Gandeng OJK, GoTo Financial Hadirkan Program FinanSiap

Ilustrasi GoTo Finacial gandeng OJK. (Sumber: Gojek)
Isi Tabel

Lewat FinanSiap, GoTo Financial gandeng OJK tingkatkan literasi keuangan masyarakat terutama para UMKM. Hal ini dilakukan mengingat adanya isu tentang resesi ekonomi 2023 mendatang.

“Kolaborasi OJK dengan Goto Finansial ini diharapkan dapat meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan demi tercapainya kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan,” kata Sekar Putih Djarot selaku Analis Eksekutif Senior Strategic Committee OJK, dilansir dari laman Antara.

Dengan program edukasinya yaitu FinanSiap, Budi Gandasoebrata selaku Group Head Compliance GoTo Financial berharap masyarakat terutama para UMKM terbekali dengan edukasi finansial.

Baca juga: Mudah Transfer Uang, Pakai Fitur Minta Uang di Flip!

Tentang FinanSiap dari GoTo Financial

Sudah hadir sejak tahun 2021, FinanSiap dijadikan sebagai perwujudan dari misi GoTo Financial dalam membuka akses dan peluang untuk keuangan yang inklusif. Bersinergi dengan OJK, program ini diisi dengan beragam kelas edukasi keuangan yang disampaikan oleh A Cup of Moka dan Bincang Biznis.

Melalui sinergi GoTo Financial bersama OJK, diharapkan masyarakat umum dan UMKM mendapatkan akselerasi edukasi terkait keuangan inklusif dan digitalisasi. Hal ini dilakukan guna mendorong pemulihan ekonomi demi kesejahteraan masyarakat.

Dilansir dari laman Antara, tingkat inklusi keuangan di Indonesia sudah mencapai lebih dari 76 persen. Namun, tingkat literasi keuangan masih berada pada 38 persen. Oleh karena itu, FinanSiap hadir untuk memberikan kelas edukasi dengan materi pengaturan keuangan personal dan keluarga, investasi, hingga pengelolaan keuangan untuk UMKM.

Menurut salah satu pemateri yaitu Ligiwina Hananto selaku CEO dan Financial Trainer Lead QM Financial, pengelolaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan masyarakat untuk menghadapi serangan krisis ekonomi di masa depan. Maka dari itu, program FinanSiap ini sangat penting diadakan untuk menunjang kesehatan kondisi keuangan masyarakat dan para UMKM. 

Dilansir dari laman swa.co.id, Ligiwina pun berkata bahwa orang yang bertahan dalam kondisi ekonomi apapun bukanlah siapa yang terlihat punya banyak uang, namun siapa yang keuangannya sehat dan kuat.

Tak hanya lewat program FinanSiap saja. GoTo Finansial hadir untuk memberikan solusi lengkap bagi masyarakat dan mitra usaha agar cakap dalam mengelola keuangan. Fitur yang ditawarkan yaitu, GoPay Diary, GoTagihan, GoSure, dan GoInvestasi yang bisa digunakan untuk mengatur dan merencanakan keuangan.


Kolaborasi antara GoTo Finansial dan OJK yang direalisasikan dalam FinanSiap memang sangat penting untuk tingkatkan literasi keuangan masyarakat dan UMKM. Dengan begitu, diharapkan mereka akan dibekali dengan edukasi finansial demi masa depan keuangan yang sehat.

Baca juga: Tips Investasi Pemula, Hanya Butuh Modal Kecil!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments