Tips Membedakan Barang Palsu Ketika Berbelanja Online

membedakan barang palsu - awanapps.com
Isi Tabel

Belanja secara online sudah menjadi kebutuhan banyak orang di era digital. Belanja online dinilai lebih praktis dan terkadang kamu bisa mendapatkan banyak diskon, dan bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah. Namun hati-hati, jumlah barang palsu yang beredar juga bertambah setiap hari. Dari smartphone palsu dengan layar yang lebih tipis hingga tasĀ tiruan yang juga dibuat dengan kulit asli. Oleh sebab itu pending untuk kamu mengetahui cara membedakan barang palsu saat berbelanja online.

Belanja online juga tidak menjamin kamu bebas dari resiko. Misalnya untuk membedakan produk asli dan palsu yang cukup sulit hanya dengan melihat gambar produknya saja. Sangat sulit untuk mengenali barang-barang palsu dan tiruan itu. Karena banyak di antaranya dibuat dengan minim atau bahkan tidak ada perbedaan.

Baca Review Produk yang Mau Dibeli

Baca review produk sudah jadi hal yang wajib sebelum membeli suatu produk disebuah toko online. Dengan membaca review produk, kamu bisa mengetahui lebih banyak tentang produk tersebut. Misalnya kelebihan dan kekurangannya, kamu akan mengetahui detail produk dari orang yang sudah pernah membeli produk dari toko tersebut. Tidak musatahil pula kamu dapat membedakan barang palsu atau asli dari review yang tertera.

Baca juga: Hapus Barang Ini dari Daftar Belanja Online-mu!

Dari review tersebut kamu juga dapat mengetahui pelayanan toko, kecepatan toko dalam menanggapi chat dan komplain pelanggan, dan sebagainya.

Jangan Percaya Harga Murah

Kamu harus lebih waspada jika kamu melihat produk yang harganya jauh di bawah harga normal. Biasanya para penjual produk palsu memanfaatkan orang-orang yang gampang tergiur dengan harga murah. Mereka juga memanfaatkan tipe konsumen yang langsung membeli tanpa mau tahu apakah produk tersebut asli atau palsu.

Kamu juga bisa melihat produk lainnya di toko online tersebut. Bisa jadi harga yang ditawarkan memang betul-betul murah karena toko tersebut distributor atau melayani grosir.

Membedakan Barang Palsu dari Logo dan Kemasan

Memperhatikan logo dan kemasan dengan seksama dapat menjadi solusi yang sangat tepat sebelum kamu membeli sebuah barang. Karena selain merugikan secara harga dan kualitas barang, ada beberapa barang yang jika dipalsukan dapat membahayakan si pembeli contohnya gadget.

Gadget palsu tidak hanya berkualitas buruk, tetapi juga bisa membahayakan keselamatan dari si pembeli. Biasanya gadget palsu dibuat tidak melalui pengujian atau sertifikasi yang tepat. Itulah sebabnya mengapa gadget yang palsu akan memiliki logo yang sedikit kotor atau miring. Kamu bisa meminta si penjual mengambil gambar barang yang kamu ingin beli secara langsung. Pastikan juga sistem yang digunakan gadget sesuai.

Baca juga: Kenali Penipuan di Ecommerce, Belanja Online Lebih Aman

Jika barang yang kamu beli adalah sepatu atau pakaian, pastikan logo, garis model pakaian sesuai dengan yang asli. Karena terkadang barang palsu memiliki banyak sekali cacat pada garis model atau corak.

Membedakan Barang Palsu dari Foto Produk

Sebelum melakukan pembayaran, ada baiknya kamu meminta foto produk secara langsung kepada penjual. Meminta foto produk secara langsung yang dimaksud adalah kita harus meminta foto produk yang sebenarnya. Bukan hanya yang dipajang di iklan. Mintalah penjual mengambil gambar produk secara detail, seperti memfoto logo, label merek, dan juga kemasan yang akan dikirimkan nanti.

Hanya Belanja di Toko Online yang Terpercaya

Gunakan toko online yang sudah memiliki banyak review, atau banyak di rekomendasikan oleh banyak pembeli. Terkadang membeli barang di toko online yang sudah memiliki nama memang sedikit lebih mahal. Tetapi akan setimpal dengan kualitas barang yang kamu beli nantinya, dan tentu saja akan terhindar dari barang KW atau palsu.


Nah, diatas adalah beberapa Tips Membedakan Barang palsu Ketika Berbelanja Online, berhati-hatilah dalam membeli barang lewat aplikasi toko online. Karena ada beberapa barang yang sangat berbahaya jika kamu mendapatkan barangĀ  yang palsu seperti, bedak bayi, kosmetik, dan obat-obatan. Akan sangat berbahaya bagi Kesehatan jika kamu salah membeli produk tersebut. Jadi, hati-hati ya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments