4 Kegiatan Ampuh Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Ilustrasi kegiatan keluarga yang dapat dilakukan untuk menjauhkan anak dari gadget. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Tak bisa dimungkiri, fenomena kecanduan gadget memang sering kali ditemukan di kalangan anak-anak. Hingga tak jarang kecanduan seperti ini berdampak pada lingkungan keluarga, sekolah, maupun sosial yang dimiliki sang anak.

Menurut Denrich Suryadi, psikologis klinis, peran orangtua di sini sangat penting dalam mencegah kasus kecanduan gadget seperti itu. Inisiatif orangtua untuk menciptakan momen interaksi bersama anak menjadi salah satu cara mencegah kecanduan gadget.

Kira-kira, cara apa saja yang dapat dilakukan agar anak tidak kecanduan gadget? Berikut AwanApps berikan aktivitas yang bisa dilakukan tanpa gadget!

Baca juga: Cara Melepas Anak dari Cengkraman Adiksi Gadget

Menonton Film

Salah satu momen yang bisa dijadikan cara untuk menjauhkan anak dari gadget adalah menonton film bersama keluarga. Di sini Anda bisa ajak anak untuk movie marathon dengan film bertemakan keluarga, animasi, atau genre semacamnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa ajak anak berdiskusi tentang film tersebut hingga mereka tidak fokus terhadap gadget lagi. Nah, Anda bisa melakukan kegiatan ini seminggu sekali di akhir pekan. Jadi, anak bisa lebih fokus menikmati waktu bersama keluarga daripada smartphone miliknya. 

Kegiatan Bersih-Bersih Rumah 

Selanjutnya, kegiatan bersih-bersih rumah ini juga dapat menjadi salah satu cara menjauhkan anak dengan gadget. Orangtua dapat meminta kepada anaknya untuk membantu membersihkan rumah. Tentunya, momen ini dilakukan bersama agar tercipta kehangatan di dalam keluarga tersebut. Di sini rumah dapat dirombak secara bersama, seperti memindahkan furniture maupun menyingkirkan semua benda yang sudah tidak digunakan lagi. 

Nah, waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan rumah ini pasti tidak singkat. Jadi, anak yang turut membantu orangtuanya tersebut akan kehilangan waktu untuk memegang gadget. Apalagi usai kegiatan ini pasti akan terasa melelahkan hingga lupa sejenak dengan benda tersebut. 

Kegiatan Memasak

Kegiatan memasak bersama bisa jadi pilihan orangtua untuk menjauhkan anaknya sejenak dari gadget. Lewat momen ini anak bisa belajar bagaimana caranya membuat suatu hidangan yang lezat. Bukan hanya itu, interaksi orangtua dengan anak juga menjadi lebih intim.

Nah, pastinya memasak itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, si anak tidak akan fokus dengan gadgetnya karena harus menyiapkan berbagai bahan makanan dan memasaknya. 

Kemudian, Anda dengan keluarga dapat menyantap hidangan yang dibuat bersama tersebut. Tentunya, suasana meja makan akan menjadi lebih hangat dengan berbagi pikiran dan perasaan masing-masing. Alhasil, momen yang tercipta tersebut akan mengurangi intensitas untuk memegang gadget.  

Olahraga 

Terakhir, orangtua juga bisa nih ajak anaknya untuk berolahraga bersama. Entah mengitari komplek atau taman. Kegiatan berolahraga ini bisa menjadi satu hal yang menyenangkan saat dilakukan bersama keluarga. Nah, aktivitas ini juga bisa menjadi awal bagi Anda mengajari anak soal pentingnya berolahraga karena dapat menyehatkan tubuh. Selain itu, anak menjadi fokus melakukan aktivitas tersebut hingga melupakan gadgetnya. Jadi, cocok sekali diterapkan kepada anak agar tidak kecanduan benda elektronik tersebut.


Itulah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjauhkan anak-anak dari smartphone. Dari keempat kegiatan di atas, mana yang sudah Anda lakukan bersama anak?

Baca juga: Mengenal Pentingnya Detox Media Sosial

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments