5 Aplikasi To-Do List, Bantu Mahasiswa Jadi Lebih Produktif!

Ilustrasi aplikasi to-do list untuk mahasiswa produktif. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Lazimnya penggunaan media sosial yang bisa diakses melalui smartphone membuat banyak orang termasuk mahasiswa jadi lupa waktu. Tanpa disadari, waktu yang dihabiskan membuat mereka menjadi kurang produktif. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan aplikasi to-do list untuk meningkatkan time management.

Aplikasi to-do list sendiri merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur jadwal harian, bahkan mingguan. Dengan demikian, kamu bisa merencanakan kegiatan produktif yang ingin dilakukan dengan menandai waktu dan tanggal pada aplikasi.

Kehadiran aplikasi ini tentu memudahkan mahasiswa untuk menyusun rencana dan mengetahui jadwal mereka. Dengan begitu, mereka tak lagi kebablasan bermain media sosial seharian penuh.

Lalu, apa sajakah aplikasi to-do list tersebut? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

Baca juga: 3 Aplikasi Penghasil Uang, Cocok untuk Mahasiswa

Aplikasi To-do List: Notion

Notion merupakan aplikasi berbasis cloud yang dapat digunakan oleh lebih dari satu orang atau kelompok untuk menunjang produktivitas. Aplikasi ini dapat bekerja secara real-time sehingga kamu bisa mengerjakan dokumen yang sama dengan perangkat yang berbeda.

Selain itu, kamu juga bisa membuat ruang kerja bersama dengan temanmu sehingga dapat mengerjakan proyek yang sama secara bersamaan. Di sana, kamu bisa merencanakan aktivitas yang ingin kamu kerjakan dan membuat kalender untuk kegiatan penting.

Selain itu, ada pula board untuk melacak pekerjaan yang masih belum dikerjakan. Dengan menggunakan Notion, dijamin manajemen pekerjaanmu jadi lebih tertata.

Forest

Kemudian, ada aplikasi bernama Forest yang juga dapat menunjang aktivitasmu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat to-do list yang dikemas dengan visualisasi dan konsep yang menarik.

Kamu bisa menandai aktivitas yang telah direncanakan atau dilakukan dengan menanam benih tanaman secara virtual. Semakin produktif, maka semakin subur tanaman yang telah kamu rawat di Forest.

Pertumbuhan tanaman dapat diketahui berdasarkan data statistik produktivitas kamu yang tercatat di aplikasi. Ada beberapa kategori statistik produktivitas yang ditinjau berdasarkan “focused time distribution”, “most focused periode of the day”, dan masih banyak lagi.

Keseruan menggunakan aplikasi to-do list ini tak hanya sampai situ saja. Kamu akan mendapatkan koin dari Forest yang dapat disimpan untuk menanam pohon sungguhan di tanah Afrika. Hal ini dilakukan karena aplikasi ini bekerja sama dengan Trees for the Future yang telah menanam lebih dari 703.000 pohon hingga saat ini.

Microsoft To Do

Sesuai namanya, Microsoft To Do merupakan aplikasi manajemen tugas berbasis cloud besutan raksasa teknologi Microsoft. Mulanya, aplikasi ini bernama Wunderlist yang kemudian dibeli pada tahun 2015.

Aplikasi ini sangat berguna untuk membantu mengelola rencana kegiatan, atau aktivitas lainnya yang harus dilakukan. Terintegrasi dengan sistem Microsoft, aplikasi ini tentu memiliki keunggulan dari yang lainnya. Contohnya, kegiatan apapun yang ditandai di Outlook secara otomatis akan tercatat sebagai tugas di Microsoft To Do.


Itulah aplikasi to-do list yang dapat digunakan untuk menunjang produktivitas. Daripada bermain media sosial seharian, lebih baik rencanakan kegiatan positif dengan bantuan deretan aplikasi di atas. Selamat mencoba!

Baca juga: Tempat Sampah Berbasis Mikroba Karya Mahasiswa UGM

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments