iPhone 16 Pro Max Punya 5 Kamera: Fakta atau Hoax?

Ilustrasi iPhone 16 Pro Max (Sumber: Tiktok.com/@lordgadget).
Isi Tabel

Baru-baru ini beredar video bocoran iPhone 16 Pro Max yang viral di TikTok. Hal ini sangat menggemparkan warganet karena desain dari iPhone yang disorot memiliki 5 kamera belakang.

Salah satu pengguna TikTok yang menunjukkan bagian belakang “iPhone 16 Pro Max” miliknya ini adalah @mural.art. Tak hanya itu, ia membeberkan jika kamera iPhone tersebut memiliki fitur fisheye yang bisa dimanfaatkan untuk foto outdoor yang menawan.

Ada pula pengguna lainnya yang juga memperlihatkan bagian belakang hape yang digadang-gadang sebagai iPhone 16 Pro Max dengan 5 kamera. Bahkan, pengguna dengan nama akun @lordgadget membocorkan spesifikasinya secara terang-terangan.

Melansir dari video yang diunggah @lordgadget di TikTok, disebutkan bahwa ponsel ini memiliki layar 6,7” dengan kamera belakang beresolusi 108MP. Selain itu, ponsel ini dibekali dengan RAM 12 GB dan kapasitas baterai 5122 mAh. Sungguh mengejutkan, bukan?

Namun, apakah video yang beredar ini sungguh membeberkan fakta mengenai iPhone 16 Pro Max yang kabarnya akan diluncurkan tahun depan?

Baca juga: Sudah Resmi, iPhone Pakai USB-C Mulai Tahun Depan?

Seri iPhone Terbaru adalah iPhone 14 series

Semua orang pasti sudah tau betapa ramainya perilisan iPhone 14 series di akhir tahun 2022 lalu. Ada beberapa model yang terdiri dari iPhone 14 biasa, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone Pro Max. Jadi, tak ada seri terbaru lainnya yang dirilis selain itu. 

Setelah perilisan iPhone series ini, malah ramai berita mengenai iPhone 15 series yang nantinya akan dibekali oleh port type-c. Bahkan, situs resmi Apple tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa sudah merilis iPhone 16. 

Permasalahannya adalah, iPhone 15 Series saja belum dirilis. Bagaimana bisa Apple langsung lompat merilis iPhone 16? Apalagi, model yang beredar tersebut adalah model Pro Max. Tentu mustahil, bukan?

Apple memang selalu merilis seri iPhone dengan nama modelnya dengan menambahkan Plus, Pro, atau Pro Max. Dapat diprediksi bahwa ponsel keluaran terbarunya juga akan rilis dengan berbagai opsi model dengan nama tersebut.

Dilansir dari Mac Rumors, Ross Young menjabarkan kalau nantinya akan ada seri iPhone 16 dengan model standar dan Pro. Namun, tak ada pembahasan mengenai model lainnya dengan nama “Pro Max”.

Hal ini tentu belum dapat dipastikan secara paten. Berita ini serupa ketika ada rumor iPhone 14 yang akan rilis dengan model Max. Akan tetapi, model yang rilis adalah iPhone 14 plus. Jadi, dapat dikatakan penamaan iPhone 16 Pro Max ini masih sebatas rumor yang tidak bisa langsung dipercaya.

Tidak Ada Bukti Kuat

Video yang seliweran di TikTok belum bisa dikatakan sebagai bocoran. Biasanya, akan ada gambaran yang detail mengenai visual ponsel terbaru yang mencuat ke publik sebelum perilisan. 

Seseorang yang membocorkan hape yang akan segera diluncurkan biasanya mendapatkan informasi rahasia dari perusahaan, dokumen sertifikat elektronik, dokumen rantai pasokan (supply chain) iPhone, dan lainnya.

Namun, video yang beredar tidak dilandaskan berdasarkan bukti-bukti yang kuat. Dengan demikian, tidak ada fakta yang dapat dipercaya dari video iPhone 16 Pro Max tersebut.


Itulah informasi mengenai beredarnya video iPhone 16 Pro Max yang dikabarkan memiliki 5 kamera belakang. Namun, tidak ditemukannya bukti-bukti yang kuat. Jadi, apakah video yang beredar tersebut dapat dipercaya sebagai fakta? Atau jelas-jelas hoax? Yuk, bagikan komentarmu di bawah!

Baca juga: Walau Harga Lebih Murah, iPhone 15 Pakai Kamera 48MP?

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments