5 Keunggulan Model Bisnis E-Commerce

keungggulan e-commerce - awanapps.com
Isi Tabel

Setujukah kamu, di masa serba digital seperti ini lebih baik memilih bisnis e-commerce dibandingkan konvensional? Mengingat sangat mudah memanfaatkan internet untuk akses segala hal tentu menjadi penegas bahwa bisnis e-commerce memiliki banyak keunggulan. Dengan perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin cepat, tentu bisnis konvensional perlahan mulai berkurang dan lebih memilih e-commerce. Namun, memang tidak sedikit juga yang masih hanya mengandalkan cara bisnis konvensional.

Bagi yang menerapkan bisnis konvensional pasti memiliki berbagai macam alasan. Diantaranya seperti rasa khawatir karena tidak bertemu secara langsung dengan produk. Namun semua permasalahan pemakaian e-commerce hanya soal kebiasaan perilaku bisnis dan edukasi yang kurang dalam memanfaatkan teknologi.

E-commerce sendiri memiliki arti sederhana nya yaitu segala bentuk kegiatan jual beli dengan menggunakan media elektronik. Nah, berikut 5 alasan untuk yang akan mengubah pikiranmu untuk memilih bisnis e-commerce.

Keunggulan E-commerce, Jangkauan Luas

Alasan pertama yang paling dirasakan dari perbedaan model bisnis e-commerce dengan konvensional yaitu, jangkauan pasaran. Model bisnis konvensional tentu sangat terbatas, dibandingkan e-commerce. Siapapun yang ingin membeli harus datang ke tempat penjualan dalam melakukan sebuah transaksi, itu konvensional. Berbeda dengan bisnis e-commerce, dimana semua orang bisa melakukan transaksi darimanapun.

Hemat waktu dan tenaga

Karena semua sudah bisa diakses melalui teknologi , tentu tidak perlu repot-repot datang ke toko untuk melakukan transaksi. Sekarang kamu hanya mencari berbagai macam hal yang kamu butuhkan melalui handphone, setelah cocok bisa langsung melakukan transaksi.

Baca juga: Tips Berjualan Supaya Untung Di Ecommerce

Tidak ada waktu adn tenaga yang terbuang sia-sia dalam melakukan pencarian sampai proses transaksi jual beli. Itu semua tentu alasan kuat beberapa customer dalam memilih melakukan transaksi jual beli dengan e-commerce , khususnya di Indonesia.

Keunggulan E-commerce, Metode Pembayaran yang Beragam

Ketika kamu sudah beralih untuk menggunakan model bisnis e-commerce, ada beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan. Salahsatunya metode pembayaran yang beragam. Dengan beragamnya metode pembayaran, customer akan lebih mudah dalam melakukan sebuah transaksi pembelian di toko online yang kamu miliki.

Baca juga: Tips Membedakan Barang Palsu Ketika Berbelanja Online

Untuk contoh marketplace yang memiliki metode pembayaran yang beragam yaitu, Shopee. Buat kamu pelanggan setia Shopee, tentu akan merasakan beberapa layanan metode pembayaran yang diberikan. Diantaranya melalui kartu kredit / debit online, transfer bank, Indomaret, ShopeePay, Alfamart, SPayLater, OneKlik (BCA), Kredivo, dan masih banyak lagi.

Berbelanja kapan saja waktu tidak terbatas

Untuk alasan memilih model bisnis e-commerce dibandingkan konvensional yaitu, customer bisa berbelanja kapan saja dan waktu yang tidak terbatas. Dengan model bisnis e-commerce, kamu bisa memesan kapan saja mau pagi atau malam dan dimana saja tidak ada batasan. Walaupun memang yang perlu digaris bawahi adalah proses pengurusan pemesanan tetap saja menyesuaikan jam masing-masing toko yang kamu pesan.

Selain bagi customer, keunggulan ini juga dapat dirasakan bagi kamu yang hanya memaksimalkan model bisnis e-commerce. Dengan hanya memanfaatkan toko online, kamu tentu bisa buka kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan handphone dan koneksi internet yang stabil

Adanya komunikasi dua arah

Marketplace di Indonesia sudah memberikan pelayanan komunikasi bagi pembeli terhadap penjual. Oleh karena itu, sudah tidak ada alasan lagi untuk khawatir adanya miskomunikasi apabila melakukan transaksi jual beli dengan media elektronik. Semua sudah disiapkan oleh beberapa marketplace, dan masing-masing bisnis e-commerce yang menggunakan website.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments