Sudah Resmi, iPhone Pakai USB-C Mulai Tahun Depan?

Ilustrasi iPhone pakai USB-C. (Sumber: iBox)
Isi Tabel

Apple sudah resmi mengumumkan iPhone akan pakai USB-C mulai tahun depan. Hal ini dilakukan berdasarkan desakan dari peraturan baru Uni Eropa. Aturan ini mewajibkan produk elektronik yang dijual di wilayahnya harus memakai USB-C mulai tahun 2024.

Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak mengatakan, Apple tidak punya pilihan lain selain mengikuti aturan yang ada. 

“Kami tidak punya pilihan — seperti yang kami lakukan di seluruh dunia, [Apple akan] mematuhi undang-undang setempat,” kata Joswiak dalam event WSJ Tech Live Conference, seperti dikutip dari Cnet, Rabu (26/10).

Baca juga: Charge IPhone X Bisa Pakai USB-C Berkat Mahasiswa ini!

USB-C pada Perangkat iPhone 

Sebenarnya, pihak Apple merasa keberatan dengan aturan tersebut. Maka dari itu, perusahaan ini melakukan negosiasi dengan menawarkan opsi lain untuk regulator Eropa. Apple mengusulkan untuk menyertakan USB dalam paket penjualan iPhone, dan mendesain produk terlarisnya tersebut jadi memiliki port USB-C di satu sisi dan lightning di sisi lainnya.

Namun, rayuan tersebut tidak mempan terhadap parlemen di Uni Eropa. Tak bisa berbuat apapun, akhirnya Apple akan patuh akan peraturan tersebut. Padahal, pihak Apple meyakini kalau tidak menyertakan kabel USB dalam paket penjualannya malah akan berdampak baik bagi lingkungan.

“Kami kira akan lebih baik dari aspek lingkungan dan lebih baik bagi pelanggan kami untuk tidak memiliki pemerintah yang preskriptif,” lanjut Joswiak dilansir dari laman Kompas.

Bertahan selama bertahun-tahun dengan port lightning sebagai ciri khasnya, Apple mengaku hal ini dilakukan untuk mendukung ekosistem perusahaan. Joswiak mengatakan, konektor ini adalah yang paling hebat, apalagi sudah lebih dari satu miliar orang sudah memilikinya.

Walaupun demikian, regulasi Uni Eropa tetap mendesak iPhone untuk menggunakan USB-C pada perangkatnya. Dengan begitu, produk jagoan lainnya seperti iPad dan Mac turut dirancang memakai port tersebut di masa mendatang. Dikabarkan pula, iPhone 15 nanti adalah iPhone pertama dengan port USB-C yang akan dirilis tahun depan.


Demikianlah informasi iPhone yang akan pakai USB-C mulai tahun depan. Dengan begitu, kabel USB jenis ini akan menjadi konektor universal yang akan digunakan oleh semua perangkat. Apakah regulasi Uni Eropa ini akan mengubah sejarah teknologi dunia? Mari kita lihat saja!

Baca juga: Resmi Rilis di Indonesia, Harga iPhone 14 Lebih Mahal?

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments