4 Startup Game Indonesia Yang Populer

Ilustrasi anak bermain game. (sumber: Pixabay)
Isi Tabel

Siapa nih yang suka berpikir kalau negara kita nggak punya game buatan sendiri? Jangan salah loh, Indonesia ternyata juga punya startup game. Soal kualitasnya juga nggak kalah dari perusahaan game di negara lain.

Seperti yang diketahui, games merupakan hiburan favorit bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Bukan hanya bagi anak muda, tetapi semua generasi menyukainya. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa juga nggak mau kalah nih.

Tidak bisa kita pungkiri, orang selalu beranggapan jika bermain games itu hanya membuang-buang waktu saja. Padahal, sekarang games juga bisa menghasilkan uang loh. Hal itu karena games mengalami peningkatan dan perkembangan ke dunia kompetisi. Alhasil, permainan tersebut semakin diminati oleh banyak orang. 

Ilustrasi seorang pria bermain game

Besarnya minat masyarakat terhadap bidang tersebut, menciptakan peluang besar bagi startup game di Indonesia untuk berkembang pesat. Daftar deretan nama perusahaan startup game di negara kita pun semakin panjang nih. Jadi, jangan heran kalau Indonesia berada di urutan ke 16 dalam industri game terbesar di dunia.

Biasanya, startup dalam bidang game ini terbagi menjadi dua kategori. Pertama, startup dengan fokus mengembangkan produk game untuk PC, smartphone, website, nintendo hingga playstation. Kedua, startup dengan fokus mengembangkan e-sport dan mengadakan acara perlombaan gaming.

Untuk lebih mengenal perusahaan tersebut, yuk simak rangkuman daftar startup game di Indonesia!

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Startup di Indonesia Yuk!

Agate Studio

Awalnya perusahaan asal Bandung ini didirikan oleh 16 orang, kemudian Arief Widhiyasa dipilih sebagai CEO-nya. Mereka pun mendirikan startup ini berdasarkan hobi dan passion dalam dunia game. Lalu, perusahaan yang dirintis sejak tahun 2009 itu berkembang pesat hingga go internasional.

Startup game Agate Studio

Produk yang dihasilkan oleh startup satu ini, nggak main-main loh. Mereka sudah menghasilkan lebih dari 200 game. Beberapa game nya pun sudah terkenal sampai ke mancanegara. Beberapa produknya adalah Earl Grey, This Rupert Guy, dan Footbal Saga yang sangat populer pada masanya.

Untuk semakin melebarkan sayap startup ini, mereka pun menjalin kerjasama dengan developer-developer dari negara lain. Seperti menjalin kerjasama dengan Australia, untuk mengembangkan game Next Door Land. Sebuah game yang menceritakan tentang petualangan antar dua negara. Wah menarik sekali ya!

Touchten Games

Perusahaan satu ini terkenal sebagai rajanya startup game di Indonesia yang sudah mendunia loh. Touchten game telah meraih banyak prestasi, salah satunya penghargaan Forbes Indonesia Rising Global Stars Award. 

Startup Game Touchten

Produk games yang dihasilkan oleh startup ini ada 9, diantaranya ramen chain, train legend, infinite sky, dan game lainnya. Hebatnya, beberapa games yang mereka hasilkan mendapatkan peringkat di dunia loh. Wah bangga banget ya!

Own Games

Kamu pasti nggak asing kan sama game tahu bulat yang viral itu? Nah, game tersebut diproduksi oleh startup Own Games ini. Perusahaan yang berdiri sejak tahu 2013 ini didirikan oleh lima orang. Kelima orang tersebut adalah Ray Naldo, Septian, Agustin, Edwin Viriya, dan Jevfin Viriya.

Startup Own Games

Keunikan dari startup ini adalah mereka hanya memproduksi games di platform Nokia Asha dan Windows phone saja. Hal ini sangat unik karena kebanyakan startup menggunakan platform android dan juga iOS. Game yang dihasilkan di antaranya adalah Own Super Squad, Jump Jump BAM!, dan Own Pet Dragon. 

Toge Productions

Kali ini, nama perusahaannya cukup unik karena menggunakan nama Toge khas Indonesia sekali. Rupanya nama tersebut memiliki kesan tersendiri loh bagi foundernnya. Startup game yang berdiri tahun 2009 ini mempunyai pamor yang nggak kalah dari perusahaan sejenisnya.

Perusahaan game Toge Production

Pada awalnya startup ini memproduksi game hanya untuk di handphone saja. Setelah mereka merilis game Infectonator, ternyata banyak yang suka dengan lebih dari jutaan orang. Lalu, mereka juga merilis game lainnya seperti Magicat, Rising Hell, dan juga Rage in Peace. Untuk lebih membesarkan perusahannya, startup ini pun akhirnya juga mengembangkan game untuk di laptop. 


Dari daftar startup games diatas, mana aja nih games yang paling sering kamu mainkan? Tertarik untuk mencoba membuat game sendiri nggak? Selamat mencobanya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments