5 Alternatif Figma Untuk Desainer yang Tak Kalah Ciamik!

Ilustrasi Alternatif Figma Untuk Desainer. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Dalam dunia desain grafis, kebutuhan akan alat dan platform yang membantu para desainer dalam membuat karya yang lebih efisien dan efektif semakin meningkat. Salah satu alat yang sedang populer digunakan oleh banyak desainer adalah Figma. Banyak para desainer yang mencari alternatif Figma untuk keperluan desain sehari-hari.

Figma adalah platform desain berbasis cloud yang memungkinkan para desainer untuk berkolaborasi secara real-time sehingga membuat desain dengan lebih mudah dan cepat. Namun, banyak desainer yang mencari alternatif Figma pasca diakuisisi oleh Adobe pada tahun 2022 silam.

Tentu ada beberapa situs untuk membuat desain yang layak dicoba untuk menjadi alternatif Figma, lho. Apa sajakah itu? Simak daftarnya di bawah ini!

Baca juga: Adobe Akuisisi Figma, Apakah Masih Gratis?

Alternatif Figma: Sketch

Sketch merupakan alternatif figma yang membantu desainer untuk membuat desain produk. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan komponen cerdas, variabel warna, dan gaya lapisan yang digunakan untuk mendesain gambar. 

Layaknya Figma, Sketch bisa digunakan untuk berkolaborasi antar pengguna secara real-time. Sayangnya, aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna perangkat Mac OS saja, ya.

UXPin

UXPin merupakan alat untuk membuat desain berbasis kode yang dapat membuat antarmuka menggunakan komponen yang sama dengan pengembang (developer). Bagi UI/UX Designer, UXPin bisa jadi alternatif Figma yang cukup mumpuni.

Kamu bisa memahami cara kerja UXPin melalui UXPin Docs yang sengaja disediakan untuk mengetahui alat ini lebih lanjut.  Di dalamnya, kamu akan menemukan instruksi untuk menggunakan alat dan fitur yang ada di secara terperinci.

Alternatif Figma: Framer

Seperti Figma, Framer juga merupakan alat desain yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan kolaborasi bersama tim secara real-time. Dengan begitu, alat ini mampu mempermudah para desainer untuk menciptakan karya yang realistis dan menarik.

Adapun tutorial langsung yang dapat dimanfaatkan pengguna pemula untuk memahami tata letak dan proses kerja Framer. Selain itu, Framer juga menyediakan tutorial lainnya secara detail melalui video yang dibagikan lewat kanal Youtube milik merek.

Penpot

Baru saja diluncurkan pada 2021, Penpot mampu menarik perhatian para desainer. Alat ini bisa dijadikan alternatif Figma yang layak untuk dicoba. 

Fitur-fitur yang ditawarkan Penpot pun satu konsep dengan Figma, mulai dari desain pembuatan prototipe, kolaborasi, library dan template yang dikurasi komunitas, serta bisa diakses secara cuma-cuma alias gratis!

Siter

Jika kamu menggunakan Figma untuk menggunakan Kit UI untuk diteruskan ke dalam template HTML, maka Siter bisa dijadikan alternatif yang direkomendasikan, nih.

Siter sendiri merupakan alat desain yang diciptakan sebagai platform tanpa kode untuk membuat dan menyesuaikan tata letak situs web dan menerbitkannya melalui Siter. Jika ingin berkolaborasi dengan tim desainer lainya, kamu pun dapat mengundangnya untuk berkolaborasi membuat satu desain yang sama, lho!


Itulah daftar alternatif Figma untuk Desainer yang juga layak untuk dicoba. Dari daftar di atas, manakah yang sudah pernah kamu dengar namanya? Atau mungkin kamu sudah mencoba salah satunya? Yuk, berikan pengalamanmu di kolom komentar!

Baca juga: Microsoft Designer Resmi Diluncurkan, Canva Kalah Saing?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments