Tips Meracik Masker Herbal untuk Kulit Kombinasi!

Ilustrasi masker herbal. (Sumber: Tribunnews)
Isi Tabel

Banyak orang yang mendambakan sebuah kecantikan dan kulit yang sehat pada bagian wajahnya. Masker sebagai salah satu produk kecantikan yang dipercaya dapat membuat kulit lebih sehat, bersih, dan bersinar.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yunita Intan Ryandini, A.Md. Farm., tenaga ahli kesehatan kecantikan Materia Medica Batu. Ia juga membagikan cara pembuatan masker alami yang aman bagi wajah dengan kulit kombinasi.

“Sebab, kini banyak produk kecantikan yang beredar di pasaran mengandung merkuri tinggi,” ungkapnya, dikutip dari laman resmi Unair.

Untuk menghindari hal tersebut, Yunita pun membagikan tips pembuatan masker herbal yang dapat dilakukan di rumah. Dengan begitu, kita dapat terhindar dari produk kecantikan yang memiliki kandungan merkuri.

Jadi, penasaran dengan proses pembuatannya? Yuk, simak tips meracik masker herbal berikut ini!

Baca juga: Sanca Shoe Cleaner, Sabun Sepatu dari Bahan Alami

Alat

Untuk membuat masker herbal ini, kita perlu menyiapkan beberapa alat. Mulai dari baskom stainless besar, ayakan 200 mesh, sendok, timbangan digital, dan baskom kecil. Bila semua alat telah disiapkan, kita perlu semprotkan terlebih dahulu menggunakan dengan alkohol 96% agar steril.

Bahan-bahan masker herbal

Selanjutnya, bahan yang dibutuhkan untuk kulit kombinasi ini adalah serbuk gandum (15 gr), kaolin (10 gr), serbuk teh hijau (5 gr), dan tepung beras (10 gr). Bahan-bahan ini diformulasikan karena memiliki berbagai manfaat bagi kulit wajah.

Gandum memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Sementara itu, tepung beras berfungsi untuk menstimulasi regenerasi kulit, antioksidan, anti-aging atau penuaan dini.

“Berbeda dengan teh hijau yang berfungsi meredakan jerawat, mengatasi mata panda, dan anti inflamasi. Kemudian, kaolin digunakan sebagai pengental masker,” imbuhnya.

Cara membuat

Pertama, seluruh bahan yang telah ditimbang takarannya tersebut diayak menggunakan ayakan 200 mesh. Tekstur bahan masker harus halus, sebab bila masih kasar akan berpotensi iritasi bagi kulit. Namun, sebenarnya sisa bubuk yang masih kasar bisa dijadikan sebagai lulur atau scrub.

Selanjutnya, semua bahan yang telah halus tersebut dicampurkan ke dalam baskom besar. Kemudian, bahan tersebut diaduk hingga merata menggunakan sendok pengaduk. Lalu, sisihkan sedikit bahan tersebut ke dalam baskom kecil dan teteskan essential oil sebanyak 0,5 ml.

“Kemudian, bahan yang di baskom kecil itu juga diaduk. Sedikit bahan tersebut dipisahkan ke dalam wadah kecil agar lebih mudah diaduk,” terangnya.

Langkah ketiga, kita dapat meletakkan serbuk pada wajah atau loyang di bawah LAF (Sinar UV) selama 30 menit. Terakhir, masukan bahan tersebut ke dalam wadah masker atau pot masker dan ditutup rapat.

Yunita menambahkan, bahwa prosesnya tidak sampai di situ saja. Namun, masker yang telah dibuat tersebut harus melewati uji mutu masker terlebih dahulu. Misalnya, kadar air dalam bubuk masker tidak boleh lebih dari 10%.

“Selain itu, ada juga uji stabilitas pH berkisar 4-8. Ada pula uji organoleptik yang meliputi kehalusan, warna, bau, dan bentuk,” pungkasnya.


Itulah tips meracik masker herbal yang cocok untuk kulit kombinasi. Dengan membuat masker sendiri, kamu dapat terhindar dari merkuri dan zat berbahaya lainnya yang berasal dari masker abal-abal. Tunggu apalagi, yuk mulai bikin masker herbalmu sekarang!

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Sindrom Peter Pan pada Pria Dewasa

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments