Kenali Jenis-jenis Startup di Indonesia Yuk!

jenis startup - awanapps.com
Isi Tabel

Startup di era sekarang ini memang lagi naik daun, terutama setelah boomingnya drama Korea yang berjudul Start Up. Orang-orang jadi lebih penasaran, dan banyak yang mencari tahu seluk beluk tentang startup di dunia nyata. Nah yuk kita bahas mulai dari sejarahnya sampai jenis perusahaan startup. 

Startup berasal dari dua kata yaitu start yang berarti memulai dan up yang berarti naik. Istilah startup sendiri muncul pertama kali sekitar tahun 1998-2000. Sesuai dengan kata itulah, maka pengertian dari startup adalah sebuah perusahaan yang masih belum lama berjalan dan dalam tahap pengembangan. 

Dari penjelasan diatas, pasti kamu banyak yang mengira kalau startup merupakan perusahaan digital kan?. Eits, nggak perlu merasa bersalah dulu, karena apa yang kamu pikirkan itu benar kok. Startup ini memang merupakan perusahaan yang bergerak dalam dunia teknologi informatika, sehingga semuanya pasti memanfaatkan kemajuan teknologi terutama teknologi internet.

Di Indonesia sendiri, perusahaan startup sangat pesat perkembangannya. Tak bisa dipungkiri, kemunculan startup memang membawa angina segar untuk negara kita. Bagaimana tidak, dengan munculnya banyak startup semakin membuka lowongan pekerjaan. Jadi, perusahaan ini pun turut membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Nah lebih lanjut lagi, yuk kita kenali jenis perusahaan startup yang ada di Indonesia. 

Jenis Startup Pendidikan

Sistem pendidikan di Indonesia memang kalah dari sistem pendidikan di negara-negara lain. Hal itu dikarenakan tidak semua anak di Indonesia bisa sekolah. Bahkan di beberapa daerah, tidak terdapat sekolahan, karena akses jalannya yang tidak memungkinkan. 

Nah untuk menyelesaikan masalah tersebut, solusi yang dibutuhkan adalah membuat aplikasi yang bisa dijangkau oleh semua anak di seluruh daerah. Maka akhirnya, muncullah startup pendidikan ini, seperti ruangguru, zenius, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Yuk Mengenal Tingkatan yang Ada Pada StartUp!

Startup Games

Games sekarang ini memang lagi sangat digandrungi nih, terutama oleh para remaja dan juga anak-anak kecil. Banyak yang memainkan game ini untuk mengisi waktu luang, atau bahkan hanya sekedar untuk melepas penat.

Karena melihat banyak masyarakat yang suka dengan games, hal itu pun dijadikan peluang bisnis nih oleh perusahaan startup di Indonesia. Bahkan beberapa games dari Indonesia sudah terkenal sampai mancanegara loh. Contoh startup games di Indonesia adalah Tencent games.

Baca juga: Berawal Dari Hobi, Ini Dia Daftar Pembuat Game Inspiratif

Jenis Startup Perdagangan

Kalau jenis startup satu ini pasti masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Startup ini biasanya dikenal dengan nama online shop. Seperti namanya, maka startup perdagangan muncul dengan tujuan untuk memudahkan pihak penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Hal ini diwujudkan dengan menyediakan wadah berupa aplikasi secara online.

Minat masyarakat yang tinggi terhadap belanja online, pun membuat Indonesia nggak mau ketinggalan nih untuk membuat startup sendiri. Startup perdagangan yang berasal dari Indonesia ada bukalapak dan tokopedia.

Startup Jasa

Di era yang serba digital ini, orang berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi yang bisa memudahkan kehidupan manusia. Salah satunya jenis startup jasa. Startup jasa biasanya terdiri dari menawarkan pembelian tiket pesawat, kereta, bus, dan bahkan hotel. 

Jadi kamu tinggal download aplikasinya atau bisa juga dengan mengunjungi websitenya untuk melakukan pemesanan. Dengan adanya startup jasa ini, kamu pun jadi bisa memesan tiket dimanapun dan kapanpun kamu mau. Contoh startup jasa yang ada di Indonesia ada tiket.com, pegipegi, dan juga traveloka.

Startup Asuransi dan Kesehatan

Jenis startup satu ini, membuat aplikasi yang memberikan informasi mengenai dokter, rumah sakit, dan bahkan obat yang terbaik untuk kamu. Selain itu, kamu pun juga bisa berkonsultasi dengan dokternya loh. 

Untuk jenis startup asuransi dan kesehatan memang belum ada banyak di Indonesia. Hal itu dikarenakan, dalam membuat aplikasi untuk startup ini, diperlukan kerjasama dengan pihak rumah sakit ataupun dokter yang bersangkutan. Contoh startup yang bergerak di bidang ini ada lifepal dan halodoc. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Startup Insurtech di Indonesia

Startup Properti

Siapa sih yang nggak tahu sulitnya mencari rumah yang pas sesuai seperti yang kamu inginkan? Kamu harus berkeliling ke setiap daerah untuk mencari rumah yang kamu inginkan yang pas sesuai dengan budget yang kamu punya. 

Nah sekarang semua kesulitan itu nggak perlu kamu alamin lagi ;ho! Karena sudah ada jenis perusahaan startup yang bekerja dalam bidang property. Salah satu yang paling terkenal di Indonesia adalah rumah.com. Jadi kamu nggak perlu repot lagi, kamu tinggal membuka aplikasi atau website tersebut dan pilih dimanapun dan kapanpun kamu mau.


Nah dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan jika ingin memulai sebuah startup, kamu harus memilih jenis perusahaan startup yang sesuai. Supaya tujuan kamu bisa terwujud.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments