BRI Ventures Luncurkan Serial Soal Startup, Apakah sama dengan Drama Korea ”Start-Up”?

Isi Tabel

Perusahaan pendanaan asal PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau Bank BRI, BRI Ventures (BVI) meluncurkan serial video soal pembangunan startup. Serial ini bisa diakses secara terbuka bagi masyarakat luas.

Serial video yang diusung ini bernama “Moving Forward bersama BRI Ventures”,  hadir dalam 20 episode yang membahas problem and solution fit, product market fit, business model fit, dan sustainability over time. Tak hanya itu, serial edukasi ini juga membahas jenis pendanaan untuk startup. Serial ini juga mengulas hak dan kewajiban sebuah startup, termasuk ketika memperoleh pendanaan.

Dalam serial video ini, BRI Ventures juga memaparkan bagaimana membentuk pola pikir seorang pembangun startup; untuk lebih kreatif dan tangguh dalam menghadapi tantangan industri. Dengan menjelaskan langkah yang tepat mengubah sebuah ide menjadi produk yang menarik, di serial itu.

Termasuk juga menjelaskan strategi marketing yang tepat sasaran. Ditambah lagi, trik tentang membentuk tim yang solid sebagai kunci kesuksesan sebuah perusahaan rintisan. Menurut serial video itu, tim yang solid diyakini lebih mampu meyakinkan investor yang mau mendanai perusahaan startup.

Baca Juga: Yuk, Kepoin Gaji Startup Tersohor di Indonesia

Pemateri Serial Video BRI Ventures

Pemateri dalam serial video ini merupakan profesional di bidangnya, yakni pendiri startup sukses di bawah naungan portfolio BRI Ventures. Mereka berbagi pengalaman dan memberikan tips untuk membangun perusahaan rintisan. Menariknya lagi, seluruh konten video startup ini bisa diakses gratis di Youtube tanpa perlu bayar langganan bulanan.

Materi yang disampaikan pemateri, juga dikemas secara menarik oleh. Mereka tidak hanya berpengalaman dibidangnya masing-masing, tetapi juga merupakan pelopor dari industri yang ditekuni.

Kehadiran serial startup oleh BRI Ventures diharapkan mampu membuka akses yang lebih merata bagi perkembangan startup di Indonesia. Diharapkan dengan serial “Moving Forward” ini, founders di seluruh tanah air dapat mengakses konten informasi lengkap seputar dunia startup digital.

Serial video startup ini dapat menjadi angin segar di tengah minimnya resource konten pembelajaran startup. Adapun serial startup tersebut bisa diakses melalui channel YouTube BRI Ventures.

Perlu diketahui, pada Juli 2020, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) secara resmi mengumumkan peluncuran corporate venture capital (CVC) mereka  yaitu BRI Ventures (BVI). Dalam debutnya, BVI mengelola dana senilai $250 juta atau setara dengan 3,5 triliun Rupiah untuk diinvestasikan ke berbagai startup.

BRI juga telah menunjuk Nicko Widjaja untuk menjadi CEO. Sementara di MDI Ventures, Nicko Widjaja kini bertindak sebagai advisor.

Baca Juga: Rahasia Kerja di Startup, Gak Selalu Menyenangkan!

Apa bedanya dengan drama Serial korea ”Start-Up”?

Drama korea “Start-Up” ialah drama korea yang tayang di Netflix, yang kehidupan beberapa anak muda dengan permasalahan hidup masing-masing. “Start-Up” menampilkan sederet aktris dan aktor muda, seperti Bae Suzy, Nam Joo-hyuk, Kim Seon-ho, dan Kang Han-na.

Bae Suzy berperan sebagai Seol Da-mi, anak muda yang terpaksa berhenti kuliah dan mengambil berbagai jenis pekerjaan. Semua itu ia lakukan demi menghasilkan US$90 ribu dan bisa membuka perusahaan sendiri meski tak punya gelar sarjana.

Sementara itu, Nam Do-san merupakan mantan siswa termuda pemenang olimpiade matematika. Nam Do-san pernah menjadi kebanggaan keluarga sebelum berada di titik terendah karena tak mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Dirinya pun diceritakan menyia-nyiakan investasi keluarga di Samsan Tech, yang merupakan perusahaan rintisan yang dia bangun.

Akhirnya, Nam Do-san bertemu Han Ji-pyeong yang diperankan oleh Kim Seon-ho, investor muda yang dikenal sebagai lambang kekayaan dan kesuksesan. Bersama Ji-pyeong, Do-san mulai menata kembali kehidupannya sebagai pengusaha dan pendiri perusahaan.

Seol Da-mi. Nam Do-san dan Ji-pyeong bertemu dengan Won In-jae, yang terlihat begitu sempurna dan tenang dalam berbisnis. In-jae tak dilahirkan dari keluarga kaya raya. Ia harus bekerja tiga kali lebih keras dibandingkan orang lain untuk berada di posisinya saat itu.

Baca Juga: Agar Tetap Eksis, Ini 6 Strategi Startup di Masa Pandemi

Isi Serial Pembangunan Startup BRI Ventures

drama serial korea startup -awanapps.com
Poster dari drama korea “Start-Up

Mungkin secara isi konten berbeda, antara serial video dari BRI Ventures dan drama korea “Start-Up”. Namun, mempunyai keterkaitan satu sama lainnya.

Konten video serial dari BRI ventures menjelaskan bagaimana sebuah ide bisa menjadi sebuah dasar terbentuknya startup hingga sukses. Materi yang disampaikan di konten tersebut berasal dari orang-orang yang bergelut di perusahaan rintisan dan bisa dijadikan ilmu pengetahuan, bagi para perintis sebuah perusahaan.

Di lain sisi, drama korea “Start-Up” memberikan gambaran kecil bagaimana seseorang yang ingin mendirikan perusahaan di zaman yang serba digital. Terkadang penonton yang bekerja atau sedang mendirikan di perusahaan rintisan, terbawa dengan suasana di drama tersebut. Sehingga mereka merasa harus mengembangkan ide dan mempresentasikan ide untuk mencari dana bagi perusahaan rintisannya.

Kita memang perlu konten yang bisa mengisi wawasan ilmu pengetahuan. Tapi jangan lupa kita juga perlu tontonan yang mengingatkan bagaimana cara berproses untuk perusahaan yang sedang kita rintis, supaya tak menyerah untuk terus berjuang. 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments