Yuk Mengenal Tingkatan yang Ada Pada StartUp!

tingkatan Startup - awanapps.com
Isi Tabel

Startup merupakan perusahaan-perusahaan yang baru berkembang dan berdiri berbasis teknologi. Banyak entrepreneur muda yang mulai mengembangkan bisnis startup yang kreatif juga inovatif ini di Indonesia. Berkembangnya bisnis startup cukup menarik perhatian banyak masyarakat mengenai apa itu startup. Dan banyak saat ini yang mencari tahu mengenai startup termasuk tingkatan pada startup.

Dalam dunia startup ada dikenal dengan sebutan level atau tingkatan. Level ini berisikan tingkatan perusahaan dalam bisnis startup, mulai dari yang masih berkembang hingga memiliki nilai valuasi yang besar. Tingkatan untuk level startup ini dilihat dari nilai valuasi. Dimana nilai valuasi merupakan nilai ekonomi yang dimiliki suatu bisnis yang berpeluang untuk berkembang lebh besar lagi di kemudian hari.

Beberapa orang mungkin hanya mengetahui mengenai startup Unicorn, sebenarnya tingkatan dalam startup tidak hanya Unicorn. Terdapat 6 tingkatan perusahaan startup saat ini, tingkatan ini dibedakan dari besarnya nilai valuasi tiap perusahaan. Berikut merupakan jenis tingkatan dari yang terendah sampai tertinggi dalam startup, dimanakah tingkatan perusahaanmu.\

Baca juga: Mengenal Angel Investor dan Sektor yang Diminatinya

StartUp Level Cockroach

Startup level Cockroach merupakan startup tingkat pertama dalam bisnis startup. Perusahaan yang masuk dalam kategori startup Cockroach adalah perusahaan startup yang baru saja berkembang dan merintis. Perusahaan startup Cockroach juga memiliki nilai valuasi yang cenderung lebih kecil dibanding tingkatang startup lain.

Meskipun baru berkembang, namun perusahaan startup level Cockroach ini digambarkan sebagai perusahaan yang memiliki ketekunan untuk mengembangkan perusahaannya. Biasanya pemilik perusahaan startup level Cockroach juga giat menarik para investor untuk dapat berinvestasi pada perusahaan mereka.

Perusahaan startup level Cockroach akan terus berkembang sehingga dapat mencapai tingkatan yang lebih tinggi. Setiap perusahaan startup pasti dimulai dari level pertama Cockroach.

Tingkatan StartUp Level Ponies

Tingkatan startup selanjutnya ialah startup level Ponies. Dimana perusahaan startup level Ponies merupakan perusahaan yang memiliki nilai valuasi mencapai US$ 10 Juta atau sekitar Rp 140 Miliar. Dilihat dari nilai valuasinya perusahaan ditingkat ini adalah perusahaan startup yang telah berhasil mengembangkan bisnisnya.

Tingkatan StartUp Level Centaurs

Seperti namanya, Centaurs merupakan hewan mitologi Yunani yang digambarkan memiliki badan seekor kuda namun berkepala manusia. Hewan mitologi ini juga memiliki kecepatan berlari lebih cepat dari kuda. Hal ini merupakan gambaran yang diberikan untuk perusahaan startup level Centaurs. Dimana perusahaan startup ini memiliki nilai valuasi sebesar US$ 100 Juta atau sekitar Rp 1,4 Triliun

StartUp Level Unicorn

Selanjutnya kita masuk ke tingkatan startup yang diketahui semua orang yaitu Unicorn. Perusahaan startup level Unicorn memiliki nilai valuasi sebesar US$ 1 Miliar atau sekitar Rp 14 Triliun. Angka yang sangat besar untuk nilai valuasi, oleh sebab itu perusahaan di level Unicorn pun tergolong besar. Beberapa contoh perusahaan startup level Unicorn adalah Gojek, Tokopedia, dan Traveloka.

Istilah Unicorn pertama kali disebutkan oleh Aileen Lee pada tahun 2013. Dimana dia mengungkapkan bahwa perusahaan startup akan kesulitan untuk mencapai level ini sebagaimana hewan mitologi Unicorn. Namun di Indonesia sudah mulai berkembang perusahaan startup tingkat Unicorn.

StartUp Level Decacorn

Perusahaan startup level Decacorn tentunya memiliki nilai valuasi lebih besar dibanding Unicorn. Yaitu sebesar US$ 10 Miliar atau sekitar Rp 140 Triliun. Perusahaan startup yang mencapai level ini merupakan perusahaan yang sangat besar tentunya.

Dan juga biasanya perusahaan di level ini susah mendapatkan investor dikarenakan nilai investasi yang juga sangat besar. Beberapa perusahaan di tingkat ini adalah Snapchat, Uber, dan Dropbox. Perusahaan startup Indonesia saat ini juga sedang berusaha untuk sampai di tingkat ini. Untuk sampai di tingkat ini tentunya tidak mudah karena memiliki nilai valuasi yang lebih besar 10 kali dari tingkat sebelumnya.

StartUp Level Hectocorn

Hectocorn merupakan tingkatan tertinggi dalam bisnis startup. Dimana perusahaan startup harus memiliki nilai valuasi sebesar US$ 100 Miliar atau sekitar Rp 1,400 Triliun. Tentunya perusahaan startup di tingkat ini merupakan perusahaan besar startup di kelas dunia. Untuk mencapai tingkat ini sangatlah tidak mudah dan perusahaan yang masuk kedalam kategori ini masih sangat sedikit. Perusahaan besar yang termasuk kategori Hetocorn adalah Google, Microsoft, Apple,  dan Facebook.

Baca juga: Mengenal Angel Investor dan Sektor yang Diminatinya


Berikut merupakan beberapa tingkatan untuk level perusahaan startup, menarik bukan. Jika kita lihat sebuah perusahaan harus mencapai nilai valuasi tertentu untuk masuk kesebuah tingkatan. Indonesia saat ini berada pada tingkat Unicorn dan semoga terus berkembang pesat untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar dunia lainnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments