3 Cara Bagaimana Penipu Mendapatkan Nomor HP Kita!

Ilustrasi Cara Bagaimana Penipu Mendapatkan Nomor HP. (Sumber: Freepik)
Isi Tabel

Pasti kalian pernah dihubungi oleh nomor yang tidak dikenal, baik melalui sms, telepon, bahkan WhatsApp. Namun, saat diangkat ternyata penelpon tersebut adalah seorang penipu. Lantas, bagaimana cara penipu mendapatkan nomor HP kita, ya?

Modus penipuan melalui telepon genggam hingga saat ini masih marak terjadi. Tentunya peristiwa ini meresahkan masyarakat karena korban yang terjerat penipuan jumlahnya tak sedikit. Apalagi, kerugian yang ditanggung korban jumlahnya sangat fantastis.

Hingga kini, penipuan melalui telepon semakin beragam modusnya, mulai dari dapat undian hingga mendapat panggilan wawancara kerja. Sungguh menakutkan, bukan?

Pasti di antara kalian ada yang bertanya-tanya, bagaimana cara penipu mendapatkan nomor HP kita. Bagi yang penasaran, mari simak pembahasan dari AwanApps berikut ini!

Baca juga: Kenali Modus Para Penipu di WhatsApp dengan Cara ini!

Bagaimana Cara Penipu Mendapatkan Nomor HP?

Demi tujuannya tercapai, tentu ada banyak cara untuk para penipu mengerahkan modusnya. Pastinya, ada oknum yang bekerja sama dengan sang penipu yang berperan sebagai provider nomor telepon masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 3 cara penipu mendapatkan nomor telepon:

Mendapatkan Nomor HP dari Registrasi Aplikasi

Saat registrasi akun di suatu aplikasi, pasti kamu memasukkan beberapa informasi seperti nama lengkap, alamat email, hingga nomor HP. Dari sinilah para penipu mendapatkan data calon korbannya. 

Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati saat melakukan register untuk aplikasi karena ada kemungkinan data milikmu bocor ke tangan yang salah. Oleh karena itu, waspadalah terhadap aplikasi yang hendak diunduh. Pastikan aplikasi tersebut diunduh resmi dari Play Store atau App Store.

Mengambil Data dari Registrasi Suatu Kegiatan

Bagi para aktivis, sebaiknya kamu perlu berhati-hati saat mengisi data diri saat mengisi formulir suatu kegiatan. Bisa saja onknum mendapatkan nomor HP milikmu dari data yang telah teregistrasi di suatu forum.

Dengan demikian, ada kemungkinan ia menyebarkan data-data tersebut kepada anggota oknum lainnya untuk menjalankan aksinya. Nah, oleh karena itu kamu perlu waspada dan lebih selektif dalam memilih kegiatan masyarakat. Jangan sampai kegiatan yang diharapkan memberikan dampak positif, malah merugikanmu.

Membayar Bandar Nomor Telepon

Tahukah kamu kalau terdapat bandar nomor telepon tersebar di tengah masyarakat? Nah, oknum yang satu ini biasanya mendapatkan informasi orang-orang secara ilegal dengan meretas berbagai situs pemerintahan atau aplikasi.

Dari sinilah para penipu mendapatkan bank data ilegal yang nantinya digunakan untuk menipu orang. Dengan daftar tersebut, ia dan anggota oknum penipuan lainnya hanya tingga menghubungi nomor HP calon korban secara acak. 


Itulah bagaimana cara penipu mendapatkan nomor HP kita. Setelah mengetahuinya, kamu harus waspada dalam membagikan informasi pribadimu di platform manapun, ya. Semoga membantu!

Baca juga: Waspada! Kenali Ciri-ciri Link Phising yang Bisa Curi Data!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments