Ebook Kurang Diminati? Simak Alasannya!

Ilustrasi membaca ebook. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Jika kalian membaca artikel ini karena kalian membenci sebuah Ebook, tidak akan ada yang menyalahkanmu. Tidak bisa dimungkiri, bahwa ebook adalah salah satu cara membaca buku yang kurang diminati banyak orang.

Ebook sendiri merupakan versi ‘digital’ dari sebuah cetakan buku. Memang terdengar sangat memudahkan, bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan segala perkembangan teknologi yang ada, ebook adalah versi lebih ‘murah’ dari sebuah buku fisik. 

Dengan segala keunggulan yang ada, lantas mengapa sebagian orang tetap memilih untuk membeli buku fisik? Bahkan, penulis-penulis terkenal sekalipun tetap merilis buku barunya dalam bentuk fisik.

Baca juga: Aplikasi Baca Buku Digital Gratis Milik Pemerintah

Kelebihan dan Kekurangan Ebook

Ketika berbicara tentang ebook, pasti yang akan muncul di kepala kita adalah iPad, tablet, atau gawai untuk membaca buku lainnya. Sementara bila berbicara soal buku secara umum, pasti yang pertama kali diingat bagian cover, kertas, dan judul bukunya. Meski begitu, kedua jenis buku ini memiliki fungsi yang sama. 

Ebook sendiri memiliki keunggulan dari segi harga yang terbilang jauh lebih murah, dibandingkan buku dalam bentuk fisik. Sebab, ebook tidak perlu mencetak kertas dalam jumlah yang banyak. 

Bukan hanya harganya, kelebihan dari buku digital ini adalah bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan Google Play Books, Apple Books, Amazon Kindle, dan aplikasi ebook sejenisnya, kalian bisa mengakses koleksi buku dengan sentuhan jari serta koneksi internet.

Di samping keunggulan tersebut, ebook juga memiliki kekurangan. Bila menggunakan ebook, tentu kalian tidak akan bisa merasakan tekstur dan bau kertas buku yang baru. Kalian juga tidak bisa mendengar suara saat membalikan halaman buku. Selain itu, mata kalian juga akan terkena sinar radiasi dari gadget saat membaca buku digital tersebut. Tentunya, radiasi seperti ini kurang baik untuk kesehatan mata kalian.  

Apakah Buku Digital Bagus atau Jelek?

Jika kalian menyukai ebook, alasan yang paling jelas adalah terkait bagaimana buku digital ini bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Apalagi secara fungsional sudah menyerupai buku fisik. Namun, pandangan kita terhadap sebuah ebook akan selalu tergantung seberapa penting buku bagi diri kita.

Ada sebagian orang yang merasa membaca buku fisik memberikan ‘feel’ yang berbeda, dibandingkan saat membaca ebook. Beberapa orang mungkin menganggap, bahwa pesan dari penulis akan terasa lebih tersampaikan melalui buku dalam bentuk fisik.

Meski begitu, semua kembali ke perspektif kita dalam menyikapi hidup. Ada orang yang menginginkan segala sesuatu harus authentic. Akan tetapi, ada pula beberapa orang yang lebih mementingkan fungsinya.


Itulah beberapa alasan mengapa ebook atau buku digital kurang banyak diminati. Jadi, kalian lebih tertarik yang mana? Yuk, berikan komentar di bawah ini!

Baca juga: Baca Novel Makin Asyik, Lewat 4 Aplikasi Gratis Ini!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments