Cara Mengetik dengan Suara Pakai Aplikasi Speechnotes

Ilustrasi cara mengetik dengan suara pakai aplikasi Speechnotes. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Pernahkah ketika mengikuti seminar online maupun offline namun kamu malas mencatat materinya? Jika iya, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengetik hanya pakai suara dengan menggunakan aplikasi Speechnotes.

Speechnotes sendiri merupakan aplikasi notepad online yang membantumu untuk mengetik teks berdasarkan ucapan seseorang. Jadi, kamu tinggal fokus saja mendengarkan materi yang diberikan saat seminar berlangsung. Jika di kemudian hari kamu ingin melihat rangkumannya, tinggal buka saja catatan yang terekam dalam bentuk teks berkat Speechnotes.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara mengetik hanya pakai suara dengan menggunakan aplikasi Speechnotes? Langsung saja, simak caranya berikut ini!

Baca juga: Mau Record Video Zoom Meeting? Ikuti Caranya Berikut Ini!

Cara Mengetik dengan Suara Pakai Speechnotes

Sebelumnya, kamu harus mengunduh aplikasi Speechnotes yang terdapat di Play Store. Jika aplikasi sudah terpasang, ayo ikuti cara mengetik dengan suara pakai Speechnotes di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Speechnotes, kemudian tekan ikon mikrofon. Setelah itu, aplikasi mulai merekam pembicaraan yang sedang dibahas pada seminar.
  2. Apa yang terdengar akan diketik secara otomatis dan langsung ditampilkan pada halaman notes.
  3. Setelah seminar berakhir, kamu bisa mengirimkan catatan tersebut melalui pesan teks dengan klik ikon pesawat. Lalu, pilih kontak yang ingin kamu kirimi teks tersebut.
  4. Selain itu, kamu pun bisa menyimpan catatan tersebut ke beberapa aplikasi lainnya seperti kalender, sticky notes, dan opsi lainnya.

Kamu pun bisa merekam perkataan dalam bahasa dari berbagai negara. Atur terlebih dahulu dengan klik ikon bendera negara berdasarkan bahasa yang ingin digunakan untuk mengetik perkataan yang didengar. Ada beberapa bahasa yang tersedia pada aplikasi Speechnotes, yaitu sebagai berikut:

  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Perancis
  • Bahasa Italia
  • Bahasa Rusia
  • Bahasa Korea
  • Bahasa Jepang

Namun, kamu harus mengunduh terlebih dahulu bahasa yang ingin kamu pilih. Caranya adalah:

  1. Pertama, buka menu yang ada di sebelah kiri layar.
  2. Kemudian, klik ikon garis tiga. Kemudian, scroll ke bawah hingga menemukan menu Go Offline > Download Language
  3. Dowload seluruh bahasa jika kapasitas memorimu masih lega. Namun, jika tidak memungkinkan, pilih bahasa manapun yang sekiranya paling sering digunakan sehari-hari.
  4. Setelah itu, aplikasi Speechnotes sudah siap digunakan untuk mengetik teks dengan suara!


Itulah bagaimana cara mengetik dengan suara menggunakan aplikasi Speechnotes. Dengan demikian, kamu bisa tetap fokus mendengarkan materi yang disampaikan saat seminar dan tetap mencatat apa yang telah disampaikan. Semoga membantu, ya!

Baca juga: Zoom Bisa Meeting Pakai Avatar Manusia Versi Kartun!

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments