Charge IPhone X Bisa Pakai USB-C Berkat Mahasiswa ini!

Ilustrasi charge iPhone bisa pakai USB-C. (Sumber: iphone.ru)
Isi Tabel

Walaupun telah lama dirumorkan, Apple masih belum meluncurkan Iphone dengan USB-C. Namun, hal itu tidak menghentikan seorang mahasiswa agar bisa charge iPhone X pakai USB-C dengan menggantikan port Lightning khas perangkat keluaran Apple.

Inovasi ini merupakan ciptaan Ken Pillonel, seorang mahasiswa robotika yang sedang menempuh pendidikan master di Swiss Federal Institute of Technology (EPFL). Pillonel memamerkan iPhone unik ciptaannya lewat cideo di Youtube yang berjudul “World’s First USB-C iPhone”.

Pillonel mengatakan bahwa ia sudah melakukan proyek ini selama berbulan-bulan. Pillonel awalnya telah menciptakan prototipe sederhana pada bulan Mei yang memungkinkan baterai iPhone untuk diisi ulang lewat port USB-C. Namun,  konsep ini terlalu besar untuk dimasukan ke dalam iPhone.

Baca juga: Aplikasi i-Assessment Bantu Deteksi Kesulitan Belajar

Demosntrasi Charge iPhone X pakai USB-C 

Melalui postingan blognya, Pillonel mengatakan bahwa ia merekayasa balik konektor C94 custom milik Apple, dan menciptakan desain PCB fleksibel yang bisa dimasukan kedalam iPhone. Pillonel mengatakan ia akan mengunggah video kedua yang menjelaskan proses modifikasinya dengan lebih detail.

Dalam video singkat tersebut, Pillonel memperlihatkan iPhone X hasil modifikasinya yang berhasil di-charge menggunakan USB-C. iPhone itu juga bisa terhubung ke Mac dan mentransfer data.

“Motivasi di balik proyek ini sederhana. Saya hanya ingin iPhone dengan USB-C. Kenapa? Karena semua perangkat yang saya punya memiliki USB-C sehingga akan cukup keren untuk mengubah iPhone.” Kata Pillonel dalam blognya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (15/10).

Demonstrasi ini menunjukan bahwa Apple sebenarnya bisa merilis iPhone dengan USB-C. Apple belakangan ini juga telah menghadirkan Ipad dan Macbook dengan USB-C, tapi fitur ini belum juga merambah ke iPhone.

Apple sendiri bisa dipaksa merilis iPhone dengan USB-C di Eropa berkat aturan baru yang diterapkan oleh komisi Eropa. Vendor ponsel dan alat elektronik diharuskan untuk menggunakan USB-C di perangkatnya demi mengurangi sampah elektronik.

Belum diketahui apakah Pillonel akan merilis detail PCB customnya agar pengguna iPhone lain bisa meniru modifikasi ini. Bagi pengguna awam, sebaiknya tidak meniru cara modifikasi Pillonel karena selain rumit modifikasi ini juga akan membatalkan garansi iPhone.

Sebelumnya, ia telah memodifikasi dudukan mobile untuk Samsung Galaxy Fold. Selain itu, ia juga merilis mod yang dicetak secara 3D yang memungkinkan Xiaomi Mi Wireless Car Charger untuk mengisi ulang daya Galaxy Fold.


Demikianlah informasi mengenai inovasi mahasiswa yang bisa charge iPhone X pakai USB-C. Teknologi buatan ini terlahir karena adanya keresahan masyarakat yang mayoritas menggunakan USB-C. Ini memudahkan pengguna iPhone yang ingin isi daya ponselnya kapanpun dan di manapun.

Baca juga: Tebengin.com, Inovasi Bisnis Jasa Buatan Mahasiswa IPB

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments