Gandeng SIRCLO, Bio Farma Luncurkan Aplikasi Medbiz!

Ilustrasi Bio Farma Luncurkan Medbiz. (Sumber: Medbiz.com)
Isi Tabel

Induk Holding BUMN Farmasi, BioFarma yang menaungi Kimia Farma, Indofarma, dan Inuki, luncurkan Distribution Business Zone (Medbiz) by Bio Farma. Marketplace berbasis web ini dibentuk berdasarkan hasil kolaborasinya bersama SIRCLO, penyedia solusi omnichannel commerce.

Soleh Ayubi selaku Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma menyampaikan bahwa Medbiz merupakan wujud transformasi digital layanan perusahaan BUMN Farmasi ini menjadi marketplace end-to-end. Ini dilakukan agar distribusi obat-obatan dan alat kesehatan lebih terintegrasi sehingga memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Tentu kehadiran Medbiz by Bio Farma ini diharapkan dapat menciptakan inovasi guna mendorong penyedia produk farmasi yang lebih efisien sehingga terciptanya ekosistem kesehatan berbasis digital di Indonesia.

“Kita launching beberapa produk yang luar biasa dan revolusioner, yang kita harapkan menjadi new revenue stream bagi Bio Farma. Tapi, yang terpenting adalah produk yang kita launching hari ini dapat menjadi solusi kesehatan bagi masyarakat Indonesia dan Global,” ujar Soleh Ayubi pada acara Grand Launching Medbiz (2/2), dikutip dari laman Valid News.

Ia pun menambahkan, bahwa peluncuran Medbiz bukan semata-mata bertujuan untuk digitalisasi saja, namun juga menciptakan evolusi berjualan di industri farmasi. Oleh karena itu, pihaknya mendorong masyarakat yang memiliki klinik, apotik, dan rumah sakit untuk segera mendaftarkannya di Medbiz.

Soleh Ayubi pun menambahkan, Medbiz akan memberikan dampak positif kepada masyarakat yang bergabung. Mereka dapat menghemat sekitar 20% waktu yang biasanya dipakai untuk menangani penjualan dan waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari pelanggan baru. 

Tercatat sejak bulan September hingga Desember 2022, transaksi Medbiz sudah mencapai 3.807 dan 3.309 pengguna yang sudah mendaftar. Terdapat pula sebanyak 56 distributor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Dengan kekuatan ekosistem Healthcare yang ditawarkan Holding BUMN Farmasi dan komitmen seluruh pihak, diharapkan menjadi solusi untuk memudahkan proses pengadaan obat, alat kesehatan, dan produk kesehatan lainnya. 

Baca juga: Halodoc dan Alodokter? Apa Bedanya?

Medbiz Hasil Kolaborasi dengan SIRCLO

Aplikasi Medbiz hadir dengan berbagai fitur yang membantu para penyedia jasa farmasi untuk menjelajahi lebih banyak kategori produk dan pilihan distributor resmi. Tentu Medbiz tak akan hadir tanpa bantuan SIRCLO.

Fitur-fitur yang tersedia di Medbiz merupakan hasil konsultasi yang dilakukan dengan ICUBE by CIRCLO dan solusi personal yang ditawarkan oleh Swift by SIRCLO. Keduanya berperan penting dalam pengembangan Medbiz yang diluncurkan Bio Farma ini. 

“SIRCLO terus berupaya untuk membantu berbagai lini bisnis dalam bertransformasi secara digital tanpa terkecuali. Hal ini diwujudkan dengan mendukung upaya bisnis, termasuk di skala BUMN, untuk dapat terus bertransformasi,” ujar Muliadi Jeo, Chief Technology Officer Enterprise Solutions, SIRCLO.

Dengan ICUBE by SIRCLO dan Swift by SIRCLO, pihaknya berharap akan menghindarkan berbagai kemudahan melalui ekosistem teknologi yang terintegrasi. 


Itulah informasi terkait Bio Farma yang mengintegrasi para pengadaan obat-obatan dengan luncurkan Medbiz, hasil kolaborasinya dengan SIRCLO. Kehadiran Medbiz diharapkan mampu mengubah cara berjualan obat-obatan dan produk kesehatan lainnya agar lebih efektif dan efisien dengan digitalisasi.

Baca juga: Startup Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments