Rekomendasi 3 Penyedia Layanan Internet di Indonesia

Ilustrasi layanan internet. (Sumber: Unsplash)
Isi Tabel

Di era yang serba online seperti saat ini, koneksi internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Dengan layanan internet, orang bisa melakukan hampir banyak hal. Mulai dari bekerja, belajar, berkomunikasi, bermain game, hingga membayar berbagai tagihan dengan mudah.

Untuk berselancar di Internet, kebanyakan orang lebih mengandalkan konektivitas Wi-Fi dari layanan internet fixed broadband (kabel fiber optik). Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali internet service provider (ISP) yang bisa dipilih masyarakat untuk memperoleh koneksi Internet (Wi-Fi) di rumah atau kantor. Berikut Awanapps rekomendasi 3 ISP yang layak untuk berlangganan.

Baca juga: Rekomendasi 3 Masker Pintar yang Canggih dan Keren!

Layanan Internet dari IndiHome

Siapa yang tak tahu IndiHome? Provider internet yang sering dibicarakan di sosial media ini menjadi rekomendasi pertama dari Awanapps. IndiHome merupakan penyedia layanan Internet yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom Group. 

Keunggulan IndiHome dibanding ISP lainnya adalah jangkauan layanan yang sangatlah luas. Mulai dari Sabang hingga Merauke, hampir semua wilayah di Indonesia layanan internet IndiHome sudah dapat diakses.

Dari segi harga sendiri, harga yang ditawarkan cukup rasional. Hal ini mengingat nama Telkom yang sudah terkenal sejak bertahun-tahun lamanya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp330 ribu per bulan untuk menikmati layanan internet dari IndiHome.

First Media

Layanan selanjutnya adalah First Media dari PT Link Net Tbk. First Media sendiri termasuk ‘pemain’ lama di bidang layanan internet di Indonesia. Layanan ini sudah bertahun-tahun First Media bersaing dengan IndiHome untuk menjadi penyedia koneksi internet terbaik.

ISP ini menawarkan sejumlah paket layanan internet yang dibundel bersama TV kabel. Kecepatan internet yang ditawarkan beragam mulai dari 20 Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, 100 Mbps, hingga paling tinggi 300 Mbps. Yang paling murah, ada paket Family Plus HD (up to 20 Mbps, 134 channel TV, streamtainment) seharga Rp384.000 per bulan. Sayangnya, First Media belum menyediakan paket berlangganan untuk layanan internet saja.

Biznet Home

Terakhir, ada ISP dari Biznet Home. Berdasarkan data Speedtest Intelligence, Biznet dinobatkan sebagai penyedia layanan internet terkencang di Indonesia untuk kuartal II dan III pada tahun 2021.

Berbeda dari First Media, Biznet menawarkan layanan internet saja dan paket internet sekaligus TV kabel. Tentunya, kedua layanan tersebut ditawarkan dengan beragam pilihan harga yang cukup ramah di kantong. 

Untuk paket internet, Biznet menyediakan paket internet bebas FUP dan kuota unlimited mulai dari 75 Mbps (Rp325 ribu per bulan) hingga paling tinggi 175 Mbps (Rp700 ribu per bulan). 

Sementara layanan internet + TV kabel, ada paket Home Combo 1C seharga Rp575 ribu per bulan. Untuk kecepatan internetnya up to 85 Mbps dan layanan TV kabelnya memiliki akses ke 54 channel.


Masih banyak ISP – ISP lainnya yang tersedia di Indonesia, seperti MyRepublic, MNC Play, Transvision, dan lain – lain. Manakah ISP yang terbaik?

Tentunya, jawaban untuk pertanyaan itu tergantung kebutuhan kalian masing-masing. Sebab, tidak semua ISP tersedia di semua wilayah Indonesia.

Semoga rekomendasi pilihan AwanApps dapat menjadi pertimbangan kalian saat hendak memasang layanan internet di rumah atau kantor kalian.

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments