Hati-Hati! Ulasan Palsu Membahayakan Bisnismu!

ulasan palsu - awanapps.com
Isi Tabel

Ulasan atau komentar sangat penting dalam faktor penjualan, baik itu ulasan positif maupun negatif keduanya sangat penting untuk kelangsungan penjualan. Tetapi kadang kalanya beberapa review yang dituliskan tidak semua sesuai kenyataan. Terdapat juga beberapa review atau ulasan palsu yang mungkin sengaja digunakan untuk menjatuhkan sebuah produk atau toko. Atau hanya pekerjaan orang yang tidak bertanggung jawab dan iseng yang dapat menjadi dampak yang cukup besar terhadap para penjual.

Menurut profesor ilmu komputer Universitas Illinois Chicago memperhitungkan bahwa mungkin sekitar kurang lebih 30% ulasan pada produk online adalah palsu. Bahkan terdapat website yang dibuat untuk menawarkan menulis review palsu terhadap suatu produk ataupun toko, entah itu review positif ataupun negatif.

Kita sebagai pembeli harus cermat menentukan dan membaca review atau ulasan pada suatu produk online, jangan sampai kita tertipu dengan ulasan palsu. Perilaku kecurangan ini akan merugikan para penjual yang bersikap jujur. Tentu saja hal ini juga merugikan pada pemberi review yang jujur mendeskripsikan produk yang mereka beli.

Cara Membedakan Ulasan Asli dengan Palsu

Untungnya para penjual saat ini sudah mulai memahami mengenai pemberian review pada produk yang mereka jual. Terdapat beberapa cara yang dapat membedakan apakah review tersebut memang asli ataukah palsu. Cara pertama adalah kita dapat melihat dari segi bahasanya. Ulasan palsu cenderung menggunakan bahasa yang cukup berlebihan seperti “Ini adalah produk yang paling bagus di dunia”; atau “produk ini sangat tidak layak, tutup saja tokonya”. Ulasan palsu juga sering mengulang kata-kata dan nama produk.

Selanjutnya kita perlu memperhatikan review lain dengan detail. Jika review itu memang ditulis secara asli, pasti pemberi review mengungkapkan alasan mengapa tidak menyukai produk tersebut.

Review palsu seperti yang telah disebutkan diatas sangat merugikan para penjual terutama dibidang e-commerce yang menawarkan produk secara online. Beberapa situs online bahkan sudah memiliki fitur penangkal untuk review gadungan atau palsu. Contohnya Amazon memberikan fitur review hanya bagi mereka yang telah melakukan pembelian dari situs resmi Amazon. Mereka juga mengharuskan para pembeli mengunggah foto produk sebelum berkomentar. Hal ini pun saat ini sudah banyak diterapkan oleh banyak e-commerce di Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia.

Baca juga: Hati-hati Review Palsu! Antisipasi dengan Hal Ini

Sebagai penjual anda pun tidak boleh berfikir bahwa setiap ulasan yang dituliskan semuanya palsu. Tentunya sebagian besar review yang ditulis memang merupakan gambaran produk anda dan gunakan komentar ini untuk terus mengembangkan produk anda. Langkah yang tepat untuk menghadapi komentar yang negatif adalah memberikan tanggapan secara cepat, dengan memberikan tanggapan dengan cepat para pembeli akan merasa bahwa reviewnya dihargai dan anda sebagai penjual pun terlihat akan langsung memperbaiki produk yang dipasarkan.

Cara Merespon Review Negatif

Ketika memberikan respon pun anda harus tenang dan jangan terpancing oleh emosi. Hal ini karena review yang ditinggalkan pembeli adalah untuk kemajuan produk anda. Berikan jawaban dengan professional dan ucapkan permohonan maaf terlebih dahulu. Jangan lupa pula sampaikan penjelasan anda mengenai kekurangan produk yang pembeli anda terima.

Baca juga: Tips Membedakan Barang Palsu Ketika Berbelanja Online

Setelah menanggapi keluhan pembeli anda, pastikan anda melakukan pengecekan barang lagi untuk membuat produk yang anda jual semakin berkembang. Setelahnya pastikan tidak ada lagi kesalahan atau kekeliruan yang ditimbulkan oleh produk yang anda jual.

Ulasan sangat penting dalam faktor penjualan, baik itu review positif maupun negatifn. Jika kita hanya melihat review positif saja kita sebagai penjual tidak akan mengetahui dimana letak kekurangan dari produk kita. Begitu juga dengan review negatif, kita harus memastikan apakah ulasan yang diberikan palsu atau tidak.

Jika memang benar, para penjual dapat menggunakan review tersebut untuk memperbaiki produk mereka kedepannya. Kita juga sebagai pembeli harus mengusahakan memberikan review dengan bahasa yang sopan, sekalipun produk yang diterima tidak cukup memuaskan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments