4 Pekerjaan yang Muncul Akibat Maraknya ECommerce

pekerjaan di ecommerce - awanapps.com
Isi Tabel

Di era digitalisasi sekarang ini, ternyata banyak muncul pekerjaan baru loh. Sesuai dengan namanya, maka di jaman sekarang dituntut untuk semuanya beralih ke serba digital. Nah untuk memenuhi tuntutan tersebut, maka munculnua pekerjaan baru terutama dalam bidang informasi dan teknologi, khususnya ecommerce.

Era digitalisasi

Salah satu produk dari era digitalisasi yang efeknya sangat bisa kita rasakan adalah munculnya e-commerce. E-commerce sendiri merupakan singkatan dari electronic commerce yang sesuai dengan namanya berarti perdagangan melalui elektronik. Jadi sistem jual belinya pun semuanya melalui internet khususnya website. Kamu pun nggak perlu repot-repot lagi untuk belanja langsung ke tokonya, karena kamu bisa membelinya secara online.

Apa aja sih kelebihan dari e-commerce dibanding dengan toko offline? Kelebihan yang pertama yaitu jangkauan pasarnya lebih luas. Karena berbasis online, tentunya tidak hanya bisa menjangkau pasar dalam negeri saja tetapi juga bisa sampai ke luar negeri. Kelebihan yang kedua sangat berhubungan dengan yang pertama nih. Karena jangkauannya lebih luas jadi kamu pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Lalu yang terakhir adalah kamu bisa menaikkan brand identity kamu loh. Karena e-commerce hanya fokus pada satu brand saja, jadi kamu bisa sangat fokus untuk mempromosikannya.

Nah karena minat berbelanja masyarakat Indonesia sangat tinggi, jadi kemajuan e-commerce di Indonesia pun juga sangat pesat loh. Banyak brand atau bahkan perusahaan yang juga beralih ke e-commerce untuk mempromosikan dan menjual produknya. Menjamurnya e-commerce di Indonesia pun ternyata menyebabkan munculnya banyak pekerjaan baru di ecommerce.

Application Developer

Karena e-commerce berhubungan dengan elektronik terutama internet maka hal dasar yang pasti dibutuhkan adalah sebuah program atau aplikasi. Nah untuk membuat sebuah program atau aplikasi tidak sembarang orang bisa melakukannya , karena semuanya berhubungan dengan bahasa pemograman. Jadi yang bisa melakukannya hanya orang yang memiliki latar belakang ilmu teknik informatika. Maka dari itu akhirnya muncul pekerjaan sebagai application developer di ecommerce.

Baca juga: 9 Alasan Kaum Milenial Tertarik Bekerja di Perusahaan Start Up

Jadi application developer tidak hanya membuat aplikasi semata, melainkan juga bertanggung jawab sampai program tersebut bisa berjalan dengan baik. Gaji dari seorang application developer pun sangat tinggi, jadi jangan heran kalau pekerjaan ini banyak diincar.

Pekerjaan di Ecommerce: Content Strategist

Dalam dunia e-commerce, konten merupakan suatu kewajiban. Dalam membuat sebuah konten pun nggak bisa sembarangan. Hal ini karena banyak aspek yang harus turut dipikirkan dan dicantumkan ke konten tersebut. Jadi konten digunakan untuk membantu mempromosikan sebuah produk supaya bisa lebih dikenal oleh masyarakat. Maka dari itu muncullah pekerjaan content strategist di ecommerce.

Mempunyai pekerjaan sebagai content strategist di ecommerce nggak mudah loh. Sebelum membuat konten, kamu harus memikirkan mulai dari target pasar apa yang dituju, tujuan perusahaan, kualitasnya, dan masih banyak lagi. Setelah memikirkan semua itu barulah seorang content strategist bisa menyusun strategi konten apa yang tepat supaya bisa menarik perhatian masyarakat.

Digital Marketing

Marketing memang merupakan sebuah pekerjaan yang pasti ada dan pasti dibutuhkan dalam sebuah perusahaan, begitu pula dengan e-commerce. Namun, karena berbasis online, maka platform yang digunakan pun sudah pasti berbeda. Hal itulah yang menyebabkan, berkembangnya profesi baru yang bernama digital marketer yang dibutuhkan untuk bisa menjangkau para pembeli secara online.

Baca juga: Yuk, Kepoin Gaji Startup Tersohor di Indonesia

Seorang digital marketer bertanggung jawab terhadap pemasaran, dan juga menaikkan branding dari suatu produk melalui media elektronik. Jadi profesi ini selalu memikirkan cara untuk menaikkan jumlah customer dan menaikan brand awareness dari masyarakat.

Pekerjaan di Ecommerce: UI/UX Designer

UI/UX merupakan singkatan dari user interface dan user experience. Tugas dari profesi ini adalah untuk menata dan menghias tampilan dalam suatu website supaya bisa digunakan dengan baik. Lebih terperinci lagi, UX Designer bertugas untuk menentukan cara dan mengatur supaya website tersebut bisa beroperasi dengan baik. Kemudian, UI Designer pun menerapkan tampilan website yang disarankan oleh UX designer.

UI/UX designer ini tidak bisa sembarangan dalam melakukan tugasnya. Semuanya harus berdasarkan hasil riset supaya hasilnya bisa benar-benar efektif. Nah profesi ini pun muncul, karena dalam e-commerce pasti sangat membutuhkannya. Terutama, karena pada dasarnya platform ini memang berbasis website.


Dari daftar pekerjaan di ecommerce yang sudah disebutkan diatas, mana nih yang paling bikin kamu tertarik?

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments