Instagram Uji Coba Tampilan Layar Penuh Layaknya TikTok

Ilustrasi uji coba layar penuh di Instagram. (Sumber: BantenNews.co.id)
Isi Tabel

Semakin mirip TikTok, Instagram melakukan uji coba fitur tampilan foto layar penuh dengan rasio 9:16. Dikutip dari laman The Verge, Adam Mosseri, CEO Instagram mengatakan, bahwa pengguna bisa memiliki video berformat panjang tapi tidak dengan foto di Instagram.

“Mungkin, kami harus memperlakukan keduanya dengan sama. Sebab itu, kami mencoba membuat fitur foto dengan ukuran memanjang layaknya video” ujar Mosseri.

Para pengguna Instagram hanya bisa mengunggah foto dalam bentuk vertikal maksimal dengan rasio 4:5 saat ini. Meski begitu, fitur foto dengan rasio 9:16 masih dalam proses uji coba. Nantinya, foto yang diunggah pengguna bisa memenuhi seluruh layar ponsel.

Baca juga: Charge IPhone X Bisa Pakai USB-C Berkat Mahasiswa ini!

Mengenal Fitur Foto Terbaru dari Instagram

Pada bulan Juni lalu, Instagram sempat menguji coba tampilan baru supaya konten foto dan video di feed bisa dimuat dalam tampilan full-screen. Dengan tampilan seperti ini, Instagram Feed yang ditampilkan mirip linimasa milik TikTok.

Apa yang dilakukan Instagram ini merupakan langkah terbaru untuk membuat tampilan platform-nya terlihat lebih penuh dan fokus pada konten vertikal. Kini, beberapa fitur Instagram yang sudah mendukung rasio 9:16 adalah Stories dan Reels.

Bila ingin memposting foto vertikal, Instagram kini membatasi dukungannya untuk rasio 4:5. Dengan kehadiran rasio yang lebih tinggi, para pengguna dapat menampilkan foto yang memenuhi layar secara vertikal.

Kritik Soal Desain Layar Penuh

Selama proses uji coba desain layar penuh seperti TikTok ini, Instagram mendapatkan beberapa kritik. Salah satunya kritik dari kalangan fotografer, mereka merasa bahwa uji coba Instagram ini memaksa semua foto agar pas mengikuti rasio 9:16. 

Pasalnya, feed terbaru ini menambahkan overlay gradien dengan warna yang lebih gelap di bagian bawah foto. Hal tersebut ditujukan agar teks caption bisa dibaca dengan lebih mudah. Namun, ternyata justru bentrok dengan tampilan foto aslinya.

Sebenarnya, dikutip dari laman VOI.id, Mosseri juga menyadari bahwa uji coba layar penuh tersebut tidak ideal. Bahkan, banyak pengguna tidak senang dengan desain baru ini yang membuat mereka mulai meninggalkan platform milik Meta tersebut.


Meski mendapat kritik, Instagram tampaknya tak gentar dengan hal tersebut. Bahkan, platform Instagram ini berniat untuk kembali melakukan uji coba tampilan foto layar penuh di linimasa pengguna. 

Namun, kali ini foto layar penuh tersebut menjadi rasio opsional saja. Jadi, Instagram tidak serta merta langsung mengonversi seluruh foto yang diunggah pengguna menjadi tampilan layar penuh. 

Baca juga: Keranjang Kuning di Tiktok Tidak Muncul? Simak Alasannya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments