Catat! Cara Kelola Masker Bekas Pakai

Ilustrasi masker. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Tak dapat dimungkiri gaya hidup masyarakat, kini telah berubah semenjak masa pandemi Covid-19. Salah satunya adalah penggunaan masker setiap kali berada di luar rumah atau tempat-tempat umum.

Bila dahulu memakai masker bersifat pilihan, maka sekarang menggunakan benda tersebut adalah suatu kewajiban. Tingkat penggunaan yang tinggi itu, mengkibatkan limbah masker medis menjadi melimpah.

Diansantoso Prayoga, S.KM., M.Kes., mengatakan, ada beberapa masker yang digunakan oleh masyarakat selama pandemi. Mulai dari respirator gas mask untuk di tempat berbahaya atau gas beracun, N99 mask, N95 mask, surgical mask, sponge mask, FFP1 mask, hingga actived carbon mask.

“Kemudian, ada juga sponge mask dan reusable cloth mask atau masker kain. Dari seluruh jenis itu, masyarakat paling sering menggunakan masker medis dan kain,” ujar Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (UNAIR), dikutip dari laman resmi UNAIR.

Namun, masih banyak orang yang membuang atau mencuci masker secara sembarangan. Jika kita membuangnya secara asal, maka ada kemungkinan terjadi penyalahgunaan masker. Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu memperhatikan cara mengelola masker yang tepat. Yuk, simak cara-cara mengelola masker berikut ini!

Baca juga: Rekomendasi 3 Masker Pintar yang Canggih dan Keren!

Langkah Pembuangan Masker Medis

Pertama, masker medis bekas perlu dikumpulkan secara terpisah dari limbah sampah lainnya. Setelah itu, masker tersebut direndam menggunakan disinfektan, klorin, atau pemutih. Selanjutnya, bagian tali di rusak dan di sobek bagian tengah masker yang telah direndam.

Kemudian, kamu bisa membuang barang yang sudah rusak tersebut ke tempat sampah domestik. Terakhir, kamu bisa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun minimal selam 20 detik atau menggunakan hand sanitizer.

“Pastikan masker yang dibuang ini dalam keadaan terikat dan rusak agar tidak didaur ulang atau dipakai kembali oleh orang lain. Setiap empat jam sekali, kamu harus mengganti masker medis agar tetap aman,” tegasnya.

Cara Mencuci Reusable Cloth Mask

Di samping masker medis, penanganan pada reusable cloth mask atau masker kain yang sudah digunakan juga perlu diperhatikan. Ada empat langkah efektif untuk mencuci masker kain. Pertama, kamu harus merendam masker kain dengan air hangat dan deterjen selama 10 menit.

Selanjutnya, kucek dengan lembut dan dilarang menggosoknya dengan sikat. Tujuannya agar pori-pori di dalam masker tidak melebar. Kemudian, membilas dengan air bersih yang mengalir. Lalu, masker dikeringkan di bawah sinar matahari langsung.

Setelah masker kering, kamu dapat menyetrikanya dengan suhu sesuai dengan tipe kain. Jika sudah selesai semuanya, maka masker kain sudah dapat digunakan kembali dengan bersih.


Itulah cara-cara yang perlu diperhatikan setelah kamu menggunakan masker medis maupun masker kain. Dengan begitu, kamu akan mengurangi penyalahgunaan masker di kala pandemi.

Baca juga: I-Mask, Aplikasi Pendeteksi Penggunaan Masker Karya ITS

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments