmu baru, yang bisa meningkatkan kemampuanmu.

Baca juga: Yuk, Kepoin Gaji Startup Tersohor di Indonesia

Selain itu, dalam perusahaan startup, founder dan CEO pasti akan turun langsung dalam menangani perusahaan. Sehingga, mereka pun pasti sering berkomunikasi dengan para karyawannya. Hal ini, bisa kamu jadikan kesempatan nih untuk mendapat ilmu baru dari mereka.

Hasil kerja akan selalu diakui dan dikenal

Jumlah karyawan di startup pasti tidak sebanyak perusahaan besar lainnya. Hal itu menyebabkan, setiap pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawannya pasti akan terpantau, baik itu berhasil ataupun gagal. 

Jika mengalami kegagalanpun kamu tidak perlu khawatir, karena tim akan mendiskusikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itru, dilakukan pula evaluasi secara berkala agar supaya kesalahan serupa tidak akan terjadi lagi kedepannya. Dan jika kamu berhasil, pekerjaanmu pun pasti akan diakui.

Bekerja di Startup Menanamkan nilai kerja keras

Di era sekarang ini, persaingan antar perusahaan startup memang tidak bisa dihindari. Para karyawan di startup pun selalu ditanamkan nilai kerja keras. Hal ini karena tanpa kerja keras mereka perusahaan pun bisa kalah saing dengan perusahaan lainnya. 

Baca juga: Rahasia Kerja di Startup, Gak Selalu Menyenangkan!

Ketika kamu bekerja di startup, kamu akan sering dihadapkan dengan target dan deadline. Sehingga kamu pun harus memiliki tekad yang kuat, karena kamu akan dibiasakan untuk bekerja keras. Kerja keras yang ditanamkan oleh startup, bisa kamu jadikan kesempatan untuk melatih skill kamu. 

Menambah nilai plus dalam portofolio

Jika kamu pernah bekerja di startup, saat ingin mendaftar kerja di perusahaan lain, pasti kamu akan lebih dilirik. Hal itu dikarenakan pelamar yang pernah bekerja di startup, pasti terkenal memiliki ide yang inovatif dan memiliki kinerja yang bagus.  

Maka jangan heran, kalau startup sangat cocok dijadikan sebagai tempat kerja pertamamu. Perusahaan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai langkah pengembangan diri, dan untuk perjalanan karirmu kedepannya.


Jika kamu suka tantangan, maka bekerja di startup merupakan pilihan yang tepat nih buat kamu. Pilih profesi dan startup yang tepat untuk membantu perjalanan karirmu kedepannya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments