Tips Belanja Online Menurut Para Ahli

tips belanja online - awanapps.com
Isi Tabel

Belanja online menjadi banyak sekali diminati dengan masyarakat karena yang sangat membantu untuk tetap memenuhi kebutuhan rumah selama pandemi. Walaupun kenyamanan yang diberikan dari berbelanja online, kalian harus tahu tips and trick-nya untuk bisa lebih aman ketika memilih belanja lewat media online yaa.

Tips Belanja Online Menurut Ahli

Dari Chief Customer Care Officer Lazada Ferry Kusnowo memberikan 3 tips agar masyarakat dapat berbelanja online dengan aman dan nyaman. 

Menentukan Barang yang ingin dibeli

Tips pertama adalah yang harus diperhatikan adalah sebelum berbelanja online harus bisa menentukan barang apa yang ingin dibeli. Lalu ketahui juga apakah harga yang diberikan itu wajar atau tidak. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan besaran anggaran sebelum membeli barang agar tidak boros.

Selain itu, dia bilang apabila ada promo yang ditawarkan, penting sekali masyarakat memperhatikan syarat dan ketentuan promo tersebut. Sebab setiap promo yang digelar memiliki syarat dan kententuan yang berbeda-beda serta memiliki batas waktu. Mekanisme untuk mendapakan promo tersebut pun juga penting diperhatikan.

Memperhatikan Detail

Kedua adalah memperhatikan detail pada saat berbelanja secara online. Masyarakat atau konsumen harus melakukan perbandingan antara harga toko atau penjual sebelum membeli barang. Lalu, diperhatikan juga dari ulasan atau review dari yang sudah membeli produk tersebut.

Mengingat Estimasi Pengiriman Barang

Tips ketiga yang harus diperhatikan ketika belanja online adalah konsumen harus memastikan dan mengingat kapan tanggal perkiraan barang diantar.

Ketika sudah mengetahui bagaimana tips and trick-nya dan konsumen sudah mendapatkan barang yang butuhkan atau yang diinginkan, Chief Customer Care Officer Lazada Ferry Kusnowo menyaranlan untuk membuat video barang yang sudah diterima sebagai bukti agar barang tersebut bisa dikembalikan dan ditindaklanjuti apabila barang tersebut rusak atau cacat.

Baca juga: 6 Tips Anti Zonk Saat Berburu Diskon di Ecommerce

“Jadi ketika barang yang kita beli rusak kita bisa komplen dengan menunjukan bukti foto atau video tersebut. Lalu jangan lupa juga untuk membantu pelangan lain dengan memberikan ulasan,” jelas dia.

Nah itu adalah tips and trick dari Chief Customer Care Officer Lazzada Ferry Kusnowo. Lalu apa lagi sih yang harus diperhatikan untuk berbelanja online agar mendapatkan barang yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Tips Terhindar dari Kekecewaan saat Belanja Online

Ada tips lagi nih dari Dr. Megawati Simanjuntak, SP., M.Psi,. selaku Dosen Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen. Ia mengatakan sebagai konsumen harus mempunyai strategi agar tidak mengalami kekecewaan karena membeli barang yang tidak sesuai dengan uang diinginkan. Berikut tiga tips belanja online aman dan cerdas.

Beli sesuai kebutuhan

Yaps. Kita harus mengerti yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Hal ini tentu saja dilakukan agar menghemat dan juga tepat sasaran dengan apa yang kita beli, jadi tidak mubazir.

Tips belanja online dengan memilih seller reputasi baik

Selain memilah barang yang dibutuhkan, sebagai konsumen kita juga harus cerdas untuk memilih penjual yang memiliki reputasi baik. Bisa lihat dari ulasan para konsumen yang sudah pernah berbelanja.

Tips belanja onlineteliti membaca deskripsi produk

Konsumen juga wajib banget membaca dengan teliti deskrpsi produk agar bisa lihat kondisi fisik barang yang diinginkan. Baca deskripsi soal kualitis, kuantitas, bahan, warna, ukuran, dan lain-lainnya.


Di jaman digital ini, adalah hal biasa saat kita bisa melakukan dan mendapatkan apapun yang kita mau dengan media online. Seperti kita mau belanja online untuk membeli produk yang kita sedang butuhkan atau yang kita inginkan. Terlebih lagi sejak adanya pandemi ini dan menuntut masyarakat untuk di rumah aja, membuat aktivitas masyarakat terbatas. Masyarakat harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru yang hampir semua kegiatan dilakukan dari rumah aja.

Nah itu adalah tips and trick untuk belanja online. Soo… belanjalah dengan bijak ya, agar kebutuhan terpenuhi dan semua keuangan terkendali juga. Berbelanja online memang mudah dan praktis, tetapi sebagai konsumen yang bijak harus bisa mengatur dengan baik agar tidak mubazir. Lalu selain bijak dalam membeli, jangan lupa untuk selalu perhatikan tips sebelum berbelanja online ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments