Cara Cek NIK KTP Online, Super Kilat dan Mudah!

Ilustrasi cek NIK KTP online. (Sumber: Harian Jogja)
Isi Tabel

Sudahkah kamu cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) di disdukcapil Nasional? Jika belum, segeralah cek apakah NIK kamu sudah resmi tercatat. Hal ini ditujukan agar kamu tahu kalau nomor identitas yang tertulis di KTP telah valid.

NIK yang tertera di KTP dibutuhkan untuk berbagai keperluan penting, terutama untuk mendapatkan pelayanan publik seperti daftar BPJS kesehatan. Selain itu, nomor identitas ini juga diperlukan ketika melamar pekerjaan hingga akses ke perbankan.

Tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor Disdukcapil. Sekarang, cek NIK bisa secara online sehingga kamu bisa cek kapanpun dan di manapun. Berikut ini adalah cara cek NIK KTP Online yang bisa kamu coba!

Baca juga: Siap Jadi NPWP, Berikut Cara Cek Validasi NIK Online!

Cara Cek NIK KTP Online via Whatsapp

Cara cek NIK KTP Online yang pertama adalah melalui Whatsapp. Di zaman sekarang, aplikasi ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Layanan ini memudahkan siapapun yang ingin cek nomor identitasnya tanpa harus datang ke Disdukcapil.

Tinggal hubungi WhatsApp Kemendagri (0813 2691 2479), lalu kirim pesan dengan format seperti berikut ini:

Nama lengkap sesuai KTP/ NIK/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Kota.

Contoh: Yayat Suryana/3271234567891000/Pancoran Mas, Depok, Kota Depok

Pastikan data yang dikirimkan benar. Jika sudah, klik tombol kirim dan tunggu balasan dari admin Kemendagri.

Medsos Disdukcapil

Disdukcapil memiliki berbagai akun media sosial resmi seperti Twitter, Instagram, dan juga Facebook. Kamu bisa kirim pesan ke salah satu akun tersebut dengan format seperti ini:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_KK#Nomor_Telepon#Keluhan

Tunggu balasan Call Center Dukcapil, setelah kirim pesan seperti di atas. Kemudian, pastikan pula data yang dikirim sudah benar.

Kirim E-mail

Selain itu, alternatif lain untuk cek NIK secara online juga bisa dilakukan dengan cara kirim pesan melalui e-mail. Cukup tulis format pesan seperti di bawah ini:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

Kirim pesan tersebut ke alamat e-mail [email protected], setelah memastikan data yang diisi sudah benar. Jika sudah selesai, silakan tunggu balasan atau tanggapan dari pihak Dukcapil sekitar 1×24 jam.

Cara Cek NIK Paling Sederhana via SMS

Ada cara lainnya untuk cek NIK secara online, yaitu melalui SMS atau pesan singkat. Untuk kirim pesan, cukup ikuti format sederhana sebagai berikut:

Cek#KTP#Nomor Induk Kependudukan(NIK)

Pastikan format dan data yang diisikan sudah benar, kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 0815 3636 9999. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan tanggapan dari pihak Dukcapil.

Call Center, Cara Cek NIK KTP Termudah dan Tercepat

Buat kamu yang ingin cara lebih mudah dan cepat, silakan langsung menelpon layanan call center Dukcapil. Hubungi Halo Dukcapil di nomor 1500537, dan silakan sampaikan keluhan dan keperluanmu.

Jangan lupa siapkan terlebih dahulu NIK KTP serta NIK Kartu Keluarga (KK). Nantinya, pihak call center akan menanyakan nomor KTP dan KK untuk validasi data. Jika sesuai, sudah dipastikan nomor identitasmu sudah resmi terdaftar di Dukcapil Nasional.


Itulah cara cek NIK Online, lebih mudah dan cepat tanpa harus datang ke Disdukcapil. Kapanpun dan di manapun, kamu bisa cek dengan praktis dan tidak perlu keluar ongkos. Sangat mudah, bukan?

Baca juga: Begini Cara Ganti Kartu Telkomsel 3G ke 4G secara Online

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments