6 Tips Anti Zonk Saat Berburu Diskon di Ecommerce

tips berburu diskon - awanapps.com
Isi Tabel

Siapa yang suka diskon? Ayo, sini angkat tangan! Pasti hampir sebagian besar orang menyukai kalau mendengar kata “diskon”. Berburu diskon selalu menyenangkan karena kita dapat membeli produk idaman dengan harga yang miring. Apalagi jika ditambah dengan promo lain dari ecommerce kesayangan Anda, dijamin mantul banget kan? 

Sayangnya, tidak semua orang pernah merasakan mujur ketika mendapat diskon. Ada yang beruntung, ada juga yang zonk. Untuk mencegah hal itu terjadi, disini saya akan membagikan tips agar tidak apes saat berburu diskon di ecommerce kesayangan Anda. 

Cek Toko yang Menjual barang Tersebut

Sangat penting untuk memeriksa toko yang akan kita beli barangnya. Perhatikan beberapa pertanyaan ini yang akan menuntun Anda: Apakah toko tersebut memiliki reputasi yang baik? Apakah toko tersebut berdiri sudah lama atau baru berdiri? Apakah toko tersebut tergolong star seller atau bukan? 

Baca juga: 7 Jenis Produk Terlaris Ecommerce 2020

Jika Anda sudah dapat menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut, silahkan Anda memutuskan untuk membeli barang di toko tersebut atau tidak. Jika Anda ragu, pindah saja ke toko yang lain agar tidak kecewa nantinya. 

Tips Berburu DIskon, Utamakan Kualitas

Barang yang ingin kita beli pastinya harus yang berkualitas. Harga terkadang memang agak mahal tapi kualitasnya bagus tidak apa apa. Kebanyakan barang yang didiskon adalah barang yang memiliki kualitas agak cacat. 

Baca juga: Hapus Barang Ini dari Daftar Belanja Online-mu!

Tingkat kecacatannya pun berbeda beda misalnya untuk produk skincare, produk akan kadaluarsa dalam waktu dekat, packaging penyok. Untuk baju, warnanya pudar atau terdapat noda noda sampai ada jahitan kurang rapi. Teliti dalam melihat gambar yang dipajang penjual dan baca baik baik deskripsi produk. 

Cek harga asli sebelum diskon di toko lain

Terkadang harga produk idaman yang akan kita beli dirasa mahal. Maka dari itu menunggu diskon adalah cara jitu untuk memiliki barang impian. Kendati begitu, tidak ada salahnya Anda mengecek harga asli produk tersebut di toko sebelah. 

Bisa jadi di toko yang Anda incar sengaja mematok harga tinggi. Padahal setelah diskon harga tersebut sama dengan harga di pasaran. Ini adalah salah satu strategi marketing yang kadang digunakan oleh beberapa penjual. Anda tidak mau kan mendapat harga murah tapi ternyata itu harga normal? 

Tips Berburu Diskon, Cek Originalitas Produk

Tips berburu diskon selanjutnya adalah cek originalitas produk. Sebagai konsumen pasti inginnya membeli barang original. Zaman sekarang banyak penjual yang tidak jujur dalam berjualan. Mereka menuliskan deskripsi barang original padahal itu KW. 

Alangkah lebih bagusnya jika Anda dapat membedakan produk original dan KW hanya dari foto saja. Memang susah susah gampang, tapi informasi mengenai ini sudah banyak tersebar di internet. Jadi Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu sebelum membeli. Anda juga bisa bertanya kepada penjual terkait keaslian produk. 

Lihat Review

Tips ini juga bisa dijadikan panduan saat berburu diskon di e-commerce karena tidak kalah penting dengan poin – poin sebelumnya. Para calon pembeli biasanya dapat melihat ulasan yang telah diberikan dari pembeli sebelumnya. Tujuan fitur review ini untuk melihat penilaian toko seperti apa.

Ulasan yang diberikan biasanya menilai aspek keaslian, harga, kualitas, pengemasan, pengiriman produk, dan kecepatan merespon pembeli. Ulasan yang ditampilkan hampir sebagian besar review jujur. Apabila review dari beberapa pembeli sebelumnya buruk, kemungkinan besar calon pembeli tidak akan percaya dengan produk tersebut. Jadi, Anda harus tetap cermat dalam membaca review agar tidak mudah tergoda dengan diskon semata. 

Bertanya Kepada Teman yang Pernah Membeli di Toko Tersebut 

Di dalam suatu pertemanan pasti ada temanmu yang doyan berbelanja online. Nah, kamu bisa bertanya barangkali ia juga pernah membeli juga produk seperti Anda inginkan. Bila masih kurang meyakinkan dengan review dari pembeli, Anda bisa bertanya kepada teman yang. Biasanya review dari teman terdekat lebih dapat membuat Anda percaya. 

Mempunyai teman yang doyan belanja seperti ini memang menyenangkan. Tipe teman seperti ini bisa diajak berbagi pengalaman asam manis belanja online. Selain itu bisa bertukar informasi, saling menebar racun promo promo menarik, berburu promo pastinya. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya ya. 



Nah, itu tadi 6 tips jitu saat berburu diskon di ecommerce kesayangan Anda. Semoga tips yang saya bagikan dapat membuat Anda terhindar dari hal-hal yang kurang mengenakan saat mencari diskon. Selamat berburu promo ya para shoppers.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments