Bayar Rp125 Ribu, Kini Centang Biru Twitter Tak Lagi Gratis!

Ilustrasi centang biru Twitter. (Sumber: Unspalsh)
Isi Tabel

Setelah diakuisi Elon Musk dengan nilai US$44 miliar (Rp694 triliun), Twitter resmi akan mengenakan biaya untuk akun dengan centang biru. Kebijakan ini sudah mulai berlaku sejak Sabtu, 5 November 2022 menurut pembaruan App Store. 

Biaya yang akan dikenakan sebesar US$7.99 atau sekitar Rp 125 ribu. Tanda centang biru atau Twitter Blue ini sendiri menandakan sebuah akun sudah resmi terverifikasi oleh Twitter. Pihaknya mengumumkan, hal ini dilakukan demi meminimalisir akun bot, spam, dan penipuan. Selain itu, Twitter akan bergerak untuk raih pendapatan lewat pembaruan ini.

Pembaruan fitur pada versi baru Twitter menyatakan bahwa pihaknya akan mengenakan biaya tiap bulannya kepada pengguna ternama, seperti selebriti, perusahaan, maupun politisi yang telah terdaftar sebagai akun dengan centang biru.

Kabarnya, Twitter Blue akan tersedia di Amerika, Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Akan tetapi, Musk melalui cuitan menyampaikan jika pembaharuan ini juga akan diluncurkan di India dalam kurun waktu satu bulan.

“Segera setelah kami mengonfirmasi itu berfungsi dengan baik di negara-negara awal dan kami menyelesaikan terjemahan, akan diluncurkan di seluruh dunia,” kata Musk melalui twitnya pada Sabtu (5/11), dilansir dari CNBC Indonesia.

Baca juga: Program Centang Biru Twitter Kembali!

Keuntungan Berlangganan Centang Biru Twitter

Walaupun harus dikenakan biaya bulanan, pengguna akan mendapatkan keuntungan lainnya jika berlangganan Twitter Blue. Simak informasi berikut:

  1. Setengah iklan
    Keuntungan ini didapatkan pengguna yang telah berlangganan Twitter Blue. Nantinya, akun bercentang biru akan mendapatkan “setengah iklan”.
  2. Posting Video Lebih Panjang
    Selain itu, pengguna dapat mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang. Seperti yang diketahui, umumnya durasi video yang diunggah hanya bisa mencapai durasi 2 menit 20 detik. Pengguna nanti akan mendapatkan durasi selama 10 menit untuk video ads yang ingin diunggah.
  3. Peringkat Konten Berkualitas
    Dengan berlangganan centang biru, konten pengguna bisa mendapatkan peringkat prioritas pada kolom balasan, sebutan, maupun pencarian. Nantinya, akun pengguna bercentang biru akan berada di urutan pertama dalam sebuah komentar.


Selain pembaruan centang biru, Twitter juga akan mengubah panjang Tweet yang sebelumnya dibatasi hanya dengan 280 karakter saja. Hal ini dilakukan Musk agar pengguna dapat menulis tulisan panjang dalam satu Tweet.

Akuisisi Twitter oleh Elon Musk sepertinya akan menciptakan transformasi besar yang akan menggebrak dunia media sosial. Apakah kamu siap dengan perubahan Twitter di masa mendatang? Mari tunggu kabar terbaru selanjutnya!

Baca juga: Fitur Terbaru dari Twitter, Bisa Dapat Uang dari Follower!

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments